Petinju Ryan Garcia Dipecat WBC Usai Hina Islam dan Ras Kulit Hitam

Senin 08 Juli 2024, 20:00 WIB
Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial. (Sumber : Instagram/@kingryan).

Petinju sensasional Ryan Garcia dipecat dari WBC usai lontaran bernada rasis di media sosial. (Sumber : Instagram/@kingryan).

SUKABUMIUPDATE.com - Petinju sensasional Ryan Garcia akhirnya dipecat dari World Boxing Council (WBC), usai dirinya kedapatan melontarkan serangkaian ujaran rasis dan hinaan terhadap agama Islam di media sosial.

Mengutip laman ESPN, WBC telah mengeluarkan bintang tinju Ryan Garcia dari segala aktivitas dengan organisasi tersebut setelah ia berulang kali menggunakan hinaan rasial terhadap orang kulit hitam dan meremehkan umat Muslim dalam komentarnya di media sosial.

Buntut dari ujaran rasis tersebut, Presiden WBC Mauricio Sulaiman memecat Ryan Garcia dan mengumumkan hukuman tersebut pada hari Kamis di platform media sosial X.

“Menjalankan otoritas saya sebagai presiden WBC, dengan ini saya memecat Ryan Garcia dari aktivitas apa pun dengan organisasi kami. Kami menolak segala bentuk diskriminasi. Saya mengkhawatirkan kesehatan Ryan karena dia telah menolak berbagai upaya bantuan kami terkait kesehatan mental dan penyalahgunaan zat” tulis Sulaiman.

Garcia lalu mengunggah permintaan maaf di X (dulu twitter)

"Saya hanya bercanda, saya ingin semua pembunuhan dihentikan," tulis Garcia. "Saya mencintai semua orang, maaf jika saya menyinggung Anda."

Petinju Oscar De La Hoya, yang mempromosikan Garcia, mengecam komentar Garcia dalam sebuah posting media sosial pada hari Jumat.

"Tidak ada ruang untuk kebencian atau intoleransi di perusahaan saya. Titik. Saya mengutuk keras perkataan Ryan," kata pernyataan itu. "Saya melihat bahwa dia telah meminta maaf, dan itu adalah sebuah langkah awal tetapi itu hanyalah langkah awal untuk mendapatkan kembali kepercayaan dan rasa hormat dari kami yang telah dan terus mendukungnya. Kami berharap Ryan akan menggunakan waktu yang dimilikinya di luar olahraga untuk menyelesaikan masalah yang telah dia bahas di depan publik. Kami siap membantu semampu kami."

Keluarga Garcia pun menanggapi perilaku sang petinju yang meresahkan baru-baru ini serta pernyataannya di media sosial, dengan menyatakan bahwa pernyataan tersebut "tidak sesuai dengan karakter atau keyakinannya, atau keluarga kami."

"Keluarga kami dengan tegas tidak mendukung pernyataan apa pun yang dibuat [Garcia] terkait ras atau agama -- pernyataan tersebut tidak mencerminkan siapa Ryan sebenarnya dan bagaimana ia dibesarkan," demikian bunyi pernyataan keluarga tersebut. "Mereka yang mengenal Ryan dapat membuktikan fakta ini. Ryan telah terbuka tentang perjuangannya yang berkelanjutan dengan kesehatan mental selama bertahun-tahun dan sebagai sebuah keluarga, kami berkomitmen untuk memastikan dan mendorongnya agar menerima bantuan yang diperlukan untuk melewati masa yang sangat menantang ini dan mengatasi kesejahteraannya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang."

Profil Ryan Garcia

  • Nama: Ryan Garcia
  • Julukan: The Flash atau King Ryan
  • Lahir: 8 Agustus 1998 (usia 25 tahun) di Victorville, California
  • Divisi: Kelas ringan, Kelas welter ringan, Kelas bulu super
  • Gaya Bertinju: Agresif, Cepat,dan Energik

Ryan Garcia, lahir di Victorville, California, dia saat ini tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat. Ia adalah mantan juara kelas ringan sementara WBC dan salah satu talenta muda terbaik di dunia tinju.

Memiliki wajah rupawan sebagai petinju, Ryan Garcia juga termasuk salah satu petinju paling populer di media sosial, dengan lebih dari 10 juta pengikut di Instagram.

Ia telah memenangkan enam dari tujuh pertarungan terakhirnya sebelum ia menderita kekalahan KO ronde ketujuh dari Gervonta Davis pada bulan April 2022.

