Jumat, 20 Oktober 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Keluarga

Bawang Putih Efektif Sembuhkan Impotensi, Ini Pengakuan Warga Sukabumi
Wanita Sukabumi Wajib Tahu 10 Fakta Selingkuh Ini
Yava Cafe Cicurug, Menikmati Kopi dalam Ruang Multi Konsep
Salah Kaprah tentang Berendam di Air Belerang
Nama yang Paling Banyak Dipilih untuk Bayi Lelaki Sepanjang 2017
Korban Kosmetik Ilegal Serukan Kewaspadaan Pada Konsumen
Berhijab Bukan Penghalang untuk Tampil Modis dalam Balutan Busana Kerja
Hijabers Mom Community Sukabumi, Together We Share and Care
Wali Kota: Masyarakat Kota Sukabumi Hobi Belanja
Mengenal Ricin, Racun Dahsyat Pembunuh Kim Jong-nam


Waspadai Kanker Lidah, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Selasa, 08 Agustus 2017 - 16:38:43 WIB


Waspadai Kanker Lidah, Kenali Penyebab dan Gejalanya
© slim232.com
Ilustrsi Dokter sedang memeriksa seorang pasien kanker lidah.

SUKABUMIUPDATE.com - Kanker lidah adalah jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel lidah. Kanker lidah paling sering tumbuh dan berkembang pada sel-sel skuamosa yang ada di permukaan lidah.

Dokter Speliasis THT (Telinga, hidung, tenggorokan) dari Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati, Sri Susilawati, menjelaskan, kanker lidah adalah tumor ganas yang tumbuh di lidah, baik di ujung lidah maupun di pangkal lidah yang sukar dilihat.

Seperti kanker yang lainnya, kanker lidah pun belum diketahui pasti penyebabnya. "Tetapi ada yang menyebutkan salah satu pemicunya adalah tembakau (rokok)," kata Sri kepada Tempo, Selasa (8/8/2017).

Menurut Sri, gejala kanker biasanya ditandai dengan munculnya benjolan di lidah yang terkadang disertai luka di permukaannya, sehingga menimbulkan rasa nyeri. "Benjolan tersebut dapat bertambah besar," ujarnya. 

Namun, Sri melanjutkan, pada keadaan lanjut gerakan lidah juga terganggu sehingga penderitanya sulit berbicara. "Pada keadaan lebih lanjut lagi kanker bisa menyebar ke daerah sekitarnya dan bisa timbul benjolan di kelenjar getah bening leher," kata dia.

Adapun, menurut Ketua Perhimpunan Ahli THT-KL( telinga, hidung, tenggorokan-kepala, leher) Soekirman Soekin, mengatakan, kanker lidah adalah kanker pada sel skuamosa lidah yang dikenal dengan carcinoma lidah. "Penyebabnya diduga terkait dengan tembakau dan alkohol," kata Soekirman.

Menurutnya, gejala kanker lidah pada saat awal yakni seperti sariawan yang tak sembuh-sembuh, rasa nyeri, dan terkadang berdarah tanpa sebab. "Gejala lain bisa seperti lidah terasa kaku, gangguan berbicara, nyeri menelan yang terus menerus," ujarnya.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar