Ada Tujuh Sumber Mata Air di Gunung Sunda yang Harus Dilestarikan

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM - Ada tujuh sumber mata air di kawasan Gunung Sunda, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi yang harus diselamatkan dari ancaman ekploitasi pabrik semen. Ini menjadi alasan lain mengapa para penggiat peduli lingkungan Sukabumi, bersikeras mempertahankan keberadaan Gunung Sunda, agar tidak diekploitasi oleh PT Holcim.

"Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau di Gunung Sunda ada tujuh sumber mata air yang perlu dijaga. Sumber mata air ini tentu wajib dipertahankan oleh kita semua,"ujar Dedi Suhendra, salah seorang penggiat lingkungan hidup Sukabumi saat berbincang dengan sukabumiupdate.com, Kamis (29/9).

Ketujuh sumber mata air itu terang Dedi berada di sejumlah lokasi di Gunung Sunda, dan sudah dimanfaatkan warga sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari cuci pakaian, cuci peralatan dapur, mandi dan air untuk dimasak sebagai air layak minum.

Sedikitnya ada 9 kampung di sekitar Gunung Sunda yang memanfaatkan mata air tersebut. Mulai dari kampung Pangkalan, Padaasih, Padamelang, Jambelaer, Ciroyom, Cimenteng, Cimanggu, Cicohag dan Tegalnyamplung.

Warga sekitar memanfaatkan mata air itu dengan membuat saluran menggunakan pipa kecil, ditampung dalam kolam ukuran kecil lengkap dengan bangunan MCK, yang dibangun menggunakan dibiayai sendiri. "Jadi sayang kalau Gunung Sunda diekploitasi karena Gunung Sunda ternyata memiliki sumber mata air yang sangat dibutuhkan masyarakat,"tukas Dedi.

Sayangnya, untuk memastikan berapa debit air yang keluar dari Gunung Sunda harus melalui penelitian yang benar oleh ahlinya. “Yang jelas kata sumber air di Gunung Sunda sudah bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar,” terangnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Bola13 Oktober 2024, 13:00 WIB

Batal Gunakan GBLA, Persib vs Persebaya Tanpa Penonton di Si Jalak Harupat

Persib vs Persebaya digelar di Stadion Si Jalak Harupat tanpa penonton.
Persib vs Persebaya digelar di Stadion Si Jalak Harupat tanpa penonton. (Sumber : X@persib)
DPRD Kab. Sukabumi13 Oktober 2024, 13:00 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Dorong Perusahaan Realisasikan CSR dan Kepatuhan Lingkungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah pabrik di Kecamatan Cicurug pada Jumat, 11 Oktober 2024. Perusahaan yang dikunjungi antara lain PT KG Fasion dan PT Mulia Cemerlang Abadi (MCA).
Teddy Setiadi, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Partai Gerindra | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih13 Oktober 2024, 12:12 WIB

Tampung Aspirasi Pedagang, Ayep Zaki Berjanji Benahi Tata Kelola Pasar di Kota Sukabumi

Kunjungi pasar di Kota Sukabumi, Calon Wali Kota Sukabumi, Ayep Zaki tampung aspirasi para pedagang hingga berjanji akan benahi tata kelola pasar jika terpilih nanti
Ayep Zaki, Calon Wali Kota Sukabumi nomor urut 2 saat diwawancara, Sabtu (12/10/2024) | Asep Awaludin
Food & Travel13 Oktober 2024, 12:00 WIB

Telaga Nilem di Wisata Kuningan, HTMnya Cuma Rp15.000 dengan Kolam Alaminya Sejernih Kaca!

Telaga Nilem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pesona alami dan keindahan yang menenangkan.
Telaga Nilem di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pesona alami dan keindahan yang menenangkan. (Sumber : Instagram/@sisadoe).
Life13 Oktober 2024, 10:00 WIB

Gunakan Hadiah dan Pujian, 12 Cara Melatih Anjing Agar Patuh Kepada Pemiliknya

Melatih anjing agar patuh kepada pemiliknya membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan pendekatan yang tepat.
Ilustrasi - Melatih anjing agar patuh kepada pemiliknya membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan pendekatan yang tepat. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Aplikasi13 Oktober 2024, 09:56 WIB

5 Aplikasi Jual Foto di Internet: Manfaatkan Hobi untuk Menghasilkan Uang

Menjual foto secara online kini menjadi salah satu cara yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan, ada banyak peluang untuk memanfaatkan hobi fotografi, baik Anda sudah profesional maupun masih pemula.
Memanfaatkan hobi fotografi untuk menghasilkan uang |  Foto : Pixabay
Sukabumi13 Oktober 2024, 09:40 WIB

Pemancing Temukan Mayat Mengambang di Sungai Cilangkap Cikembar Sukabumi

Warga Desa Cikemar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan jasad seorang pria mengambang di aliran sungai Cilangkap
Penemuan mayat di Sungai Cilangkap Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi13 Oktober 2024, 09:12 WIB

Pencarian Totong Dilanjutkan, Hilang Saat Pasang Jaring di Muara Laut Cikaso Sukabumi

Keberadaan Totong (60 tahun), seorang nelayan warga Kampung Cibayawak RT 001/003 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, hingga pagi ini, belum juga ditemukan.
Pencarian Totong (60 tahun) nelayan yang hilang di laut muara Cikaso Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat13 Oktober 2024, 09:00 WIB

9 Tips Hidup Sehat dan Awet Muda, Mudah Dilakukan Tapi Harus Konsisten!

Dengan kombinasi pola hidup sehat ini, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan jangka panjang serta tampak lebih awet muda.
Ilustrasi - Dengan kombinasi pola hidup sehat ini, Anda bisa merasakan manfaat kesehatan jangka panjang serta tampak lebih awet muda. (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Life13 Oktober 2024, 08:00 WIB

8 Tips Agar Orang Tidak Bersikap Seenaknya Pada Kita, Stop Gak Enakan!

Identifikasi batas-batas apa saja yang penting bagi Anda, baik itu dalam hubungan, pekerjaan, maupun kehidupan pribadi agar orang tidak bersikap seenaknya.
Ilustrasi. Tips Agar Orang Tidak Berperilaku Seenaknya Pada Kita (Sumber : Freepik/@pressfoto)