Menu

Senin, 11 Pebruari 2019, 21:17 WIB

Pasokan Air Hilang, Irigasi Ciaul Sukabumi Jadi Sarang Penyakit

Warga meninjau aliran irigasi di Kampung Ciaul Pasir, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. | Sumber Foto:Dimas Stringersukabumi@gmail.com.

Oleh: Dimas Stringersukabumi@gmail.com

Aliran irigasi Ciaul yang melintas di Jalan Raya Sukaraja melalui talang Ciaul sejak 4 bulan yang lalu tidak lagi dialiri air. Penyebabnya adalah bendung yang berada di Kampung Ciaul Pasir, Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi jebol dihantam banjir bandang 4 bulan yang lalu.

Meski tak digunakan sebagai pasokan air baku untuk konsumsi, namun aliran irigasi ini masih digunakan warga untuk kegiatan Mandi Cuci Kakus (MCK), mengairi kolam, sawah bahkan beberapa Masjid masih menggunakan airnya untuk mensuplai kolam wudu. Seperti Masjid Nurul Huda di Kampung Ciaul Baru.

H Ustad Junaedi, seorang sesepuh warga Ciaul mengatakan, ia lebih kawatir jika kondisi ini akan memicu munculnya berbagai penyakit. Genangan yang tersisa hanya menjadi tempat nyamuk bersarang dan menimbulkan bau tak sedap.

Ironisnya meski sudah berlangsung sejak November 2018 bendungan yang jebol hingga saat ini belum mendapat upaya perbaikan apapun. H Yusep Abdulrachman yang meninjau lokasi bersama warga lainnya akan mendesak pihak pemerintah dalam hal ini Kelurahan Subangjaya agar lebih aktif mengupayakan perbaikan dengan segera.

Kata Yusep, sudah ada upaya warga untuk secara swadaya memperbaiki bendung tersebut, meski tidak akan efektif. Bendung yang jebol ini kurang lebih 20 meter, tidak mungkin menggunakan dana swadaya masyarakat.

E-mail Redaksi : sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing : marketingsukabumiupdate@gmail.com
Komentar Anda
sukabumiupdate.com tidak bertanggujawab atas komentar yang ditulis. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggujawab komentator seperti yang tertuang dalam UU ITE.

BERITA TERBARU

SUKABUMIUPDATE.com - Persoalan buruh dengan pihak perusahaan PT Sentosa Utama Garmindo masih belum usai. Hingga kini para buruh masih belum menerima upah dari perusahaan garmen yang berada di Kampung...

SUKABUMIUPDATE.com - GOR Merdeka Kota Sukabumi sudah lama diresmikan, April 2018 lalu. Namun hingga saat ini GOR belum difungsikan. Proses pembangunan belum dilanjutkan. GOR terlihat tidak terurus. GOR merdeka...

SUKABUMIUPDATE.com -  Pasokan air Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) di wilayah Cibadak, Kabupaten Sukabumi, terganggu. Penyebabnya, sumber air Cibogo terdampak banjir. Hal tersebut diungkapkan...

SUKABUMIUPDATE.com - Masalah buruh PT Younghyun Star (YHS) yang surat cutinya ditolak akhirnya tuntas. Nurhayati (35 tahun), buruh yang mengalami keguguran akhirnya mendapat hak cuti sesuai yang diinginkannya.  Hal tersebut...

    © 2017 Copyright. SukabumiUpdate.com. All Right Reserved
Ikuti Berita
Sukabumi Update Lainnya