Diperkuat Atlet Sukabumi, Hoki Indoor Putra Indonesia Rebut Emas SEA Games 2023

Senin 08 Mei 2023, 11:23 WIB
Timnas Hoki Putra Indonesia jelang laga final SEA Games 2023 (Sumber :dok FHIIndonesia)

Timnas Hoki Putra Indonesia jelang laga final SEA Games 2023 (Sumber :dok FHIIndonesia)

SUKABUMIUPDATE.com - Muhammad Alfiana atlet kebanggaan Kota Sukabumi JAwa Barat bersama skuad timnas Hoki Indoor Putra mencatat sejarah dengan merebut medali emas SEA Games 2023. Di laga final yang berlangsung di Dinosaur Park Hall, Phnom Penh, Kamboja, Minggu, 7 Mei 2023, Alfiana dan kawan-kawan membungkam tim malaysia.

Melansir antara dari tempo.co, Indonesia mengalahkan Negeri Jiran melalui penalty shoot-out (semacam adu penalti dalam sepak bola) dengan skor 2-1 setelah pada babak reguler bermain imbang 3-3.

Ini menjadi medali emas pertama bagi Indonesia dalam sejarah keikutsertaan di SEA Games. Sebelumnya, medali terbaik yang pernah diraih adalah perak pada 2017, saat cabang ini mulai dipertandingan. Sedangkan pada 2019, Indonesia gagal meraih medali.

Pertandingan final Indonesia melawan Malaysia berlangsung sengit sejak awal. Skuad Merah Putih menurunkan lima pemain yakni Chandra Prawesti, Prima Santoso, Alam Fajar, Revo Prilliando, Muhamad Alfiana, dan Andrea Guntara. Sedangkan Malaysia hadir dengan line-up Firdaus Omar, Muhamad Azhar, Khaliq Hamirin, Faridzul Mohd, dan Khairul Kamaruzaman.
Games 2023

Kedua tim bermain ngotot sejak peluit dibunyikan. Indonesia tertinggal lebih dulu melalui tiga gol beruntun Malaysia. Hebatnya, Firdaus dan kawan-kawan berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan yang membuat pertandingan berlanjut ke babak penalty shoot-out.

Skuad Merah Putih tampaknya belajar dari kekalahan 2-3 melawan Malaysia, kemarin, dalam laga perebutan puncak klasemen. Lebih dari itu, kemenangan ini juga sekaligus meruntuhkan dominasi Malaysia yang sejak hoki indoor dipertandingkan pada SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia selalu meraih medali emas pada sektor putra.

Baca Juga: Rashif Amila, Atlet Asal Jabar Sumbang Emas Pertama Bagi Indonesia di SEA Games 2023

Sebelumnya asisten pelatih timnas hoki Indoor putra Indonesia Irwan Hermawan mengatakan Malaysia memang tim kuat. "Kekuatan Malaysia cukup merata, namun kami mendapat keuntungan karena empat pemain Malaysia termasuk kapten tim yang di Asia Cup 2022 absen karena ditarik mempersiapkan diri tim hoki outdoor mereka untuk Asian Games 2023," kata Irwan.

Pada SEA Games 2023, Indonesia tampil apik sejak awal. Pada babak penyisihan Indonesia mengantongi empat kemenangan. Pada awal laga Senin (1 Mei), Prima dan kawan-kawan menang atas Singapura dengan skor 7-0. Sehari setelahnya mengalahkan Thailand dengan skor 3-0.

Lalu Indonesia menang telak atas Filipina 20-0 pada Rabu (3 Mei). Lanjut menang atas tuan rumah Kamboja dengan skor 6-1 sehari setelahnya. Pada babak penyisihan, Indonesia hanya kalah dari Malaysia dengan skor 2-3. Hasil tersebut membuat Indonesia melaju ke final dengan status runner-up.

Skuad timnas hoki indoor putra Indonesia untuk SEA Games 2023Skuad timnas hoki indoor putra Indonesia untuk SEA Games 2023

Namun skuad asuhan Dharma Raj membalasnya di partai puncak sekaligus memastikan medali emas.

Kota Sukabumi Bangga

Kota Sukabumi dipilih Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) sebagai tuan rumah pelatnas timnas jelang Piala Asia 2022. Dalam daftar pelatnas timnas Hoki Indoor ini, ada nama Muhammad Alfiana sebagai atlet kebanggaan Kota Sukabumi.

Seperti diketahui Timnas Hoki Indoor Indonesia menuju Piala Asia 2022 di Thailand pada tanggal 8 – 15 Agustus 2022 mendatang. Saat ini timnas tengah mempersiapkan diri, salah satunya menggelar pelatnas di Kota Sukabumi.

