Kontroversi Wasit Viral, Bahrain vs Indonesia Imbang 2-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jumat 11 Oktober 2024, 09:18 WIB
Timnas Indonesia vs Bahrain di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Sumber : Instagram@TimnasIndonesia)

Timnas Indonesia vs Bahrain di Babak Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Sumber : Instagram@TimnasIndonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain, Kamis (10/10/2024) di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia malam tadi berakhir dengan skor imbang 2-2.

Laga yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain Riffa ini diwarnai kontroversi wasit Bahrain, Ahmed Al Kaf.

Wasit Ahmed Al Kaf. Foto: Instagram/@idextratimeWasit Ahmed Al Kaf. Foto: Instagram/@idextratime

Tindakan kontroversial wasit Ahmed Al Kaf itu yakni pemberian tambahan waktu enam menit. Seharusnya pertandingan berhenti di menit ke-96, tetapi laga masih berlanjut sampai menit ke-99.

Padahal sebelum Mohamed Marhoon mencetak gol pada menit ke-99, Tim Garuda sempat unggul 2-1 dari tuan rumah Bahrain. Meski berhasil menyamakan kedudukan, Gol Bahrain pada menit ke-99 ini menuai kontroversi publik.

Hasil imbang 2-2, dua gol Indonesia berhasil dicetak oleh Ragnar Oratmengoen (45+3) dan Rafael Struick (73'). Sedangkan dua gol Bahrain tercipta dari dua gol Mohamed Marhoon (15', 90+9').

Baca Juga: Ketua DPRD Sukabumi Prediksi Timnas Indonesia Menang 1-0 Lawan Bahrain

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-ong menyayangkan laga Bahrain vs Indonesia berakhir dengan hasil imbang 2-2. Shin Tae-young menyoroti kepemimpinan wasit selama pertandingan berlangsung.

“Kedua tim melakukan yang terbaik sampai wasit meniupkan peluit panjang. Akan tetapi, saya harus memastikan kembali terkait dengan keputusan-keputusan wasit di pertandingan tadi. Bila AFC ingin semakin maju, maka keputusan dan kepemimpinan wasit juga perlu diperbaiki,” kata Shin Tae-young dalam sesi konferensi pers seusai pertandingan.

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap mengapresiasi kerja keras Skuad Garuda yang sudah berjuang di laga Bahrain vs Indonesia ini. Pria 53 tahun itu berharap Timnas Indonesia tetap optimis untuk menghadapi pertandingan selanjutnya di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Soal tambahan waktu, yang seharusnya enam menit namun menjadi lebih dari sembilan menit. Lalu, keputusan-keputusan wasit yang menurut saya bias. Saya rasa semua orang bisa memahami kenapa para pemain kami kesal dengan keputusan-keputusan tersebut,” jelas Shin Tae-yong.

Susunan Pemain Bahrain vs Indonesia di Laga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Bahrain: Ebrahum Lutfalla, Amine Benaddi, Waleed Alhayam (C), Vincent Emmanuel (Sayed Hashim Issa 86'), Abdulla Alkhalasi, Abbas Fadhel Alasfoor (Abdulwahab Al-Malood 76'), Ali Madan (Mahdi Al-Humaidan 64'), Mohamed Marhoon, Ali Haram (Sayed Dhiya Saeed 65'), Komail Alaswad, Mahdi Abdul Jabar Hasan (Hussein Abdulkarim 64').
Pelatih: Dragan Talajic.

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat (Rizky Ridho 46'), Sandy Walsh (Eliano Reijnders 46'), Calvin Verdonk, Thom Haye (Nathan Tjoe-A-On 81'), Ivar Jenner, Malik Risaldi (Marselino Ferdinan 58'), Rafael Struick (Witan Sulaeman 90'), Ragnar Oratmangoen.
Pelatih: Shin Tae-yong.

Baca Juga: Berhenti Memulung, Guru Honorer Viral di Sukabumi Kini Fokus Mengajar dan Ngewarung

Tak hanya Shin Tae-yong, imbas kontroversi wasit di laga Bahrain vs Indonesia, PSSI akan mengirimkan surat protes kepada FIFA terkait kepemimpinan Ahmed Al Kaf di lapangan.

“Ya kita kirim surat protes,” kata anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip via Tempo, Jumat (11/10/2024).

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” kata dia.

Hingga artikel ini ditayangkan, sejumlah artis tanah air dan ribuan netizen ramai-ramai mengomentari pertandingan Bahrain vs Indonesia akibat kontroversi wasit tersebut. Mulai dari Ari Lasso hingga Jerome Polin ikut geram dengan tindakan wasit yang dinilai tidak fair.

