Kalahkan Malaysia 1-0, Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF U-19 2024

Sabtu 27 Juli 2024, 22:00 WIB
Timnas U-19 Indonesia berhasil kalahkan Malaysia 1-0 di laga Semifinal Piala AFF U-19 2024. (Sumber : PSSI)

Timnas U-19 Indonesia berhasil kalahkan Malaysia 1-0 di laga Semifinal Piala AFF U-19 2024. (Sumber : PSSI)

SUKABUMIUPDATE.com - Timnas U-19 Indonesia berhasil lolos ke final ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024 usai mengalahkan Malaysia 1-0 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (27/7/2024).

Alfharezzi Buffon menjadi pencetak gol kemenangan Garuda Muda pada menit ke-67. Berawal dari umpan lambung Welber Jardim dari sisi kiri yang menimbulkan kemelut di kotak penalti Malaysia, bola jatuh ke pemain asal Borneo FC itu yang langsung melepaskan tendangan ke gawang.

Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Thailand di partai final Piala AFF U-19 2024. Duel kedua tim dijadwalkan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Senin, 29Juli, mulai pukul 19.30 WIB.

Jalannya Pertandingan

Melansir dari tempo.co, Arkhan Kaka menciptakan peluang emas pertama untuk Timnas U-19 Indonesia pada menit ketiga. Berawal dari lemparan jauh Mufli Hidayat, penyerang asal Persis Solo itu menyambutnya dengan sundulan yang masih melenceng tipis di sisi kiri gawang.

Pertandingan berjalan dengan tempo yang cukup cepat. Kedua tim bermain terbuka dan saling bergantian melancarkan serangan. Timnas U-19 Indonesia mengandalkan serangan dari kedua sisi sayap yang dihuni Dony Tri Pamungkas dan Mufli Hidayat. Namun, umpan-umpan yang dilepaskan masih belum menemui sasaran.

Sementara dari kubu Malaysia, Pavithran Gunalan yang merupakan top skor sementara tim menjadi tumpuan. Ia bergerak dari sisi kiri mengeksploitasi area pertahanan Timnas U-19 Indonesia yang dihuni Alfharezzi Buffon. Beberapa peluang tercipta, tapi penyelesaian akhirnya belum maksimal.

Hingga menit ke-30, Harimau Malaya unggul tipis penguasaan bola sebesar 56 persen berbanding 44 persen milik Garuda Muda. Namun, secara jumlah tendangan, kedua tim sama-sama telah melepaskan empat dengan tanpa ada yang mengarah ke gawang.

Memasuki 10 menit terakhir babak pertama, Timnas U-19 Indonesia tampak mulai mengendurkan serangannya. Anak asuh Indra Sjafri kini lebih mengandalkan serangan balik cepat. Di sisi lain, Malaysia semakin mendominasi jalannya laga. Akan tetapi sampai turun minum, tidak ada gol yang tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Pelatih Indra Sjafri melakukan beberapa pergantian pemain di awal babak kedua dengan memasukkan pemain bertipikal menyerang, seperti Riski Afrisal dan Arlansyah Abdulmanan. Hasilnya, Garuda Muda lebih keluar menyerang, sisi saya juga menjadi lebih hidup.

Timnas U-19 Indonesia memperoleh peluang emas pertama di babak kedua pada menit ke-63. Berawal dari pergerakan Arlansyah Abdulmanan yang mengirim umpan tarik, bola disambut tendangan Dony Tri, tetapi bola masih bisa dihalau bek Malaysia.

Gol yang ditunggu akhirnya tercipta melalui Alfharezzi Buffon pada menit ke-79. Berawal dari umpan lambung Welber Jardim dari sisi kiri yang menimbulkan kemelut di kotak penalti Malaysia, bola jatuh ke pemain asal Borneo FC itu yang langsung melepaskan tendangan ke gawang.

