close [x]
Kamis, 19 Januari 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Wanita Sukabumi Wajib Tahu, Amankah Ngenet Saat Hamil?

Kamis, 17 November 2016 - 05:23:20 WIB


Wanita Sukabumi Wajib Tahu, Amankah Ngenet Saat Hamil?
© Istimewa
Ilustrasi.

SUKABUMIUPDATE.COM - Tidak bisa dipungkiri lagi, semua orang menyadari, internet bukanlah sesuatu yang asing di lingkungannya. Dari mulai anak kecil, remaja, dewasa, hingga orang tua pun tahu internet, walaupun tidak sampai mendalami. Tetapi di zaman sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Bahkan setiap hari jutaan orang online, walaupun mungkin cuma via handphone.

Untuk para pemula, awalnya mereka baru kenal pencarian gambar. Lama kelamaan mereka juga tahu caranya mencari artikel. Kemudian download lagu, video, software, dll. Lebih lama mengenal internet, mereka tahu upload, bahkan sampai mafhum caranya membuat blog atau situs.

Bahkan saat ini, sudah banyak kaum wanita yang mulai aktif berbisnis lewat internet. Aktivitas apapun seperti belanja kebutuhan sehari-hari, semua sudah bisa dilakukan via internet.

Nah, saking besarnya manfaat internet, dengan disertai berbagai macam kemudahan dalam mengope­rasikannya, telah membuat banyak orang lupa waktu. Mereka bahkan rela berjam-jam duduk di depan PC atau laptop untuk menjalankan roda bisnisnya, atau sekadar update status di friendster, facebook, myspace, plurk dll.

Wah... Wah, dampak dari internet memang luar biasa, ya? Karena saking asyiknya ber-surfing ria di dunia maya, banyak orang jadi lupa waktu belajar, ibadah, bahkan waktu makan pun sampai lupa. 

Lantas, adakah risikonya jika seorang wanita yang tengah mengandung menghabiskan waktu berjam-jam untuk online?

Jangan Lupa Diri

Pada zaman sekarang, wanita hamil tidak dapat dipisahkan dengan rutinitas kerja sehari-hari. Bagi wanita yang sedang hamil, penggunaan gadget kerja seperti PC atau laptop sudah tidak dapat dipisahkan. Banyak yang mempertanyakan efek komputer atau laptop terhadap ibu hamil.

Memang kaitan komputer yang digunakan oleh wanita hamil telah diteliti selama bertahun-tahun. Secara khusus, penelitian dilakukan melihat penga­ruh medan elektromagnetik dan risiko keguguran.

Kesimpulannya adalah bahwa duduk di depan komputer ditemukan tidak meningkatkan risiko keguguran atau menyebabkan cacat lahir.

Tapi tentu saja, duduk berjam-jam saat hamil tidak baik untuk sirkulasi darah dan fungsi tubuh. Untuk menjaga darah terus bergerak, dianjurkan untuk bangun dan berjalan setiap jam atau lebih sambil meregangkan badan. Duduk di depan komputer sepanjang hari saat hamil justru dapat menyebabkan sakit pinggang.

Komputer desktop tidak akan menyakiti ibu hamil jika digunakan secara wajar, tapi bagaimana dengan laptop. Perangkat ini menghasilkan banyak panas dan kebanyakan ibu menggunakan laptop dengan menaruhnya di perut. Padahal embrio berkembang dalam perut sebaiknya tidak perlu menanggung risiko tersebut.

Para peneliti meyakinkan bahwa semua perangkat elektronik memancarkan radiasi tingkat rendah yang berada di ambang batas toleransi. Tetapi tentu lebih bijak jika Anda tidak melakukannya terlalu dekat dengan janin Anda. 

Potensi Bahaya

Potensi bahaya justru pada panas. Jika dipakai secara terus menerus, laptop akan mengeluarkan panas. Terutama baterai laptop. Dan itu tidak baik jika berada di anggota badan Anda. Juga Kebanyakan ibu menggunakan laptop lebih dari 8 jam karena digunakan untuk internet. Dengan kelengkapan internet wireless yang menggunakan sinyal radio semakin membuat betah para bumil di depan laptop. Faktanya, laptop dan internet wireless tidak akan merusak Anda. karena Internet nirkabel hanya sinyal radio.

Hmmm... Anda saja yang putuskan, ya? dari berbagai sumber

Reporter: Bagea Awi Dan Heni/Kontributor
Redaktur: ANISA SITI RIZKIA
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Heri Gunawan Tantang BUMD Bangun Jalan Tol Bogor-Cianjur-Sukabumi
Promoted Content

Heri Gunawan Tantang BUMD Bangun Jalan Tol Bogor-Cianjur-Sukabumi