SUMBER: TEMPO | ANTARA | PSSI

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik11 Oktober 2024, 17:00 WIB

Terjemahan Lagu Can You Die For a Broken Heart Nate Smith ft Avril Lavigne

Can You Die For a Broken Heart adalah kolaborasi epic dari Nate Smith dengan penyanyi Avril Lavigne asal Kanada yang terkenal dengan sebutan Punk Princess.
Official Audio Lagu Can You Die For a Broken Heart Nate Smith ft Avril Lavigne. Foto: YouTube/NateSmith
Sukabumi Memilih11 Oktober 2024, 16:18 WIB

Pemkot Sukabumi Catat 5 Laporan Pelanggaran Netralitas ASN di Pilkada, Tim Khusus Dibentuk

Sanksi netralitas ASN mempertimbangkan periode dilakukannya pelanggaran.
Pj Sekda Kota Sukabumi Mohamad Hasan Asari mengungkapkan telah ada lima laporan dugaan pelanggaran netralitas ASN. | Foto: Istimewa
Life11 Oktober 2024, 16:00 WIB

Misteri Tanjakan Panganten Garut, Mitos Calon Pengantin Dilarang Lewat Jalur Ini!

Tanjakan Panganten seringkali dikaitkan dengan berbagai peristiwa kecelakaan, terutama yang melibatkan rombongan pengantin.
Tanjakan Panganten seringkali dikaitkan dengan berbagai peristiwa kecelakaan, terutama yang melibatkan rombongan pengantin. (Sumber : Screenshot YouTube/@ Adrasa ID/Pixabay.com/@OpenClipart-Vectors).
Sukabumi Memilih11 Oktober 2024, 15:38 WIB

Eks Ketua PAC Demokrat Sukabumi Bantah Dipecat usai Dukung Fahmi-Dida: Saya yang Keluar

Olan Ujang Dani Ramdani mengklarifikasi kabar pemecatan dirinya dari jabatan sebagai Ketua PAC Partai Demokrat Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi.
Olan Ujang Dani Ramdani saat berfoto bersama Calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 1, Achmad Fahmi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi11 Oktober 2024, 15:00 WIB

Loker Minimal SMA Sederajat Sebagai Waiter/Waitress di Salah Satu Cafe & Resto di Kota Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Loker Minimal SMA Sederajat Sebagai Waiter/Waitress di Salah Satu Cafe & Resto di Kota Sukabumi. (Sumber : Freepik.com@ Drazen Zigic)
DPRD Kab. Sukabumi11 Oktober 2024, 14:59 WIB

Bertemu Petani Sukabumi, Dewan Iwan Ridwan Terima Aspirasi Soal Reforma Agraria

Terdapat sekitar 43 petani, di mana perwakilannya menyampaikan sejumlah aspirasi.
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Iwan Ridwan bertemu para petani penggarap tanah negara PTPN VIII di Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jumat (11/10/2024). | Foto: Istimewa
Nasional11 Oktober 2024, 14:51 WIB

Komeng Ditugaskan di Komisi Pertanian: Saya Harus Belajar Kemana?

Kali ini senator asal Jawa Barat melakukan aksi protes dengan gayanya, karena harus mengalah pada anggota DPD lain asal Jabar, sehingga ditempatkan di komisi yang tidak dikuasai, bidang Pertanian.
Nama Alfiansyah Bustami alias Komeng dalam kertas suara DPD. | Foto: Istimewa
Bola11 Oktober 2024, 14:31 WIB

Kontroversi Al-Kaf dan Kisah Wasit Berlisensi FIFA Pertama Asal Sukabumi yang Anti Suap

Keputusan-keputusan kontroversial ini memunculkan beragam spekulasi.
Ahmed Al-Kaf (kiri) dan Kosasih Kartadiredja (kanan). | Foto: Istimewa/Historia.id
Sukabumi11 Oktober 2024, 14:15 WIB

4 Hari Terganggu, Perumdam TJM Palabuhanratu Pastikan Distribusi Air Kembali Normal

Distribusi air bersih sempat terganggu empat hari, Perumdam TJM Sukabumi cabang Palabuhanratu ungkap penyebabnya.
Pipa distribusi air bersih Perumdam TJM Sukabumi Cabang Palabuhanratu. (Sumber : Istimewa)
Life11 Oktober 2024, 14:00 WIB

Langkah-langkah Cara Adopsi Kucing dan 7 Tips Memilihnya Berdasarkan Kesehatan

Mengadopsi kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi penting untuk memilih kucing yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.
Ilustrasi - Mengadopsi kucing bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan, tetapi penting untuk memilih kucing yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. (Sumber : Freepik.com).