Dari Jersey Hingga Bola, Produk Buatan Indonesia yang Digunakan di Piala Dunia FIFA

Rabu 09 November 2022, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sebentar lagi turnamen sepakbola terbesar antar negara-negara di dunia, FIFA World Cup (Piala Dunia FIFA) akan digelar.

Piala Dunia FIFA kali ini akan dihelat di Qatar selaku tuan rumah dari 20 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Tentu turnamen akbar empat tahunan ini selalu dinanti oleh para pecinta sepakbola di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia.

Dilansir dari Tempo.co, selain talenta dari para pemain ternama, ajang Piala Dunia sempat dihiasi oleh beragam produk buatan Indonesia, terlepas hasil produksinya berhasil atau gagal dibuat.

Turnamen sepak bola paling elit ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 1930 di Uruguay. Sementara dalam waktu dekat, Piala Dunia Qatar akan segera dimulai.

Meskipun Indonesia belum bisa ikut berpartisipasi dalam ikut kejuaraan akbar ini, Indonesia telah mengirimkan beberapa produk untuk dipakai timnas di berbagai negara Piala Dunia selama ini. Apa Saja? Berikut Tempo akan merangkum tiga produk buatan Indonesia yang perlu anda ketahui.

1. Jersey

Jersey bola merupakan salah satu produk buatan Indonesia yang dipakai beberapa tim nasional ketika berlaga. Seperti dalam catatan Tempo, terlihat Timnas Inggris memakai produk buatan Indonesia ketika melawan San Marino pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Secara jelasnya diketahui melalui unggahan akun media sosial resmi The Three Lions timnas Inggris @England. Mereka memposting jersey yang dipakai sebelum kick-off dimulai. Lalu foto tersebut juga melihatkan kalimat “Made in Indonesia. Fabrique en Indonesia” pada jersey produksi Nike yang dipakai kiper Aaron Ramslade,

Selain itu dikutip dari Indonesia Investments, produk tekstil Indonesia mengalami banjir permintaan pada Piala Dunia 2014.

Tercatat terjadi kenaikan sebesar tiga persen pada produksi serat polyester pada kuartal pertama hingga kuartal kedua tahun itu. Diperkirakan industri tekstil dan produk tekstil diperkirakan menyumbang 10,7 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia pada tahun 2014.

2. Bola

Selain jersey, produksi buatan Indonesia selanjutnya adalah bola sepak. Diketahui bahwa bola buatan Indonesia sudah resmi dipakai dalam ajang Piala Dunia tahun 1998 hingga tahun 2014.

Secara lebih spesifik, bola produksi resmi di Piala Dunia tersebut bernama Tricolore yang digunakan pada Piala Dunia Prancis 1998, Fevernova pada di Piala Dunia Jepang-Korea Selatan 2002, Teamgeist di Piala Dunia Jerman 2006, Jabulani di Piala Dunia Afrika Selatan 2010, dan Brazuca di Piala Dunia Brasil 2014.

Sementara pada perhelatan Piala Dunia Qatar 2022, secara resmi akan memakai bola buatan Indonesia bernama Al Rihla.

Mengutip seasia.co, Al Rihla dinyatakan sebagai bola tercepat dan memiliki akurasi terbaik sejauh yang dimainkan pada Piala Dunia hingga saat ini.

3. Sepatu

Produksi terakhir buatan Indonesia adalah sepatu olahraga merek Mizuno, yang digunakan saat Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Diketahui bahwa sepatu ini diproduksi dan dikirim langsung oleh PT Panarub Dwikarya, Tangerang Banten.

Selain membuat merek Mizuno, PT Panarub juga seringkali membuatkan sepatu olahraga pesanan dari merek sepatu seperti Adidas, New Balance, Mizuno, dan Specs. Sebab, sepatu olahraga yang dibuat memiliki kualitas yang baik.

