Menanti Laga Sang Legenda Tinju Dunia Mike Tyson "Malik Abdul Aziz"

Minggu 30 Juni 2024, 11:22 WIB
Duel Mike Tyson dan Jake Paul di bulan november 2024 | Foto : Ist

Duel Mike Tyson dan Jake Paul di bulan november 2024 | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Michael Gerard Tyson, yang lebih dikenal sebagai Mike Tyson, lahir pada 30 Juni 1966, adalah seorang mantan juara dunia dan petinju profesional asal Amerika Serikat.

Tyson, yang berkompetisi dari tahun 1985 hingga 2005, dikenal dengan julukan "Iron Mike" dan "Kid Dynamite" di awal kariernya, serta kemudian sebagai "The Baddest Man on the Planet". Ia dianggap sebagai salah satu petinju kelas berat terhebat sepanjang masa.

Mengutip dari tempo.co, Mike Tyson mengungkapkan bahwa ia telah memeluk agama Islam. Meskipun terlahir sebagai seorang Kristen, Tyson, seperti idolanya Muhammad Ali, memilih untuk menjadi seorang Muslim saat ia sedang di penjara. Tyson menjadi mualaf pada awal 1990-an saat ia sudah tidak aktif di dunia tinju, dan ia pun memiliki nama sebagai muslim, yaitu Malik Abdul Aziz.

Dalam sebuah wawancara setelah dibebaskan dari penjara, Tyson mengaku sangat tersentuh setelah membaca buku-buku tentang Islam dan memutuskan untuk menjadi seorang Muslim karena ia melihat Islam sebagai agama yang damai.

Kehidupan Baru dan Keyakinan

Tyson pernah muncul dalam acara 'Full Send Podcast' yang dibawakan oleh grup YouTube terkenal NELK Boys. Dalam podcast tersebut, Tyson berbicara tentang agamanya dan cara hidupnya yang baru.

"Saya memiliki karakteristik dari banyak agama, tapi saya seorang Muslim. Seseorang mungkin berpikir jika saya berbicara bahasa Yiddish atau bahasa Arab, seseorang mungkin berpikir saya adalah salah satu dari keduanya. Tapi, saya mencintai Tuhan. Saya lebih banyak berdoa daripada yang bisa saya lakukan. Keyakinan saya adalah kepada Tuhan dan ketika saya mati, saya akan mati sebagai seorang Muslim, itulah diri saya sebagai manusia," kata Tyson seperti dikutip dari tempo.co.

Ketika ditanya apakah dia mengikuti kebiasaan dan ibadah yang biasa dilakukan umat Islam, Tyson mengungkapkan, "Ya, tapi saya adalah salah satu Muslim malas yang selalu menunda segala sesuatu termasuk beribadah karena saya selalu bekerja." Tyson menjelaskan bahwa meskipun dia adalah seorang Muslim yang 'malas', dia tetap mengabdikan dirinya untuk agamanya.

Karier dan Kehidupan Pribadi

Tyson lahir di Bronx, New York City, dan dikenal sebagai salah satu petinju paling ditakuti karena kebrutalannya. Dia keluar masuk penjara anak-anak dan dikeluarkan dari sekolah sebelum akhirnya ditarik oleh pelatih tinju terkenal, Cus D'Amato, yang melihat potensi besar dalam dirinya.

Karier tinju Tyson dimulai dari tinju amatir sebelum beralih ke tinju profesional. Debut profesionalnya pada 6 Maret 1985 di Albany, New York, berakhir dengan kemenangan di ronde pertama. Tyson kemudian memenangkan 15 pertandingan lagi di tahun yang sama, semuanya dengan KO.

Pada tahun 1986, Tyson memperoleh gelar juara dunia kelas berat termuda pada usia 20 setelah mengalahkan Trevor Berbick. Tahun-tahun berikutnya diisi dengan berbagai kemenangan spektakuler dan juga sejumlah kontroversi dan masalah pribadi, termasuk pernikahan yang berantakan dan dugaan penipuan kontrak.

Penurunan Karier dan Kehidupan Setelah Tinju

Pada tahun 1990, Tyson kehilangan gelar juaranya setelah dikalahkan oleh James 'Buster' Douglas. Kehidupan pribadinya yang kacau mempengaruhi performanya di atas ring. Setelah kembali dari penjara pada tahun 1995, Tyson memenangkan beberapa gelar juara lagi, tetapi kekalahannya dari Evander Holyfield pada tahun 1996 dan 1997 (termasuk insiden menggigit telinga Holyfield) menandai penurunan signifikan dalam kariernya.

Pada awal 2000-an, Tyson berjuang dengan masalah keuangan dan hukum, serta beberapa kekalahan di ring. Pada tahun 2003, dia dinyatakan bangkrut dan pada tahun 2005, Tyson memutuskan untuk pensiun dari dunia tinju setelah kalah dari Kevin McBride.

Baca Juga: Pusat Data Nasional Diretas, PUI Sebut Malapetaka yang Mengancam Integritas Bangsa

Kehidupan Setelah Pensiun

Meskipun Tyson menyatakan dirinya sebagai seorang Muslim yang 'malas', dia menunjukkan dedikasinya kepada agamanya melalui berbagai cara, termasuk doa dan refleksi spiritual. Tyson kini menjalani hidup dengan lebih fokus pada keluarganya dan menjalani hidup yang lebih tenang dibandingkan masa-masa puncak kariernya yang penuh dengan kontroversi dan kekerasan.

Mike Tyson telah menjalani perjalanan hidup yang penuh liku, dari kejayaan di ring tinju hingga pencarian kedamaian spiritual dalam Islam. Transformasi ini menunjukkan bagaimana seseorang dapat berubah dan menemukan kedamaian di tengah kekacauan hidupnya.

Menantikan Pertarungan Kembali

Mike Tyson dikabarkan akan kembali terjun ke ring tinju di usianya yang sudah mulai senja (58 tahun). Mike Tyson akan berduel dengan Jake Paul awalnya dijadwalkan digelar pada 20 Juli 2024 mendatang di Texas. Namun, duel tinju itu harus ditunda karena masalah medis yang dialami Mike Tyson. Meski begitu, laga tersebut akan tetap terjadi hanya saja perlu dijadwalkan ulang

Jake Paul merasa ragu bahwa pertarungan dengan Mike Tyson kemungkinan tidak akan pernah terjadi, meski banyak orang menanti laga tersebut. Jake Paul menilai pertarungan melawan legendaris tinju Mike Tyson bisa jadi batal setelah masalah kesehatan yang menyebabkan pertarungan diundur ke November. 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor02 Juli 2024, 12:00 WIB

10 Penyebab Motor Injeksi Mati Saat Digas dan Bagaimana Solusi Mengatasinya

Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin.
Ilustrasi - Jika motor injeksi Anda tiba-tiba mati saat digas, jangan panik. Segera menepi ke tempat yang aman dan matikan mesin. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Aplikasi02 Juli 2024, 11:58 WIB

Perketat Pengamanan Rumah dengan Sensor Motion Berbasis Android

Perancangan sistem kamera pengawas memanfaatkan teknologi wireless yang memungkinkan diakses jarak jauh, dimanapun dan kapanpun oleh pemilik rumah.
Ilustrasi sensor motion (Sumber: freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:45 WIB

Pemula Wajib Tahu, 5 Tips Aman Solo Travelling Untuk Liburan Nanti

Tips solo traveling adalah panduan yang sangat berharga bagi mereka yang ingin menjelajahi dunia sendirian tanpa kekhawatiran berlebihan.
Ilustrasi. Tips Liburan Sendirian, Solo Traveling Lebih Tenang! (Sumber : pixabay.com/@OvidiuNegrea)
Sukabumi02 Juli 2024, 11:41 WIB

Hujan Picu Banjir Luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, Tiga Rumah Terendam

Tiga rumah terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi, tiga belas warga terdampak. Bencana alam ini dipicu hujan deras dengan durasi lama.
Kondisi rumah yang terendam banjir luapan Sungai Cimunjul di Ciambar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life02 Juli 2024, 11:30 WIB

Pusing Anak Laki-laki Tidak Mau Diam dan Sulit Diatur? Atasi dengan 10 Cara Ini!

Tetapkan aturan yang jelas dan rutinitas harian agar anak lebih tertib. Anak-anak cenderung merasa lebih aman dan tahu apa yang diharapkan ketika ada struktur yang konsisten.
Ilustrasi. Cara Mengatasi Anak Laki-laki yang Sulit Diatur dan Tidak Mau Diam (Sumber : Freepik/@freepik)
Food & Travel02 Juli 2024, 11:15 WIB

Yuk Simak, 7 Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga

Merencanakan liburan saat mudik membutuhkan persiapan yang matang agar perjalanan bersama keluarga tetap nyaman dan menyenangkan.
Ilustrasi Tips Liburan Seru dan Aman Bersama Keluarga (Sumber : Pixabay.com/@labwan22)
Sehat02 Juli 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Latihan Plank Rutin Saat Olahraga, Bakar Kalori Perut Anti Buncit!

Anti Buncit! Plank cukup populer karena manfaat kesehatannya untuk membakar lemak perut.
Ilustrasi. Manfaat Latihan Plank Rutin Saat Olahraga, Bakar Kalori Perut Anti Buncit! (Sumber : Pexels/ElinaFairytale)
Sukabumi02 Juli 2024, 10:55 WIB

Viral Paduan Suara Siswa SMK di Sukabumi Nyanyikan Lagu Sunda 'Jang', Ini Pesan di Baliknya

Paduan Suara Siswa SMK Terpadu 2 Yaspida Sukabumi yang menyanyikan lagu sunda berjudul Jang tengah viral di media sosial.
Tangkapan layar video viral paduan Suara Siswa SMK Terpadu 2 Yaspida Sukabumi yang tuai pujian saat membawakan lagu sunda 'Jang'. (Sumber : Akun TikTok kodam993)
Life02 Juli 2024, 10:45 WIB

6 Tips Liburan Bersama Bayi yang Perlu Diketahui Para Orang Tua

Saat merencanakan liburan bersama bayi, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan menyenangkan.
Ilustrasi Liburan Bersama Bayi yang Perlu Orang Tua Ketahui (Sumber : pixabay.com/@clow23)
Life02 Juli 2024, 10:30 WIB

Karakter Negatif Pada Anak: Ciri, Dampak & Cara Mengatasinya

Karakter Negatif yang Harus Dihindari Anak-anak perlu diidentifikasi sejak dini seperti apa cirinya dan bagaimana dampaknya. Hal ini berguna untuk mencari solusi cara mengatasinya sebelum terlambat.
Ilustrasi. Ciri-ciri Karakter Negatif yang Harus Dihindari Anak-anak (Sumber : Freepik/@freepik)