Tertinggal satu gol membuat Malaysia meningkatkan intensitas serangannya. Berbagai upaya dilakukan untuk membongkar pertahanan Timnas U-19 Indonesia yang dinahkodai Kadek Arel. Namun hingga peluit panjag ditiup, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Garuda Muda.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Musik08 September 2024, 12:00 WIB

Daftar Lagu Red Velvet yang Sukses Gelar Fancon Tour di Indonesia

Girl grup Red Velvet sukses menggelar Fancon Tour bertajuk HAPPINESS : My dear, Reveluv di Indonesia, pada Sabtu, 7 September 2024, di Beach City International Stadium.
Daftar Lagu Red Velvet yang Sukses Gelar Fancon Tour di Indonesia (Sumber : Instagram/@redvelvet.smtown)
Entertainment08 September 2024, 11:00 WIB

Ruri Repvblik Mengalami Kecelakaan Tunggal, Sang Istri Bagikan Kondisi Saat Ini

Vokalis grup band Repvblik, Ruri Wantogia mengalami kecelakaan tunggal saat melakukan touring motor gede bersama teman-temannya di Ciamis, Jawa Barat, pada Jumat, 6 September 2024.
Ruri Repvblik Mengalami Kecelakaan Tunggal, Sang Istri Bagikan Kondisi Saat Ini (Sumber : Instagram/@chisa_anne)
Entertainment08 September 2024, 10:54 WIB

Caisar YKS Joget di Sukabumi, Ciaul Digoyang Yuk Keep Smile!

Warga Sukabumi khususnya yang mengikuti acara Jalan Santai Ciaul Ngahiji larut dalam joget YKS yang khas. Cesar joget di Sukabumi dengan gayanya yang khas musik suling dangdut.
Caisar Aditya Putra, komedian yang hadir di acara Jalan Santai Ciaul Ngahiji Sukabumi (Sumber : Instagram/@caisar_aditya)
Sukabumi08 September 2024, 10:28 WIB

Makna Perisai Hitam dan Gemah Ripah Loh Jinawi di Lambang Kabupaten Sukabumi

Kabupaten Sukabumi merayakan hari jadinya yang ke-154 pada 10 September 2024. Dalam rangka perayaan ini, penting untuk memahami makna di balik lambang Kabupaten Sukabumi yang menjadi simbol identitas dan kebanggaan daerah.
Lambang Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Film08 September 2024, 10:00 WIB

Ada The Architecture of Love, Berikut Daftar Film dan Serial Netflix di September

Memasuki bulan September sudah pasti bakal disambut dengan berbagai macam film dan serial terbaru dari berbagai platform streaming yang tersedia, salah satunya adalah Netflix.
Ada The Architecture of Love, Berikut Daftar Film dan Serial Netflix di September (Sumber : Instagram @/ikanatassa)
Sukabumi08 September 2024, 09:32 WIB

Korban Terdampak Gempa Di Tegalbuleud Sukabumi Dapat Bantuan Sembako

Bantuan untuk korban rumah ambruk dampak gempa dan angin kencang di Kampung Cibangoak RT 007/003 Desa Calingcing Kecamatan Tegalbuleud Kabupaten Sukabumi mulai berdatangan
Polsek Tegalbulued saat menyerahkan bantuan kepada korban rumah ambruk terdampak Gempabumi | Foto : Ragil Gilang
Inspirasi08 September 2024, 09:00 WIB

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office

Loker Marketing Manager di Jakarta Timur. Rekrutmen Pegawai Tetap masih dibuka hingga 5 November 2024 mendatang.
Loker Marketing Manager di Jakarta Timur, Syarat: Mahir Ms. Office (Sumber : Istimewa)
Fashion08 September 2024, 08:00 WIB

7 Tips Padu Padan Celana Pendek Pria dengan Outfit Casual

Dengan padu padan yang tepat, celana pendek bisa memberikan tampilan kasual yang tidak hanya nyaman tapi juga terlihat menarik.
Ilustrasi - Dengan padu padan yang tepat, celana pendek bisa memberikan tampilan kasual yang tidak hanya nyaman tapi juga terlihat menarik. (Sumber : Freepik.com).
Food & Travel08 September 2024, 07:00 WIB

Resep Sup Durian Keju Mozzarella, Hidangan Pencuci Mulut yang Lezat!

Sup Durian Keju Mozzarella adalah perpaduan unik antara manisnya durian dan kelezatan keju, menciptakan hidangan penutup yang creamy dan meleleh di mulut.
Ilustrasi - Taman durian Hauma Ni Opung atau Hauma Ni Opung Farm and Plantation merupakan destinasi wisata yang harus dikunjungi oleh para penggemar buah durian (Sumber : iStock)
Science08 September 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 8 September 2024, Sukabumi Pagi Cerah Berawan dan Siang Potensi Hujan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 8 September 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)