Minggu, 24 September 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sukabumi

Polisi Tangkap Pembunuhan Sadis Egi Adi Wiguna Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi
Lapar Tak Ada Nasi, Bayi di Nyalindung Kabupaten Sukabumi Dilempar Ayah Kandung ke Tungku Api
Sadis, Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi Tewas Penuh Luka Tusuk
Dianiaya, Pemuda Asal Tipar Kota Sukabumi Tewas Mengenaskan
Ini Kronologi Penganiayaan Warga Tipar Kota Sukabumi Hingga Tewas
Mengaku Kesal Sering Dipalak, Kakak Beradik Ini Bunuh Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi
Biadab, Bapak Bejad Asal Warungkiara Kabupaten Sukabumi Tega Gagahi Dua Anak Kandung Sejak Kelas IV SD Hingga Melahirkan
Lagi, Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi Telan Korban Jiwa
Mengamuk dan Merusak, Satu Diamankan Tiga Orang Lainnya Dalam Pencarian Polresta Sukabumi
Pelaku Pembuangan Bayi Laki-laki Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Ternyata Siswi SMK


Yuk Baca Buku Digital di PerpuSeru Kelurahan Citamiang Kota Sukabumi

Senin, 17 Juli 2017 - 15:47:46 WIB


Yuk Baca Buku Digital di PerpuSeru Kelurahan Citamiang Kota Sukabumi
© Herry Febrianto
Suasana ruangan PerpuSeru di lantai 2 Kantor Kelurahan Citamiang.

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat Kelurahan Citamiang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat, saat ini tidak perlu bingung untuk mencari referensi atau membaca buku, pasalnya sudah tersedia Perpustakaan Seru (PerpuSeru) lengkap dengan koneksi jaringan internet.

Fasilitas PerpuSeru berada di lantai dua Kantor Kelurahan Citamiang, terdapat tiga perangkat komputer yang bisa digunakan masyarakat secara gratis untuk membaca buku secara online melalui aplikasi Pustaka Digital (PaDI). 

"PerpuSera ini baru dibuka beberapa bulan, warga bisa datang langsung ke kantor kelurahan dari hari Senin hingga Jumat yang dibuka dari pukul 7.30-12.00 WIB," ujar Lurah Citamiang Yedi Mogalana kepada sukabumiupdate.com, Senin (17/7).

BACA JUGA: Per Hari, 400 Warga Sukabumi Kunjungi Perpustakaan

Program PerpuSeru ini didukung oleh Coca Cola Foundation Indonesia dan Bill&Gates Foundation, bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan kegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

"Perangkat komputer yang ada merupakan sumbangan langsung pihak Coca Cola Foundation Indonesia, sedangkan koneksi internet berasal dari PT Telkom," jelas Yedi.

Selain Kelurahan Citamiang, ada beberapa kelurahan di Kota Sukabumi yang memiliki layanan PerpuSeru seperti Kelurahan Cisarua di Kecamatan Cikole, Kelurahan/Kecamatan Warudoyong.  

"Perpuseru ini dikelola langsung oleh petugas dari Kader PKK dan Karang Taruna yang telah mengikuti pelatihan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, sehingga sama sekali tidak melibatkan pegawai kelurahan," katanya.

BACA JUGA: Belajar di Perpustakaan Insan Kamil Desa Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Bonus Makan Bakso

Diungkapkan Yedi, meski tidak membuka member namun siapa saja bisa menggunakan fasilitas yang ada di Perpuseru. Bahkan saat ini di Kelurahan Citamiang, terdapat 200 anak minat baca yang dikelola langsung oleh Karang Taruna.

"Jadi perpustakaan tidak identik lagi dengan deretan buku, tetapi bisa mengakses langsung aplikasi PaDI untuk membaca berbagai jenis buku bacaan dari mulai anak-anak, ilmu pengetahuan hingga novel," pungkas Yedi.

Redaktur: HERRY FEBRIANTO
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar