KELIRU, Klaim Foto Wasit Ahmed Al Kaf Terima Bonus Menangkan Bahrain vs Indonesia

Sabtu 12 Oktober 2024, 11:29 WIB
Foto Wasit Ahmed Al Kaf Terima Bonus untuk Menangkan Bahrain vs Indonesia. Sumber: Aset Tempo di cekfakta.com

Foto Wasit Ahmed Al Kaf Terima Bonus untuk Menangkan Bahrain vs Indonesia. Sumber: Aset Tempo di cekfakta.com

SUKABUMIUPDATE.com - Skor imbang 2-2 di laga Timnas Indonesia vs Bahrain, Kamis (10/10/2024) dalam putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 santer disorot warganet. Nama wasit Ahmed Al Kaf bahkan belum redup dari perbincangan netizen di media sosial.

Terbaru, sebuah foto yang beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp (WA), Jumat, 11 Oktober 2024, mengklaim bahwa Ahmed Al Kaf menerima bonus dari Komisi Sepakbola Bahrain. Foto itu diduga menjadi bukti bahwa Ahmed menerima bonus dari Komisi Sepak Bola Bahrain karena telah membantu mengesahkan gol kedua saat melawan Timnas Indonesia.

Foto beredar setelah Ahmed Al Kaf disebut melakukan tindakan kontroversial dalam pertandingan Bahrain vs Indonesia, sehingga sang tuan rumah mampu menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol Mohammed Marhoon.

Baca Juga: HOAKS! Surat Pemanggilan Pelantikan dan Pengangkatan Perangkat Daerah di Jawa Barat

Lantas benarkah klaim foto bahwa wasit Ahmed Al Kaf menerima bonus dari Komisi sepak bola Bahrain karena telah membantu mengesahkan gol kedua saat melawan Timnas Indonesia? Cek Fakta berikut!

Hasil Cek Fakta

KELIRU, Foto Wasit Ahmed Al Kaf Terima Bonus untuk Menangkan Bahrain vs IndonesiaFoto Wasit Ahmed Al Kaf yang diklaim Terima Bonus untuk Menangkan Bahrain vs Indonesia. Sumber: Aset Tempo di cekfakta.com

Tim Cek Fakta Tempo awalnya menelusuri sumber foto yang beredar di WA tersebut dengan menggunakan reverse image search tools milik Google. Hasil verifikasi Tempo menunjukkan, foto tersebut bukan pemberian bonus Komisi Sepakbola Bahrain kepada Wasit Ahmed Al Kaf.

Faktanya, foto diambil ketika Ahmed Al Kaf menerima penghargaan sebagai wasit Internasional dari Menteri Olahraga Oman, Syeikh Saad bin Mohammed Al Mardhouf Al Saadi pada Maret 2018. 

Selain kepada Ahmed Al Kaf, Syeikh Saad bin Mohammed Al-Mardouf Al-Saadi juga memberikan penghargaan kepada Abu Bakr Al-Omari. Kedua wasit itu mendapat penghargaan atas kepemimpinan mereka pada final Piala AFC U-23 di Tiongkok.

Foto asli Wasit Ahmed Al Kaf diunggah Asosiasi Sepak Bola Oman dalam akun X/twitternya pada 1 Maret 2018. Sumber: X/OmanFAFoto asli Wasit Ahmed Al Kaf diunggah Asosiasi Sepak Bola Oman dalam akun X/twitternya pada 1 Maret 2018. Sumber: X/OmanFA

Foto asli Wasit Ahmed Al Kaf diunggah Asosiasi Sepak Bola Oman dalam akun X/twitternya pada 1 Maret 2018 lalu, dengan keterangan dalam bahasa Indonesia berarti:

"Yang Mulia Syeikh Saad bin Mohammed Al-Mardouf Al-Saadi, Menteri Olahraga, memberikan penghargaan kepada wasit internasional kami Ahmed Al Kaf dan Abu Bakr Al-Omari atas kepemimpinan mereka yang luar biasa pada final Piala AFC U-23 di Tiongkok dan partisipasi mereka yang terhormat di turnamen.".

Merujuk CNN Indonesia, laga final Piala AFC U-23 di Tiongkok pada 2018 mempertemukan antara Vietnam melawan Uzbekistan. Pertandingan digelar di stadion Changzhou Olympic Sports Centre, Changzhou.

Dari laga tersebut, Uzbekistan keluar sebagai juara setelah menaklukan Vietnam dengan skor 2-1. Uzbekistan mengalahkan Vietnam dalam final yang berlangsung Sabtu 27 Januari 2018 lewat perpanjangan waktu dengan gol kemenangan Uzbekistan dicetak pada menit 118 atau hanya dua menit sebelum pertandingan berakhir.

Pada pertandingan Vietnam vs Uzbekistan ini, Ahmed Al Kaf bertindak sebagai wasit lapangan dan memimpin pertandingan dibantu Al Amri Abubakar Salim Mahad sebagai Asisten Wasit dan Ali Sabah Adday Al Qaysi, Wasit Garis.

Baca Juga: [SALAH] Jokowi Batalkan Keppres Pemindahan Ibu Kota Jakarta ke IKN

KESIMPULAN

Hasil pemeriksaan Fakta oleh Tempo, foto yang memperlihatkan wasit Ahmed Al Kaf menerima sebuah amplop merah dan diklaim sebagai pemberian bonus dari Komisi sepak bola Bahrain karena telah membantu mengesahkan gol kedua saat melawan Timnas Indonesia, adalah KELIRU.

Foto tersebut merupakan foto wasit Ahmed Al Kaf saat menerima penghargaan sebagai wasit Internasional dari Menteri Olahraga Oman, Syeikh Saad bin Mohammed Al Mardhouf Al Saadi pada Maret 2018.

Foto Ahmed Al Kaf yang beredar di WA itu tidak terkait dengan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia melawan Bahrain pada 10 Oktober 2024.

Sumber: cekfakta.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi13 Oktober 2024, 21:22 WIB

Pesan Terakhir Totong Sebelum Hilang di Muara Laut Cikaso Sukabumi

Berikut pesan terakhir Totong kepada istrinya sebelum hilang di Muara Laut Cikaso atau perairan Tegalbuleud Sukabumi saat memasang jaring ikan.
Eha bersama Kades Sumberjaya di saung pangkalan bantaran Muara Cikaso Tegalbuleud Sukabumi tempat Totong mencari ikan. (Sumber : SU/Ragil)
Life13 Oktober 2024, 20:00 WIB

Menerima Diri Mereka Apa Adanya, 9 Ciri-ciri Orang yang Hidup Bahagia

Orang yang hidup bahagia memiliki sejumlah ciri yang mencerminkan kepuasan, keseimbangan emosional, dan kesehatan mental yang baik.
Ilustrasi - Orang yang hidup bahagia memiliki sejumlah ciri yang mencerminkan kepuasan, keseimbangan emosional, dan kesehatan mental yang baik. (Sumber : unsplash.com/@Fernando Brasil)
Sukabumi Memilih13 Oktober 2024, 19:58 WIB

19 Program Unggulan Ayep Zaki: Fasilitasi Pokir Dewan hingga Tukin Guru

Calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 2 Ayep Zaki perkenalkan 19 Program Unggulan dalam Konsolidasi Kader PAN Warsus.
Ayep Zaki, calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 2 saat bersama kader PAN Warsus. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 19:42 WIB

Resmikan Masjid Al-Fajar Cikembar, Bupati Sukabumi Ajak Warga Memakmurkan

Bupati Marwan mengatakan eksistensi masjid semakin memperkuat visi Kabupaten Sukabumi terutama dalam pelayanan pembangunan sarana keagamaan.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat meresmikan Masjid Jami Al-Fajar di Cikembar, Minggu (13/10/2024). (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Gadget13 Oktober 2024, 19:00 WIB

Performa Lemot, 10 Tanda-tanda HP Harus Ganti dengan yang Baru

Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.
Memiliki HP yang mumpuni merupakan kebutuhan di era digital seperti sekarang. Namun, seiring waktu, performa HP akan menurun dan tidak lagi optimal dalam menunjang aktivitas.(Sumber : Freepik.com/@Racool_studio)
Life13 Oktober 2024, 18:00 WIB

Gampang Untuk Dihafal! Doa-doa Pendek yang Memiliki Pahala Luar Biasa Apabila Diamalkan

Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya.
Ilustrasi - Doa pendek yang memiliki pahala luar biasa bagi siapapun yang mengamalkannya. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:57 WIB

Hujan-Angin Kencang, Pohon Tumbang Sempat Tutup 2 Akses Jalan di Sagaranten Sukabumi

Dua kejadian pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang terjadi di Sagaranten Sukabumi.
Pohon kibesi tumbang menimpa ruas jalan provinsi ruas Ancaen Sagaranten Sukabumi usai wilayah tersebut dilanda hujan disertai angin kencang. Minggu sore (13/10/2024) (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:29 WIB

Pererat Silaturahmi, Reuni ke-4 Alumni SMANDAK Angkatan 86 Berlangsung Meriah

Ketua Alumni SMAN 1 Cibadak Angkatan 86, Asep Abdulqodir mengatakan, sekitar 200 orang alumni hadir di acara reunian tersebut.
Alumni SMAN 1 Cibadak (SMANDAK) Sukabumi Angkatan 86 menggelar reuni ke-4 di Hotel Augusta Cikukulu, Minggu (13/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Oktober 2024, 17:04 WIB

2 Pemotor Remaja Tewas Kecelakaan di Simpang Cigodeg Sukabumi, Berikut Kronologinya

Berikut kronologi kecelakaan maut di Simpang Cigodeg Citamiang Kota Sukabumi. Dua pemotor remaja tewas usai tabrakan dengan mobil Kijang.
Tempat kejadian perkara kecelakaan maut di Jalan RH Didi Sukardi (Simpang Cigodeg) Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Minggu (13/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik13 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah

Lirik Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto di Album Melangkah. Sebelumnya, mereka juga pernah berkolaborasi di lagu Sang Dewi, yang dulu sempat dipopulerkan oleh sang Diva Titi DJ.
Cover Visualizer Video Lagu Jangan Pernah Kembali Lyodra dan Andi Rianto. Foto: YouTube/LyodraOfficial