LG Innotek Bikin Lampu Nano Hemat Energi Pertama di Dunia

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - LG Innotek, produsen barang-barang elektronik global, mengembangkan lampu LED UV-C 100 miliwatt. LED UV-C adalah produk yang menghasilkan efek sterilisasi yang lebih kuat dengan keluaran cahaya UV lebih tinggi, yaitu berkisar 278 nanometer.

"Kami akan terus memperluas kesenjangan teknologi dengan pesaing kami dan mengenalkan produk inovatif yang diinginkan oleh pelanggan," kata seorang perwakilan dari LG Innotek dalam siara pers yang diterima Tempo, Kamis, 30 November 2017.

LED UV-C adalah produk yang memancarkan sinar ultraviolet dengan panjang gelombang pendek berkisar antara 200 - 280 nanometer (nm), atau biasa juga disebut Deep UV. Biasanya teknologi ini digunakan untuk alat sterilisasi dengan kemampuannya menghancurkan DNA bakteri dan menyebabkan reaksi kimia pada bahan khusus.

Perkembangan teknologi ini lebih cepat 2 tahun dari rencana. Rencananya, LG akan meluncurkan lampu ini pada 2020.

Kelebihan dari teknologi ini adalah struktur epitaksial dan teknologi chip vertikal yang memaksimalkan cahaya yang dapat dipancarkan. Untuk memastikan keadaan tetap stabil, ultraviolet yang memancar akan dinaikkan dan akan terjadi pengeluaran panas secara efektif. Selain itu, LED UV-C ini dapat memancarkan sinar ultraviolet untuk sterilisasi selama 10 ribu jam.

Artinya, lampu LED ini bisa menyala dalam waktu yang lama dengan listrik kecil tanpa mengurangi tingkat cahaya. Juga, cahayanya tidak membahayakan.

LED UV-C buatan LG ini bisa dengan cepat mensterilkan air yang mengalir dan bahkan udara. Lampu ini juga dapat digunakan dalam beragam peralatan lain, seperti filter udara di mobil.

Sumber: Tempo

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Tags :
Berita Terkini
Internasional08 Juli 2024, 20:54 WIB

Setiba di Tanah Air, Jemaah Haji Indonesia Diminta Lapor ke Puskesmas Setempat

Kemenag RI juga mengimbau jemaah haji untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) setibanya di kampung halaman.
Petugas sedang memeriksa kesehatan jemaah haji. (Sumber : Kemenag RI)
Sukabumi Memilih08 Juli 2024, 20:41 WIB

Kader Golkar Makin Solid Dukung Asep Japar Jadi Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024

Asep Japar menjadi salah satu calon terkuat yang diusung Golkar untuk maju sebagai Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024 mendatang.
Momen Asep Japar bersama pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 20:07 WIB

Berisi Data Penting, Tas Pinggang Milik Satpol PP Surade Hilang Diduga Digondol Maling

Tas pinggang merk Eiger milik Solih Sunarya, Kanit Pol-PP Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, hilang diduga digondol maling pada Kamis, 4 Juli 2024 lalu.
Ruang kerja Pol PP Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Arena08 Juli 2024, 20:00 WIB

Petinju Ryan Garcia Dipecat WBC Usai Hina Islam dan Ras Kulit Hitam

Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial.
Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial. (Sumber : Instagram/@kingryan).
Sukabumi08 Juli 2024, 19:51 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor di Warungkiara Sukabumi, Ini Wilayah Terdampak

Berikut wilayah terdampak gangguan air akibat adanya perbaikan pipa utama yang bocor oleh Perumdam TJM Cabang Cikembar di Warungkiara Sukabumi.
Petugas Perumdam TJM Sukabumi Cabang Cikembar saat memperbaiki pipa utama yang bocor di Warungkiara. (Sumber : Istimewa)
Life08 Juli 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari, Tak Hanya dari Kafein dan Relaksasi Ya!

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh.
Ilustrasi Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, untuk mengatur ritme sirkadian tubuh. Wanita sedang tidur | Foto : istockphoto.com
Sukabumi08 Juli 2024, 19:15 WIB

Cerita Anak Sebelum Ayahnya Ditemukan Tak Bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi

Berikut cerita anak Odit (74 tahun) pria lansia yang ditemukan tak bernyawa di Saung Cibadak Sukabumi. Korban dilaporkan sempat hilang sebulan.
Anak korban, Azis (36 tahun) saat diwawancara di pemakaman belakang RSUD Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi08 Juli 2024, 19:14 WIB

Tingkatkan Kenyamanan, Dinas PU Sukabumi Perbaiki Jalan Pelita Palabuhanratu

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi melakukan perbaikan jalan di ruas jalan Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu.
Perbaikan di ruas jalan raya Pelita tepatnya di Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupatem Sukabumi | Foto : Dok. PU / Ilyas Supendi
Sehat08 Juli 2024, 19:00 WIB

5 Cara Mudah dan Murah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami di Rumah

Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. (Sumber : Freepik.com/@master1305).
Life08 Juli 2024, 18:30 WIB

10 Cara Mengatasi Anak Usia 5 Tahun yang Tidak Mau Sekolah, Begini Langkahnya Bund!

Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.
Anak yang tidak mau sekolah adalah hal yang sering ditemukan dan ini merupakan hal yang biasa terjadi.(Sumber : Freepik.com@pvproductions)