Menu

Rabu, 12 September 2018, 19:15 WIB

Rayakan Satu Tahun, Kuttab Aisyah Gelar Training Sholat Khusyu

| Sumber Foto:Istimewa

Selasa, 11 September 2018 atau yang bertepatan dengan tahun baru Hijriyah, Kuttab Aisyah menggelar Training Sholat Khusyu, di Aula Kantor Desa Bojong, Cikembar Sukabumi.

Kuttab Aisyah merupakan perpustakaan muslimah yang bertempat di Kampung Cibodas RT 1 RW 3 Desa Bojongraharja Kecamatan Cikembar Sukabumi. Perpustakaan ini berdekatan dengan pabrik sepatu GSI, yang dimana mayoritas pekerjanya perempuan. "Kegiatan ini merupakan perwujudan cinta kami terhadap Islam dan muslimah untuk memberikan peranan dalam membangun negeri ini dengan mewujudkan muslimah cerdas", ujar Wita Armiani selaku Ketua Kuttab Aisyah.

Ketua Panitia, Melia Septiani mengatakan, "Kuttab Aisyah ingin menampilkan sesuatu yang berbeda pada momentum Tahun Baru Hijriyah yang bertepatan dengan Miladnya Kuttab Aisyah Tahun Pertama ini, yakni Training Sholat Khusyu".

"Shalat merupakan ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam. Banyak umat Islam yang shalat, namun tidak mengerti ayat atau bacaan yang dibaca dalam shalatnya. Allah sudah mengingatkan dalam Q.S. Annisa ayat 43 yang artinya "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian shalat sedang kamu dalam keadaan mabuk, hingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan".

Kami berharap dengan memberikan pelatihan sholat ini, peserta mengetahui tentang pentingnya membangun konektifitas antara hubungan seorang Hamba dengan sang pencipta sehingga tercipta kekhusyuan sholat", lanjut Melia.

Acara yang diisi oleh seirang trainer kenamaan asal Bogor ini berlangsung khidmat. Ibu Dewi Diana, sebagai Trainer Sholat khusyu menjelaskan, Sholat Khusyu itu Mudah, asal, Pertama: tahu modal dan langkahnya. Kedua: mau mengamalkan dengan sungguh-sungguh.

Menurutnya Jadikan sholat sebagai kebutuhan utama dari jiwa, Pelajari dan pahami kembali ilmu sholat, siapkan waktu khusus dan cukup untuk waktu sholat, Lakukan sholat dengan penuh ketenangan dan kesungguhan Serta Berhentilah mengerjakan dosa dan maksiat, itu merupakan modal sholat khusyu.

Lebih lanjut, Ibu Dewi Diana menjelaskan tentang nilai-nilai sholat yang harus kita amalkan, yakni, Mensucikan diri dari sifat buruk, Mendidik persatuan dan kesatuan ummat (saling pengertian dan saling melengkapi), Disiplin waktu, Tertib-Taat aturan main, Taat pada pemimpin, Shalat mendidik keberanian, Shalat mendidik persamaan hak dan Shalat mendidik hidup sehat.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 orang muslimah ini, diakhiri dengan Praktik Sholat Khusyu bersama, antara seluruh peserta, panitia dan pengisi acara yang melaksanakan Sholat Ashar berjamaah.

|sukabumi.belajarnulis@gmail.com|

 

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.
    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved