WorldSSP300 2024: Aldi Satya Mahendra, Pembalap Pertama Indonesia yang Jadi Juara Dunia

Senin 21 Oktober 2024, 15:29 WIB
Aldi Satya Mahendra menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi juara dunia WorldSSP300 2024. (Sumber : Instagram/@aldihendra_57).

Aldi Satya Mahendra menjadi orang Indonesia pertama yang menjadi juara dunia WorldSSP300 2024. (Sumber : Instagram/@aldihendra_57).

SUKABUMIUPDATE.com - Pembalap Indonesia, Aldi Satya Mahendra, mencatat sejarah dengan memenangkan kejuaraan World Supersport 300 2024. Aldi, yang berlaga bersama Tim BrCorse, memastikan gelar juara dunia setelah finis di posisi keenam pada balapan di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu, 20 Oktober 2024.

Tambahan lima poin dari hasil balapan tersebut membuat Aldi mengumpulkan total 221 poin, menempatkannya di puncak klasemen setelah delapan balapan, unggul 21 poin dari posisi kedua, Loris Veneman.

Aldi, yang membela Team BrCorse Yamaha, finis keenam dalam balapan tersebut dan berhasil meraih gelar dunia. Ini merupakan gelar juara dunia pertama bagi Indonesia di kategori balap motor kelas World Supersport 300.

“Saya sangat senang. Ini adalah impian saya sejak kecil. Ketika saya melihat saudara saya berlomba di WorldSSP300 dan WorldSSP, saya ingin menjadi seperti dia! Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk berlomba di sini dan saya bisa menjadi Juara Dunia, ini luar biasa bagi saya dan keluarga saya. Saya sangat senang. Saya adalah Juara Dunia pertama dari Indonesia. Ini luar biasa,” ungkap Aldi dikutip dari worldsbk.

Perjalanan Aldi Mahendra Hingga Juara Dunia

Perjalanan Mahendra dimulai di Yamaha R3 bLU cRU European Cup, setelah sebelumnya berlaga di kelas 250cc Asia selama semusim. Ia sempat tampil dua kali pada tahun 2023, dengan hasil podium, tetapi di kompetisi Eropa, Aldi mulai menunjukkan potensi besar dan menjadi pembalap yang diperhitungkan.

Meski awal kariernya di R3 Cup tidak terlalu impresif, Aldi mulai bersinar dengan hasil Superpole yang gemilang, termasuk meraih pole di dua putaran pembukaan. Ia kemudian tampil luar biasa di akhir musim, memenangkan lima dari tujuh balapan terakhir.

Perjalanannya di World Supersport 300 dimulai pada Maret di Barcelona, dimana Aldi langsung membuat kesan dengan finis kedua pada balapan pertama. Namun, di Assen, Aldi mengalami musim terburuknya, meski sempat mencatat waktu lap tercepat, ia hanya finis kedelapan dan sebelas.

Pada balapan di Misano, Italia, Aldi berhasil finis kedua pada balapan pertama dan meraih kemenangan pertamanya musim ini di balapan kedua.

Di Most, Ceko, Aldi hanya finis kedelapan pada balapan pertama, tetapi berhasil naik podium pada balapan kedua. Pada tahap ini, ia berada di posisi kedua klasemen, tertinggal 19 poin dari Loris Veneman.

Aldi mendapat sedikit keuntungan saat Iglesias Bravo gagal finis di Portimao, Portugal, di mana Aldi hanya finis keenam dan kedelapan, tetapi tetap bertahan hanya 11 poin di belakang pemuncak klasemen.

Di Sirkuit Nevers Magny-Cours, Prancis, Aldi memanfaatkan kesialan para pesaingnya, dengan Veneman terjatuh dan finis di posisi ke-16, serta Iglesias yang jatuh pada lap terakhir. Aldi yang finis kedua dan ketiga di Prancis, meninggalkan balapan dengan keunggulan 12 poin.

Meskipun tidak dapat mengamankan gelar di Aragon, Aldi memastikan dirinya sebagai juara di Jerez setelah berhasil mengamankan posisi kunci dalam balapan tersebut.

Selama musim 2024, Aldi hanya meraih satu kemenangan, yaitu di balapan kedua WorldSSP300 di Misano, di mana ia berhasil mengalahkan Jeffrey Buis dan Inigo Iglesias Bravo. 

Selain itu, Aldi berhasil meraih tujuh podium lainnya, termasuk di Barcelona, Misano, Ceko, Prancis, Aragon, dan Jerez. Delapan podium ini cukup untuk mengantarkan Aldi menjadi juara dunia WorldSSP300 2024.

“Untuk musim ini, saya hanya melakukan yang terbaik dan tidak pernah memikirkan Kejuaraan. Di ronde ini, saya terlalu banyak memikirkannya! Di Balapan 2, di Jerez, saya bingung. Setiap pembalap memberikan yang terbaik. Saya hanya terus fokus dan akhirnya saya mendapatkan Kejuaraan Dunia. Untuk balapan, saya hanya berusaha untuk tidak membuat kesalahan. Saya merasa seperti pembalap lain menyentuh saya di satu tikungan dan saya hanya mencoba untuk fokus,” pungkas Aldi.

Sumber: worldsbk/GoOto

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life21 Oktober 2024, 18:00 WIB

Bacalah 3 Doa Ini Agar Kamu Terlindung dari Orang Zalim, Yuk Amalkan

Orang yang zalim adalah individu yang melakukan tindakan ketidakadilan, kekejaman, atau penyalahgunaan kekuasaan terhadap orang lain.
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik).
Sukabumi21 Oktober 2024, 17:16 WIB

Kurir di Sukabumi Jadi Korban Pencurian, Motor dan Sekarung Paket Raib

Berikut kronologi motor dan sekarung paket dicuri saat kurir mengantarkan paket ke konsumen di Sukaraja Sukabumi, Minggu (20/10/2024).
Polisi menunjukan lokasi Asep memarkirkan sepeda motor beserta sekarung paket barang yang hilang dicuri di Sukaraja Sukabumi, Minggu (20/10/2024). (Sumber : Istimewa)
Musik21 Oktober 2024, 17:00 WIB

Ciptaan Liam Payne, Ini Lirik Terjemahan Lagu Story of My Life One Direction

Singel Story of My Life mengisahkan perjuangan mengejar seorang gadis yang berpura-pura "susah didekati". Namun kini, banyak penggemar yang mengaitkan lagu ini dengan potongan video Liam Payne semasa hidupnya.
Official Video Story of My Life One Direction, Lagu yang Diciptakan Mendiang Liam Payne. YouTube/@OneDirection
Figur21 Oktober 2024, 16:53 WIB

Fajar Riza Ul Haq, Pria Kelahiran Sukabumi yang Jadi Wakil Menteri Dikdasmen di Kabinet Presiden Prabowo

Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo.
Fajar Riza Ul Haq, Pria kelahiran Sukabumi yang jadi calon Wakil Menteri di Kabinet Prabowo. (Sumber : Screenshot YouTube/Sekretariat Presiden).
Sukabumi21 Oktober 2024, 16:42 WIB

Tawuran di Lapang Merdeka Sukabumi, Pelajar Bersajam Diamankan

Tawuran bersajam antarpelajar SMK pecah di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi. Satu pelajar berhasil diamankan.
Satu pelajar saat diamankan oleh Petugas Satpol-PP Kota Sukabumi berikut senjata tajam, Senin (21/10/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Entertainment21 Oktober 2024, 16:30 WIB

Heboh Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Gunakan Donasi Pengobatan untuk Bayar Hutang

Nama Agus Salim sedang ramai dibicarakan oleh netizen di media sosial, terutama X. Karena diduga telah menyelewengkan uang donasi untuk pengobatannya.
Agus Salim, Korban Penyiraman Air Keras Diduga Menyelewengkan Dana Donasi Rp.1,5 Milliar (Sumber : Youtube | Denny Sumargo)
Entertainment21 Oktober 2024, 16:30 WIB

Kate Cassidy Merasa Sedang Bermimpi Ditinggal Oleh Liam Payne Untuk Selamanya

Kabar meninggalnya Liam Payne sangat mengejutkan banyak orang, termasuk Kate Cassidy yang merupakan kekasih dari mantan anggota grup One Direction itu.
Kate Cassidy Merasa Sedang Bermimpi Ditinggal Oleh Liam Payne Untuk Selamanya (Sumber : Instagram/@katecass)
Food & Travel21 Oktober 2024, 16:15 WIB

Yamin Bicara Pengembangan Potensi Kopi di Desa Wisata Gunung Endut Sukabumi

Yamin menilai potensi di Desa Gunung Endut sangat baik, apalagi ketika ada kerja sama dengan pihak desa tentang tata cara pengelolaan yang baik.
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat A Yamin saat sosialisasi Perda Wisata kepada warga Desa Gunung Endut Kalapanunggal Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik21 Oktober 2024, 16:00 WIB

Mulai Dijual Hari Ini, Berikut Harga Tiket Fan Meeting Lisa BLACKPINK di Jakarta

Lisa BLACKPINK akan menggelar fan meeting pertamanya di Indonesia pada Jumat, 15 November 2024 mendatang di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta.
Mulai Dijual Hari Ini, Berikut Harga Tiket Fan Meeting Lisa BLACKPINK di Jakarta | Sumber: Instagram /@lalalisa_m
Entertainment21 Oktober 2024, 15:30 WIB

Perjalanan Karir Giring Ganesha yang Menjadi Wakil Menteri Kebudayaan

Giring Ganesha Djumaryo atau lebih dikenal Giring Nidji secara resmi ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kebudayaan Republik Indonesia dalam Kabinet Merah Putih Prabowo dan Gibran.
Perjalanan Karir Giring Ganesha yang Menjadi Wakil Menteri Kebudayaan (Sumber : Instagram/@giring)