#SHOWRELATEBERITA

Sumber: Tempo.co/Fathur Rachman

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Tags :
Berita Terkini
Entertainment20 September 2024, 16:00 WIB

Terpikat Pesona Lansia, Wanita Cantik Ini Jatuh Cinta dan Menikah dengan Pria Usia 80 Tahun

Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun.
Wanita muda asal Tiongkok ini jatuh cinta dan rela menikah dengan pria usia 80 tahun. (Sumber : Sohu.com).
Life20 September 2024, 15:30 WIB

Sebut Jampang Palabuhanratu, Jasinga yang Melegenda dengan Ajaran Sanghyang Sunda

Berkaitan dengan Sukabumi meski tak terpaut langsung, tujuh Ajaran Sanghyang Sunda ini salah satunya adalah Sungsang Hilir yakni Jampang Palabuhanratu).
Ilustrasi. Sejarah menyebutkan nama Jasinga berasal dari kata Gajah Lumejang Singa Bapang, dua dari tujuh Ajaran Sanghyang Sunda yang juga ditetapkan sebagai suatu tempat komunitas Sunda. Foto: Instagram/@jasinga
Inspirasi20 September 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Cook dan Barista di Salah Satu Cafe di Kota Sukabumi, Minimal SMA Sederajat. (Sumber : pexels.com/Quang Nguyen Vinh)
Sukabumi20 September 2024, 14:52 WIB

Enam Anggota Geng Motor Ditangkap, Buntut Serangan Brutal di Pasar Cibadak Sukabumi

Enam terduga pelaku yang ditangkap merupakan warga Kecamatan Parungkuda.
Anggota geng motor yang terlibat penyerangan di parkiran Pasar Semi Modern Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis dini hari, 19 September 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi20 September 2024, 14:45 WIB

UMMI Siap Cetak Generasi Unggul di Desa Lewat Beasiswa Bupati Sukabumi

Cetak generasi unggul di setiap desa, UMMI resmi melaunching program beasiswa Bupati Sukabumi 2024.
Rektor UMMI Sukabumi Reny Sukmawani bersama Bupati Marwan Hamami saat launching beasiswa bupati program generasi unggul untuk desa 2024. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Entertainment20 September 2024, 14:45 WIB

Nino RAN Menikah dengan Dhabitannisa Auni, Netizen: Singkat Padat Baju Adat

Kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan datang dari Nio RAN yang telah menikah dengan kekasihnya bernama Dhabitannisa Auni atau Ica, pada Jumat, 20 September 2024.
Nino RAN Menikah dengan Dhabitannisa Auni, Netizen: Singkat Padat Baju Adat (Sumber : Instagram/@thebridestory)
Musik20 September 2024, 14:30 WIB

Berikut Daftar Lagu yang Bakal Dibawakan Doyoung NCT di Konser Besok

Doyoung NCT akan menyapa penggemar secara langsung melalui konser solo pertamanya bertajuk 2024 DOYOUNG CONCERT [Dear Youth,] in Jakarta, pada Sabtu, 21 September 2024, di ICE BSD Hall 1, Tangerang.
Berikut Daftar Lagu yang Bakal Dibawakan Doyoung NCT di Konser Besok (Sumber : Instagram/@smtown)
Science20 September 2024, 14:24 WIB

Banyak Segmen, BMKG Sebut Sesar Garsela Zona Paling Aktif Gempa di Pulau Jawa

Daryono tak meragukan gempa M4.9 dan rentetan panjangnya dipicu Sesar Garsela.
Pusat gempa M4.9 di Sesar Garsela pada September 2024 di antara peta seismisitas selatan Bandung dan sekitarnya periode Januari 2009-Agustus 2024. | Foto: BMKG
Entertainment20 September 2024, 14:15 WIB

Vadel Badjideh Gandeng Pengacara Razman Arif Nasution untuk hadapi Nikita Mirzani

Melalui akun instagram pribadinya ia menegaskan bahwa dirinya tidak kabur seperti yang beredar di media sosial. Bahkan, Vadel Badjideh memberitahu sudah menunjuk pengacara sebagai kuasa hukumnya, yaitu Razman Arif Nasution.
Vadel Badjideh Gandeng Pengacara Razman Arif Nasution untuk hadapi Nikita Mirzani (Sumber : Instagram/@vadelbadjideh)
Sukabumi Memilih20 September 2024, 14:03 WIB

Jawab Catatan Bawaslu, KPU Pastikan Tak Ada Perubahan DPT Kota Sukabumi untuk Pilkada 2024

Imam Sutrisno mengatakan Bawaslu memang aktif memberikan saran perbaikan.
Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Sukabumi Nenda Suhanda. | Foto: Istimewa