Pelatih timnas asal Malaysia, Dharma Raj Abdullah, yang ditemui di sela-sela latihan pada hari Selasa, 5 Juli 2022, di GOR Merdeka mengatakan untuk Piala Asia, Indonesia akan menurunkan tim putra dan putri. Pelatnas ini melibatkan 15 orang atlet hoki putri, dan 12 orang atlet hoki putra, yang salah satunya berasal dari Kota Sukabumi yakni Muhammad Alfiana.

Sumber: Tempo.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel20 September 2024, 06:00 WIB

Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah

Bolu kukus sering dijadikan camilan atau hidangan penutup, dan disukai oleh berbagai kalangan karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang enak serta tekstur yang lembut.
Ilustrasi. Resep Bolu Kukus Sederhana, Camilan Simpel untuk Keluarga di Rumah. (Sumber : Pixabay/Steward Masweneng)
Science20 September 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 September 2024, Langit Cenderung Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca berawan pada 20 September 2024. | Foto: SU/Dede
Inspirasi20 September 2024, 01:10 WIB

Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Peringatan Maulid Nabi SAW yang rutin diadakan setiap tahun dalam realitasnya belum sepenuhnya mampu mengubah perilaku keagamaan
Refleksi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW | Foto : Pixabay
Sukabumi20 September 2024, 00:27 WIB

Terbang ke Aceh, Sekda Ade Beri Dukungan ke Atlet PON XXI Asal Kabupaten Sukabumi

Sekretaris Daerah, Ade Suryaman, bersama sejumlah pejabat Pemkab Sukabumi terbang ke Aceh untuk memberikan dukungan kepada para atlet asal Kabupaten Sukabumi yang bertanding di PON XXI
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman dan jajaran saat bertemu para atlet asal Kabupaten Sukabumi di PON XXI di Aceh | Foto : Dokpim
Sukabumi19 September 2024, 23:23 WIB

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Sabet Penghargaan Wonderful Indonesia Impact Kemenparekraf

Enam desa wisata terbaik mendapat penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf bekerja sama dengan MCorp. Salah satunya adalah Desa Wisata Hanjeli, Kabupaten Sukabumi
Asep Hidayat saat menerima Penghargaan Wonderful Indonesia Impact dari Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Kamis (19/9/20204) | Foto : Istimewa
Sukabumi19 September 2024, 21:47 WIB

Sepakat Damai Cabut Laporan Usai Bentrok, PP dan Garis Sukabumi Saling Memaafkan

Pasca insiden yang melibatkan dua kelompok ormas PP Kota Sukabumi dan ormas Garis Sukabumi Raya pada Jumat 13 September 2024 lalu, kedua belah pihak bersepakat untuk islah atau berdamai.
Para Pimpinan kedua ormas usai tandatangani nota perdamaian di MWC Pemuda Pancasila (PP) Kota Sukabumi. Kamis (19/9/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi19 September 2024, 21:18 WIB

Puluhan Perahu Wisata Terparkir Sepi Imbas Keringnya Curug Cikaso Sukabumi

Puluhan perahu angkutan wisata yang biasa mengantar jemput wisatawan ke Curug Cikaso kini terparkir sepi di dermaga apung Sungai Cikaso, Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.
Puluhan perahu wisata terparkir di sungai cikaso imbas keringany curug Cikaso di Sukabum | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:58 WIB

KPU Kabupaten Sukabumi Tetapkan DPT Pilkada 2024, Terjadi Penurunan Jumlah Pemilih

Jumlah DPT Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 terdiri dari 1.001.764 pemilih laki-laki dan 981.642 perempuan.
Rapat pleno terbuka rekapitulasi DPSHP dan penetapan DPT yang diselenggarakan KPU Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi19 September 2024, 20:42 WIB

Tepergok Curi Helm, Pria Cianjur Babak Belur Diamuk Massa di Dago Sukabumi

Berikut kronologi pria Cianjur nyaris tewas diamuk massa di Dago Sukabumi karena tepergok curi helm.
Tangkapan layar video viral pria babak belur diamuk massa karena tepergok curi helm di Dago Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih19 September 2024, 20:40 WIB

Panwaslu Sukaraja Sosialisasi Netralitas ASN, TNI/Polri dan Perangkat Desa di Pilkada Sukabumi

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, Polri, Kepala Desa, dan perangkat desa dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sukaraja saat melakukan sosialisasi netralitas ASN, TNI/Polri dan Aparat Desa, Kamis (19/9/2024) | Foto : SU