Rumahku Hijau Sukabumi Jadi Lokasi Uji Kompetensi Bidang Pertanian Organik

Sabtu 03 Oktober 2020, 23:10 WIB

Oleh : [email protected] (netizen)

Kompetensi adalah suatu kemampuan atau kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau tugas di bidang tertentu, sesuai dengan jabatan yang disandangnya. Pendapat lain mengatakan arti kompentesi adalah suatu keterampilan, pengetahuan, sikap dasar, dan nilai yang terdapat dalam diri seseorang yang tercermin dari kemampuan berpikir dan bertindak secara konsisten.

Dengan kata lain, kompetensi tidak hanya tentang pengetahuan atau kemampuan seseorang, namun kemauan melakukan apa yang diketahui sehingga menghasilkan manfaat.

Rumahku Hijau sebuah kebun yang dibudidaya secara Organik sejak 2017, berlokasi di Desa Cikaret, Kecamatan Kebonpedes, kKabupaten Sukabumi menjadi Tempat Uji Kompetensi untuk Pertanian Organik.

Tempat Uji Kompetensi (TUK) merupakan tempat kerja yang memenuhi persyaratan untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan asesmen/uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi.

Uji Kompetensi ini dilaksanakan pada tanggal 28 September 2020 lalu. Rumahku Hijau bekerja sama dengan LSP Agribisnis Ambissi Bogor.

Para pesertanya sebanyak 20 orang terdiri dari para mahasiswa Universitas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi bidang studi Agribisnis, dan alumninya, ibu kades dan kaum ibu desa Desa Kebonpedes, individu, dan yang paling utama adalah para pekerja di Rumahku Hijau yang belum tersertifikasi.

Peserta ujikom bidang pertanian organik di rumahku hijau Sukabumi

Skema yang diujikan adalah Pelaksana Budidaya Organik Tanaman, Pembuatan Pupuk Organik, dan Pembuatan Pestisida Organik.

 

Lalu apa keuntungan memiliki sertifikat kompetensi? Bagi Pencari Kerja bisa untuk meningkatnya kredibilitas dan kepercayaan diri, memiliki bukti bahwa komptensi yang dimiliki telah diakui, memiliki nilai jual tambah dalam mengikuti rekrutmen tenaga kerja, memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mencari pekerjaan, dan mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki

Sedangkan bagi karyawan keuntungannya adalah memiliki jenjang karir dan promosi yang lebih menjanjikan, meningkatkan kesempatan untuk lebih berkembang dalam profesinya atas pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki, dengan mengikuti Uji Kompetensi ini, maka seluruh pekerja di Rumahku Hijau telah menyandang sertifikat Kompetensi atau dengan kata lain Kompeten di bidang Pertanian Organik.

Sementara apa manfaat bagi Rumahku Hijau sebagai produsen produk hortikultura dan sekaligus merupakan tempat Pendidikan dan Latihan di bidang Pertanian Organik? Meningkatkan kepercayaan pelanggan atas produk yang dihasilkan, meningkatkan mutu pendidikan sebagai sebuah Tempat Pendidikan dan Latihan, meningkatkan produktivitas, memiliki karyawan yang seluruhnya berdaya saing, terampil dan termotivasi, meminimalkan resiko akibat kesalahan kerja

Hal ini merupakan pelaksanaan dari Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yang diatur pada Pasal 18 antara lain mengenai hak tenaga kerja untuk memperoleh pengakuan kompetensi kerja.

Diharapkan di masa-masa mendatang para peserta Uji Kompetensi akan menjadi petani-petani milenial di bidang Pertanian Organik, sehingga Kedaulatan Pangan akan terwujud di negara kita, Indonesia.

Salam organik!

Penulis adalah Founder Rumahku Hijau

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi24 April 2024, 13:30 WIB

DPRD Minta Pemerintah Tangani Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi

Longsor sudah dua kali di Curug Cimarinjung sehingga harus menjadi perhatian.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung, Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 13:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Makanan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Asam Urat | Foto : Pixabay
Sehat24 April 2024, 13:15 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengobati Asam Urat, Solusi Alami dan Sehat!

Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat.
Ilustrasi - Air lemon mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan salah satunya untuk mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com).
Life24 April 2024, 13:12 WIB

Jadilah Teladan, Berikut 10 Strategi Peraturan di Rumah Agar Lebih Efektif bagi Anak

Meskipun setiap orang tua menerapkan peraturan yang berbeda-beda, namun sangat penting memiliki aturan rumah agar anak lebih disiplin dan tanggung jawab.
Ilustrasi menerapkan strategi peraturan rumah. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 13:00 WIB

10 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang

Ayah Bunda Yuk Kenali Sederet Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Pikirannya Tidak Tenang (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik