Dirgahayu FKDB yang ke 14, Sekali Layar Terkembang Surut FKDB Berpantang

Kamis 16 Mei 2019, 06:48 WIB

Oleh: H. Ayep Zaki 

Elemen waktu dalam sebuah perjuangan adalah bersifat mutlak adanya. Sang Waktu hadir oleh karena jarak. Jarak impian menuju kenyataannya selalu ada dan membutuhkan sang waktu untuk memprosesnya. Allah, Tuhan pemasti segala kehidupan, pencipta ruang dan waktu, termasuk terciptanya 14 tahun FKDB

Misi kesejahteraan dan kemakmuran yang diupayakan FKDB ini merupakan impian yang muncul 14 tahun silam. Gagasan yang muncul dari pemikiran H. Ayep Zaki ini disampaikan saat pertama kali pada tanggal 10 Januari 2005 di Sukabumi, Jawa Barat, kepada para sahabat dan handai tolan saat itu, merupakan bentuk paradigma perihal bagaimana kesejahteraan dan kemakmuran bisa menjelma di bumi Pancasila ini, negeri elok nan subur dengan masyarakat yang demikian majemuknya.

Kesejahteraan dan kemakmuran adalah cita-cita tertinggi umat manusia. Namun kadang kala cita-cita itu terganjal dan terhenti oleh karena sempitnya pandangan dan penilaian yang mengaburkan makna hakiki bahwa manusia merupakan makhluk sosial. 

Kesejahteraan dan Kemakmuran menjadi raib setelah kepentingan pribadi dan kepentingan golongan kecil mendominasi kenyataan sosial. Pribadi siapakah? Golongan manakah?. Adalah lebih aman dan terukur bila pribadi masing-masing kita melebur dalam kepentingan golongan yang lebih besar yaitu "bangsa". 

Sejatinya kita berpikir dan berjuang demi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. Kemakmuran individu, kemakmuran keluarga, kemakmuran masyarakat, kemakmuran bangsa adalah pola kemakmuran yang seyogyanya secara kontinu dan berlanjut diperjuangkan hingga menjadi pilot project untuk kemakmuran umat manusia sejagat. 

Kesejahteraan dan kemakmuran sangatlah identik dengan kerja "memberi", bukan kerja "menerima". Paradigma inilah yang terus dikumandangkan oleh H. Ayep Zaki yang saat ini sedang terus tumbuh berkembang dari tahun 2005 hingga tahun 2019 ini dengan kelompok kecilnya. 

Dengan demikian, dapatlah dikatakan bahwa 14 tahun FKDB ini adalah bukanlah perjalanan seseorang atau individu atau sekelompok manusia, sesungguhnya yang demikian adalah perjalanan visi misi perjuangan membangun kemakmuran dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia. 

Tentunya, FKDB pun menyadari bahwa dirinya adalah salah satu dari sekian banyak kelompok manusia yang mendambakan kesejahteraan dan kemakmuran ini terwujud. Negara Indonesia pun berganti-ganti presiden adalah dalam rangka membangun yang demikian. 

Tidak sedikit pula organisasi massa yang juga mengharapkan yang demikian. Dari itu, anggaplah hal ini merupakan kompetisi atau mushabaqah perwujudan kesejahteraan dan kemakmuran. Dengan legalnya FKDB melalui bubuhan tandatangan dari kemenkumham di akhir tahun 2015, FKDB resmi menjadi bagian dari sekian banyak ormas yang diperkenankan membantu negara dalam perwujudan Kesejahteraan dan Kemakmuran bangsa ini.

Siapa pun juaranya dalam kompetisi kebaikan ini, pastilah berjiwa besar, akan membagikan piala dari negaranya kepada siapa pun tanpa membeda-bedakan individu atau golongan, sebab kesejahteraan dan kemakmuran adalah kebenaran dari cita-cita manusia seumumnya.

Perjalanan Visi Misi FKDB selama 14 tahun lamanya hingga saat ini, masih jauh dari kesempurnaan. Jarak antara impian dengan kenyataan masih jauh, namun FKDB telah bergerak untuk mendekati titik tujunya. Rangkaian totalitas giat FKDB merupakan upaya memperpendek jarak antara impian dan kenyataannya. 

H Ayep Zaki dalam teknis pengimplementasian impiannya menyandarkan pelaksanaannya menurut kebutuhan situasional yang sedang berkembang sehingga pergerakan FKDB akan selalu mengikuti trend zaman yang sedang bergulir dengan segala dinamikanya.

Berikut pokok-pokok Fase utama pergerakan FKDB dalam 14 tahun: Tahun 2005 - Tahun 2009, Fase Assessment dan Pemetaan 

1. Survei ke berbagai daerah yang dinilai prospektif untuk pengembangan usaha, diawali dengan berdirinya penggilingan padi di Sukabumi Jawa Barat.

2. Melakukan pengembangan berbagai titik usaha sesuai dengan kompetensi dasar pengelolanya.

3. Menanam modal usaha di berbagai lapangan pekerjaan.

4. Merencanakan kaderisasi.

5. Berdirinya beberapa UMKM awal di Karibaja (Kalimantan, Riau, Batam, Jawa).

 

Tahun 2009 -Tahun 2012, Fase Implementasi Dwi Program (Ekonomi dan Pendidikan).

1. Terbentuknya unit usaha sebanyak 258 UMKM di sebaran Karibaja

2. Permodalan yang dikelola dengan satu manajemen

3. Pendirian koperasi-koperasi untuk menopang kegiatan ekonomi

4. Berdirinya Yayasan Pembina Pendidikan Doa Bangsa sebagai wahana pergerakan Pendidikan yang berbadan hukum

5. Berdirinya SMK Doa Bangsa

6. Berdirinya PAUD DOA BANGSA

7. Berdirinya Asrama LKP Doa Bangsa 

 

Tahun 2013 - 2017, Fase Pembelajaran Hukum.

1. Pembenahan Manajemen YPPDB

2. Revitalisasi UMKM menjadi 152 Unit Usaha

3. Pendirian perkumpulan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB)

4. Berdirinya 22 Lembaga Pendidikan, termasuk SMP dan SMA Doa bangsa

5. Pendirian 10 DPD dan 63 DPC

6. Memantapkan giat Dwi Program FKDB 

 

Update akhir Tahun 2018 

1. Revitalisasi UMKM menjadi 244 unit usaha di 28 provinsi

2. Membangun sinergitas antar Lembaga baik pemerintah maupun swasta

3. Pembenahan manajemen 22 satuan pendidikan dan pengembangan

Empat Belas Tahun FKDB berupaya memperpendek jarak antara Impian dan Kenyataan dalam ruang dan Waktu yang Allah ciptakan ini. Waktu empat belas tahun ini akan menjadi pijakan pergerakan bagi FKDB dalam amanah kompetisi Fastabiqul Khairat (Berlomba-lombalah dalam hal kebaikan) ini. Sungguh suatu upaya yang membutuhkan generasi untuk estafet perjuangan. 

Dengan Pengalaman ini, FKDB menyadari bahwa Kemakmuran dan Kesejahteraan hanyalah satu kenyataan sosial budaya yang hanya bisa terwujud bila pentas Kemiskinan dan Kebodohan ini bisa dientaskan secara tuntas dan lazimnya sebuah negara maju. 

FKDB pun menyadari bahwa dengan predikat negara agraris yang disandang oleh negara Indonesia ini, maka kunci keberhasilan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran adalah pengolahan Sumber Daya Alam yang optimal oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas. 

Terhadap ini, FKDB memandang dan menilai bahwa Sinergitas antar elemen bangsa dalam pembangunan bangsa ini adalah sebuah keniscayaan. Untuk kemaslahatan bangsa ini, FKDB menyatakan kesiapan melalui program kerjanya, menyatukan semua elemen bangsa untuk berjibaku men-jaya-kan Indonesia. 

Untuk itu, Tahun 2019 dan selanjutnya, di atas segala kerendahan hati dan segala keterbatasan kemampuan, FKDB akan memantapkan dirinya dalam program-program pembangunan dengan tagline: 

"Kedaulatan Pangan Pasti Terbukti"

"Sejahtera Makmur Harga Mati Bagi NKRI"

"Kebodohan dan Kemiskinan Terhapus di Bumi Pertiwi" 

"Bersatu untuk Indonesia Jaya" 

Sebagai makhluk yang tak sempurna ini, FKDB menyatakan INSYA-ALLAH, akan memperjuangkan kesejahteraan dan kemakmuran ini secara bertahap. Mudah-mudahan Allah memberikan kelancaran dan kemudahan. 

