Viral Suporter Persib vs Persija Ricuh, Ini 5 Catatan Perdamaian Viking - The Jak

Selasa 24 September 2024, 14:15 WIB
Sepak Bola Persib dan Persija, Melihat Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damai

Sepak Bola Persib dan Persija, Melihat Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damai

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung dan Persija Jakarta sangat terkenal dengan tingkat rivalitasnya yang tinggi. Masing-masing klub sepak bola ini memiliki suporter setia yang selalu mendampingi, Persib Bandung dengan sang Viking dan Persija Jakarta dengan The Jakmania.

Sepak Bola Persib dan Persija, Melihat Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damaiSepak Bola Persib dan Persija, Melihat Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damai

Highlight "Viking The Jak" seolah tidak asing menggema ketika membahas tentang klub sepak bola, mengingat soal permusuhan yang semakin keruh akibat fans terlalu fanatik.

Tak semua suporter setia bersikap fanatik, namun fans yang terlalu memuja sang idola berlebihan inilah yang disebut "fans fanatik". Fans fanatik tak terbatas soal sepak bola -seperti Viking The Jak-, namun segala hal di dunia bisa menjadi bibit munculnya fanatisme.

Terkini, media sosial dipenuhi oleh pemberitaan ricuhnya Viking dan The Jak, usai pertandingan Persib vs Persija Jakarta dalam lanjutan Liga 1 2024/2025 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin, 23 September 2024.

Tak hanya di stadion, keributan juga terjadi di Sukabumi, tepatnya di tempat Nobar Persib vs Persija, Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, sekira pukul 17:30 WIB, Senin (23/9/2024).

Kemenangan Maung Bandung yang berhasil mengalahkan Macan Kemayoran dengan skor 2-0 menjadi tercoreng oleh insiden kerusuhan yang dilakukan para suporter masing-masing Klub.

Baca Juga: Sukabumi Ricuh Usai Laga Persib vs Persija, Ini Asal Usul Bobotoh

Menyoal perseteruan Viking The Jak yang viral di media sosial, ternyata kedua suporter sepak bola ini pernah beberapa kali melakukan upaya perdamaian. Penelusuran redaksi sukabumiupdate.com dari berbagai sumber mencatat beberapa hal penting soal perdamaian Viking dan The Jak:

Catatan Perdamaian Viking dan The Jak

Suporter Persib dan Persija | Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/kata_sundaSuporter Persib dan Persija | Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/kata_sunda

1. Pemain Persib dan Persija Desak Viking The Jak Berdamai

Pemain Persib dan Persija pernah mendesak Viking The Jak untuk berdamai pada musim 2011/2012 dengan membentangkan spanduk putih bertuliskan ‘The Jakmania – Viking Bersatulah’.

Sayangnya, upaya damai Viking The Jak sebelum laga Persib vs Persija berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta itu gagal.

2. Kesepakatan Perjanjian Damai Viking dan Jakmania

Pada 2014, islah atau perjanjian damai antara Viking dan Jakmania pernah dilaksanakan.

Penandatangan kesepakatan bahkan disaksikan oleh petinggi kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Polda Jabar. Diketahui ada enam poin yang tertulis dalam kesepakatan tersebut.

3. Tarik Ulur Perdamaian Viking The Jak

Tahun 2017 lalu, Ketua Umum Jakmania, Ferry Indrasjarief, melalui media sosial pribadinya pernah mengajak Viking untuk berdialog bersama agar kekisruhan tidak berkepanjangan. Hal itu mendapat respon positif dari salah seorang Viking, Yana Umar.

Lagi-lagi disayangkan, kesan "tarik ulur" dekat dengan situasi upaya damai Viking The Jak kali ini. Sebab, meski itikad baik sama-sama digaungkan, kedua belah pihak masih nampak sungkan melakukan eksekusi.

4. Deklarasi Damai Viking The Jak

Persib dan Persija | Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/amazingbandungofficialPersib dan Persija | Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/amazingbandungofficial

Langit Purwakarta tahun 2017 seolah menjadi saksi diselenggarakannya Deklarasi Damai Viking The Jak. Tak hanya ratusan orang beratribut oranye dan biru yang hadir di Situ Buleud, Dedi Mulyadi yang kala itu menjabat sebagai Bupati Purwakarta turut terlibat langsung di lokasi.

Fakta berikutnya mencatat, deklarasi damai Viking The Jak juga dilakukan di lapangan Mapolres Indramayu pada tahun 2018. Deklarasi dilakukan tiga hari setelah Haringga Sirla tewas akibat dikeroyok oleh suporter Persib saat hendak menyaksikan pertandingan Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung.

5. Nongkrong Bareng Tak Lantas Membuat Viking The Jak Damai

Waktu bergulir ke tahun 2022, Bidang Organisasi dan Keanggotaan Viking Persib Club (VPC) Panca Wirakusumah mengatakan, upaya perdamaian dengan Jakmania telah dilakukan berkali-kali, namun hasilnya tetap nihil.

Padahal, para pengurus pusat dari organisasi suporter Persib dan Persija ini sudah sering duduk satu meja hingga nongkrong bareng.

Baca Juga: Persija Kalah, Ancaman Pidana dan Kronologi Oknum The Jakmania Rusak Rumah di Sukabumi

Catatan perdamaian Viking The Jak tersebut hanya lima poin dari upaya meredam rentetan kericuhan akibat suporter Persib dan Persija yang terlalu fanatik. Artinya, memuja idola berlebihan atau fanatisme dapat berdampak negatif, terutama memicu konflik antar kelompok, yang dapat berujung pada kekerasan fisik dan perang.

