Menuju Indonesia Sejahtera dan Makmur Melalui Perwujudan Kedaulatan Pangan di Bumi Pancasila

Selasa 16 Oktober 2018, 07:22 WIB

Oleh : H. AYEP ZAKI

“Semoga sekelumit coretan pena ini, bisa sampai kepada Bpk Jokowi selaku pemangku jabatan tertinggi dalam kepemerintahan Republik Indonesia saat ini. Saya meyakini betul bahwa Pancasila laksana media tanam anugerah Tuhan yang sangat subur dan siap untuk menumbuhkan kemakmuran nasional melalui Kedaulatan Pangan”

Sebagai media/ alat untuk menjalankan program kedaulatan pangan ini, saya telah membentuk satu organisasi, yaitu FKDB. FKDB adalah singkatan dari Forum Komunikasi Doa Bangsa yang merupakan kelompok masyarakat yang saya bina selama ini, yaitu sebuah forum yang mengkomunikasikan satuan-satuan unit usaha yang mengusung Doa Bangsa Indonesia yang telah terpatri dalam preambule.

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konsensus nasional dalam hal harapan bersama bangsa Indonesia. Inti Pembukaan UUD 45 adalah bahwa Bangsa Indonesia ini negatif kepada Penjajahan dengan segala bentuknya dan sekaligus menyatakan positif hidup dengan PANCASILA. Jadi, FKDB memiliki tujuan yang sudah terintegrasi dengan tujuan pembangunan nasional. Dimana unsur FKDB, terkait dengan Dwi Program Utamanya, terdiri dari para pengusaha mikro, kecil, dan menengah yang peduli nasib pendidikan generasi bangsa.

FKDB – Bursatani merupakah salah satu kelompok masyarakat yang tergabung dalam FKDB yang saya bentuk untuk secara langsung melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada petani, juga melakukan audiensi kepada instansi-instansi pemerintah di berbagai wilayah.

Penyuluhan dan pembinaan yang telah, sedang, dan akan saya lakukan ini secara bertahap dilakukan kepada petani secara langsung melalui aktivitas demonstation plot (demplot). Padi merupakan salah satu komoditas yang menjadi fokus objek saya untuk dilakukannya demplot di berbagai wilayah. Beberapa demplot yang sudah dilakukan pada komoditas padi, telah menunjukkan hasil yang positif yang ditandai dengan meningkatnya produksi hasil padi itu sendiri. Berikut merupakan record data hasil demplot yang telah dikerjakan:

Di provinsi Jawa Barat, kami telah melakukan demplot padi dibeberapa wilayah, diantaranya adalah Bpk. Samsidin seorang petani padi yang berdomisili di Kampung Hegarmanah, Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, telah menggunakan teknologi nutrisi esensial dan merasakan peningkatan produksi hasil panen yang sangat memuaskan. Kenaikan 2,3 ton dalam 1 ha lahan miliknya, merupakan pencapaian yang sangat luar biasa, berikut data hasil demplot di lahan milik Bpk. Samsidin:

Masih di wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yaitu di Desa Ciheulang Tonggoh, Kecamatan Cibadak, Bpk. Dadun juga merasakan peningkatan produksi hasil panen padi dengan penerapan teknologi nutrisi esensial ini. Tanaman padi pada lahan milik Bpk. Dadun meningkat sebesar 43% setelah menggunakan teknologi nutrisi esensial.

Kenaikan hasil produksi padi juga dirasakan oleh Bpk. Engkud, petani yang berdomisili di Kampung Margaluyu Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang juga mengalami kenaikan hasil produksi sekitar 40% setelah menggunakan teknologi nutrisi esensial.

Hasil serupa juga dirasakan oleh beberapa petani di Kampung Bantar Karet, Desa Lembur Sawah, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Demplot dilakukan pada 3 petani yang berbeda dengan menggunakan varietas yang sama, yaitu padi ciherang dengan luas lahan yang berbeda. Walaupun produksi padi yang dihasilkan variatif, namun semuanya mengalami kenaikan yang cukup memuaskan, dan tentunya hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan petani tersebut.

Selain wilayah Jawa Barat, kami juga melakukan aktivitas demplot di wilayah Banten. Bpk. H. Suatma merupakah salah satu petani padi di Kampung Kerta, Desa Kerta, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak, Banten, merasakan hal serupa seperti yang dirasakan oleh petani padi di Kabupaten Sukabumi. Hasil yang memuaskan juga dirasakan oleh Bpk. H. Suhatna setelah menggunakan teknologi nutrisi esensial, hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil panen sebesar 38,46 persen dari sebelumnya.

Selain Bpk. H. Suatma, Bpk. Sartani yang beralamatkan di Kampung Cikareo, Desa Sukawaris, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten, juga mencoba untuk menggunakan teknologi nutrisi esensial yang disosialisasikan oleh tim penyuluh pertanian yang saya bentuk. Hasil yang didapat setelah menggunakan teknologi nutrisi esensial juga sangat memuaskan, yaitu meningkat sebesar 68 persen.

Data yang saya paparkan merupakan satu bakti kerja nyata saya beserta kawan-kawan FKDB – Bursatani, dan ini menunjukkan hasil yang positif, dengan rata-rata tingkat kenaikan hasil produksi sebesar 40,31 persen dan tentunya angka ini merupakah hasil yang melebihi ekspektasi saya, karena saya menargetkan rata-rata peningkatan untuk padi yaitu sekitar 25 – 35 persen. Dengan data seperti ini, saya sangat optimis, jika hal ini dikerjakan secara masif dan didukung oleh pemerintah, maka kesejahteraan dan kemakmuran akan segera berwujud di Bumi Pancasila yang kita cintai ini.

Semoga sekelumit coretan pena ini bisa sampai kepada Bpk. Jokowi yang memiliki gagasan pembangunan yang berkeadilan, ekonomi yang berkeadilan, dan saya H. Ayep Zaki sangat berharap dapat mendiskusikan program kedaulatan pangan ini secara langsung di hadapan Bpk. Jokowi. Program kedaulatan pangan yang saya inisiasi ini bukan semata-mata untuk kepentingan pribadi/ kelompok, namun akan saya dedikasikan kinerja saya ini untuk seluruh bangsa Indonesia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)