FKDB optimis se-optimis pemerintah bahwa INDONESIA AKAN BERJAYA. Informasi Kejayaan Indonesia bukanlah berita hoax, namun berita yang bisa diimpikan dan terukur untuk diwujudkan di bumi Pancasila ini. Semoga Allah meridhai ruang dan waktunya. Aamiin Ya Rabbal 'Aalamiin.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 14:00 WIB

Dampak Stres Bagi Kesehatan: 7 Penyakit yang Bisa Mengancam Tubuh

Dampak stres sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Itulah mengapa waspada dengan gejala gangguan kejiwaan adalah hal yang penting.
Ilustrasi. Dampak stres bagi kesehatan tubuh. Sumber Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi20 April 2024, 13:07 WIB

SPI Soroti Reforma Agraria Eks HGU PT Sugih Mukti Warungkiara Sukabumi

Reforma agraria mengatur dua poin yaitu terkait penataan aset dan penataan akses.
Ketua SPI Sukabumi Rozak Daud. | Foto: Istimewa
Life20 April 2024, 13:00 WIB

Tanda-tanda Seseorang Berbohong, Ini yang Harus Diwaspadai!

Seseorang yang berbohong mungkin memiliki ekspresi wajah yang tidak sejalan dengan kata-kata atau situasi yang mereka ceritakan.
Ilustrasi. Pinokio yang identik dengan anak Berbohong. Sumber : pixabay/anotherjustice2
Inspirasi20 April 2024, 12:59 WIB

Jana Madinah Wisata Buka Cabang di Sukabumi, Hadirkan Layanan Haji Furoda dan Umrah

Bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa Jana Madinah Wisata Sukabumi, bisa mendatangi kantornya di Pasar Modern Blok A no.6 Palabuhanratu.
Kepala Cabang Jana Madinah Wisata Sukabumi, Nurlela. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 April 2024, 12:50 WIB

Optimalisasi Pompanisasi, Sekda Kota Sukabumi Rapat Koordinasi di Gedung Sate

Peningkatan sistem irigasi menjadi fokus utama dalam rakor ini.
Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada menghadiri Rakor Sekda Kabupaten/Kota se-Jawa Barat di Ruang Papandayan Gedung Sate, Bandung, Jumat, 19 April 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat20 April 2024, 12:30 WIB

Ini 7 Penyebab Stres yang Tidak Boleh Disepelekan, Yuk Jaga Kesehatan Mental!

Penyebab stres oleh masing-masing orang sangat beragam. Tapi, ada beberapa pemicu yang biasanya bisa terjadi demikian.
Ilustrasi. Memahami penyebab orang stres. Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi20 April 2024, 12:05 WIB

Buruh di Sukabumi Ngaku Kaki Terlindas Ban Forklift saat Kerja, Kini Gaji Belum Dibayar

Nurrohman mengaku kecelakaan kerja ini sempat membuatnya tidak dapat berjalan.
Nurrohman (45 tahun) memperlihatkan kakinya yang pernah terlindas ban forklift saat bekerja di PT Bahtera Dingga Jaya (BDJ) di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Life20 April 2024, 12:00 WIB

6 Cara Ampuh Menghadapi Catcalling, Wanita Wajib Tahu!

Catcalling dapat berupa seruan, lirikan, isyarat tubuh yang tidak pantas, atau komentar yang merendahkan dan merendahkan martabat seseorang.
Ilustrasi. Cara Mencegah Catcalling. Sumber : pixabay/fkpsiclgy12
Jawa Barat20 April 2024, 11:11 WIB

Pemerintah Siapkan Pompanisasi untuk Dongkrak Produksi Beras Termasuk di Sukabumi

ementerian mengantisipasi hal-hal semacam itu agar tak menghambat produksi padi. Salah satunya lewat program pompanisasi di setiap daerah.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengikuti rapat koordinasi ketahanan pangan dan produktivitas pertanian di Jawa Barat, di Gedung Sate, Bandung, Kamis, 18 April 2024 (Sumber: dokpim)
Sehat20 April 2024, 11:00 WIB

5 Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Cara mengelola keinginan penderita asam urat konsumsi asupan tinggi protein purin bisa dengan mengonsumsi banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein nabati rendah lemak, serta membatasi konsumsi daging merah, makanan laut, dan alkohol.
Kopi. Salah Satu Minuman Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : pexels.com/ChevanonPhotography)