Antara Suporter Persib dan Persija, Ini Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damaiSuporter Persib dan Persija | Catatan Perdamaian Viking - The Jak. Foto: Instagram/thejak_garis_damai

Maka dari itu, sebagai suporter setia Persib dan Persija, prinsip kemanusiaan yang jauh dari tindak kekerasan sudah seharusnya dijunjung tinggi oleh Viking maupun The Jak. Sehingga, perdamaian bukan lagi omong kosong belaka ketika harmoni sosial berlandaskan logika dapat ditegakkan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 September 2024, 21:27 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Kembali, Begini Respons Pengendara dan TJT

Respons PT Trans Jabar Tol dan pengendara usai Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali pada Selasa (24/9/2024).
Kondisi arus lalu lintas di keluar Gerbang Tol Parungkuda pasca Tol Bocimi Seksi 2 dibuka kembali, Selasa (24/9/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat24 September 2024, 20:59 WIB

Sempat Berkarir di Pemkab Sukabumi, Teppy Dharmawan Dilantik Jadi Pjs Bupati Karawang

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik lima Pejabat Sementara (Pjs.) Bupati menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, salah satunya Teppy Wawan Dharmawan sebagai Pjs. Bupati Karawang
Teppy Wawan Dharmawan, Pjs Bupati Karawang | Foto : Istimewa
Sukabumi24 September 2024, 20:41 WIB

Resmikan 2 Ruas Jalan yang Diperbaiki PU di Jampangtengah Sukabumi, Ini Harapan Bupati

Berikut dua ruas jalan di Jampangtengah Sukabumi yang selesai diperbaiki Dinas PU kemudian diresmikan Bupati Marwan Hamami.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kadis PU Dede Rukaya dan Forkopimcam setempat saat meresmikan dua ruas jalan di Jampangtengah. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi24 September 2024, 20:05 WIB

Komplotan Begal Bersajam yang Resahkan Warga Kota Sukabumi Berhasil Dilumpuhkan

Tiga komplotan begal bersenjata tajam (sajam) di Kota Sukabumi berhasil diamankan Polisi. Ketiganya dihadiahi timah panas karena berusaha melarikan diri saat hendak diamankan.
Tiga pelaku begal saat dihadirkan dapam komferensi pers di Polres Sukabumi Kota | Foto : Istimewa
Life24 September 2024, 20:00 WIB

Jurig Jarian, Hantu dari Tanah Sunda yang Konon Mendiami Tempat Sampah

Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah.
Ilustrasi Jurig Jarian - Jurig Jarian adalah makhluk halus dalam mitologi Sunda yang dipercaya menghuni tempat-tempat kotor seperti tempat sampah. (Sumber : imdb.com).
Sukabumi24 September 2024, 19:39 WIB

Viral Lansia di Simpenan Sukabumi Tiba-tiba Terjatuh Lalu Meninggal Saat Menari Jaipong

Berikut kronologi kejadian viral pria lansia di Simpenan Sukabumi tiba-tiba terjatuh lalu meninggal saat menari Jaipong.
Cuplikan video detik-detik saat pria lansia di Simpenan Sukabumi tengah menari jaipong bersama sinden tiba-tiba terjatuh lalu meninggal. (Sumber : Tangkapan layar video/Istimewa)
Sukabumi24 September 2024, 19:37 WIB

Tol Bocimi Seksi 2 Resmi Dibuka Fungsional Dua Arah

Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong-Cibadak resmi dibuka pada Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB
Tol Bocimi Seksi 2 ruas Parungkuda-Cigombong resmi dibuka hari ini Selasa (24/9/2024) pukul 17.55 WIB | Foto : Ibnu Sanubari
Life24 September 2024, 19:00 WIB

Kenapa Anak di Rumah Tidak Banyak Bicara? Bun, Perhatikan 8 Hal Ini!

Anak yang memiliki sifat introvert mungkin lebih suka mendengarkan daripada berbicara, dan ini adalah hal yang normal.
Ilustrasi. Kenali Penyebab Mengapa Anak di Rumah Tidak Banyak Bicara. (Sumber : Pixabay/Iqbal Nuril Anwar)
Sukabumi24 September 2024, 18:50 WIB

Agama yang Dianut Warga Kabupaten Sukabumi Berbeda-beda, Ini Rinciannya

Melalui data tersebut diketahui agama yang dianut oleh penduduk di Kabupaten Sukabumi sangat beragam, dari mulai Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, bahkan ada penduduk yang memiliki keyakinan agama diluar agama tesebut.
Agama yang dianut penduduk Kabupaten Sukabumi | Foto : Pixabay
Sukabumi24 September 2024, 18:35 WIB

Identitas Mayat di Muara Cibuni Terungkap, Pelajar Bandung yang Tenggelam di Pantai Cianjur

Identitas mayat di Muara Cibuni perbatasan Sukabumi-Cianjur terungkap, pelajar Bandung yang hilang tenggelam di Cidaun.
Ilustrasi. Mayat yang ditemukan mengambang di Muara Cibuni ternyata pelajar Bandung yang tenggelam di Pantai Cianjur. (Sumber : Istimewa)