Namun tahun ini merupakan tahun yang penuh gejolak bagi Garcia, selain kasus rasial ini, sebelumnya ia ditangkap atas tuduhan vandalisme berat bulan lalu setelah sebuah hotel di Beverly Hills menuduhnya menyebabkan kerugian sekitar $15.000.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment06 Oktober 2024, 18:00 WIB

Member ada Dipinggir, Foto Nagita Slavina bersama 2NE1 Menuai Kritikan

Nagita Slavina tengah mendapat kritikan dari penggemar 2NE1 yang disebut Blackjack begitu mengunggah foto dirinya bersama keempat member girl grup YG Entertainment usai konser.
Member ada Dipinggir, Foto Nagita Slavina bersama 2NE1 Menuai Kritikan (Sumber : Instagram/@xolovelyayana)
Science06 Oktober 2024, 17:25 WIB

Mengapa Kereta Api Tidak Bisa Berhenti Mendadak? Ini Jawabannya

Berikut penjelasan teknis dari PT KAI terkait alasan mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak.
PT KAI jelaskan alasan mengapa kereta api tidak bisa berhenti mendadak. (Sumber Foto: Ilustrasi/PT KAI)
Musik06 Oktober 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andiri, Kisah Pilu Pasangan Kekasih yang Harus Berpisah

Sukses dengan lagu Kupu-Kupu, Tiara Andiri kembali merilis single terbaru berjudul Bukan Untukku yang dirilis pada Jumat, 4 September 2024.
Lirik Lagu Bukan Untukku Tiara Andiri, Kisah Pilu Pasangan Kekasih yang Harus Berpisah (Sumber : Youtube | Tiara Andini)
Sukabumi06 Oktober 2024, 16:47 WIB

Diduga Lecehkan 6 Santriwati, Pengurus Yayasan di Curugkembar Sukabumi Dipolisikan

Modus pelecehan seksual 6 santriwati di Curugkembar Sukabumi ini dengan dalih membersihkan badan korban dari gangguan siluman.
(Foto Ilustrasi) Enam santriwati di Curugkembar Sukabumi diduga jadi korban pelecehan seksual oknum pengurus yayasan Ponpes. | Foto: Pixabay
Entertainment06 Oktober 2024, 16:00 WIB

Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru

Menjelang persidangan yang melibatkan Sean ‘Diddy’ Combs, seorang hakim baru diumumkan untuk memimpin kasus dugaan perdagangan seks yang dilakukan oleh rapper pemilik Bad Boy Entertainment itu.
Menjelang Persidangan, Kasus Sean 'Diddy' Combs Dialihkan ke Hakim Baru (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:45 WIB

Jalan Sehat di Nagrak Sukabumi, Cagub Jeje Pastikan Isu Kesehatan & Pendidikan Jadi Perhatian

Jeje Wiradinata menyebut bahwa kedua isu akan jadi perhatian serius dengan pemerintah Sukabumi jika dirinya terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat mengikuti jalan sehat di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber Foto: SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:26 WIB

Mulai di Karamat! Merangkul Sukabumi Bagi Susu hingga Internet Gratis, Juga Kenalkan Program Fahmi-Dida

Merangkul Warga edisi Karamat dilaksanakan di wilayah RW 04.
Kegiatan Merangkul Warga di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Sabtu, 5 Oktober 2024. | Foto: Tim Fahmi-Dida
Sukabumi Memilih06 Oktober 2024, 15:04 WIB

Dukung Pemekaran Sukabumi Utara Demi Kesejahteraan Rakyat, Cagub Jeje: Terbukti di Pangandaran

Kampanye di Nagrak, Cagub Jabar nomor urut 2 Jeje Wiradinata dukung pemekaran Sukabumi Utara, siap jadi pengampu jika resmi dimekarkan.
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Jeje Wiradinata saat berkampanye di Lapangan Sepak Bola Sangkuriang Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (6/10/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment06 Oktober 2024, 15:00 WIB

Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen

Nama Gus Zizan saat ini tengah menjadi sorotan netizen usai ia memposting foto dirinya yang menikah dengan influencer, Kamila Asy Syifa di instagram pada Jumat, 4 Oktober 2024.
Gus Zizan Menikah dengan Influencer Berusia 16 Tahun Tuai Kegeraman Netizen (Sumber : Instagram/@zannnsrn)
Nasional06 Oktober 2024, 14:07 WIB

Alasan Pemindahan ASN ke IKN Kembali Ditunda: Jokowi Minta Semua Perkantoran dan Hunian Siap

Menteri Basuki beberkan alasan pemindahan ASN ke IKN pada September ditunda lagi. Presiden Jokowi minta semua perkantoran dan hunian siap.
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan terkait perpindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), kepada media usai meresmikan Flyover Djuanda, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024). (Sumber Foto : Setkab.go.id)