Selasa, 26 September 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Mereka

Gadis Skuad Timnas Asal Kabupaten Sukabumi: Ingin Obati Mata Ayah Agar Bisa Nonton Saya Main Sepak Bola
10 Pertanyaan untuk Warga Sukabumi yang Diduga Menistakan AlQuran
Mang Dedi: Orang Sukabumi Jangan Bicara Budaya Sunda, Benerkeun Heula Basa Sapopoe
Puri adalah Puri. Pewaris Darah Seni Uyan Asmi
Pebola Wanita Asal Kabupaten Sukabumi Ini, Ditinggal Ayah Saat Ia Terpilih Memperkuat Timnas
Mak Dini Turun Gunung, Pimpin LSM Kompak Kabupaten Sukabumi
Berpuasa di Negeri Orang, Gadis Kota Sukabumi Melawan Rasa Kangen
Kabupaten Tasikmalaya Mandiri di Tangan Santri
Ajengan Genteng, Teman Diskusi Bung Karno dan Guru dari Ki Hajar Dewantara
Dari Cibatu Menuju Bisnis Travel Wisata


Tumbuhkan Minat Baca, Komunitas Pencinta Buku Lentera Kabupaten Sukabumi Buka Taman Baca Gratis

Minggu, 10 September 2017 - 21:19:20 WIB


Tumbuhkan Minat Baca, Komunitas Pencinta Buku Lentera Kabupaten Sukabumi Buka Taman Baca Gratis
© Nandi
Aktivitas di taman membaca Gratis, Jalan Pangsor Gunung butak, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.com - Komunitas pencinta buku bernama Lentera menggelar taman membaca Gratis  di Jalan Pangsor Gunung butak, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat, Minggu (10/9/2017).

Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan minat masyarakat agar gemar membaca buku khusunya anak-anak yang cenderung mulai beralih ke Media Sosial (Medsos).

Salah seorang penggiat buku, Ayu Srirahayu (20 tahun) mengatakan, komunitas baca Lentera dibuka bertujuan untuk memberikan fasilitas belajar bagi anak-anak dan masyarakat, terlebih saat ini kemajuan teknologi semakin pesat, selain membawa dampak positif, juga bisa membawa dampak negatif bila tidak diawasi, dan dikendalikan dengan baik.

BACA JUGA: Yuk Baca Buku Digital di PerpuSeru Kelurahan Citamiang Kota Sukabumi

"Ide ini lahir lantaran prihatin melihat kondisi saat ini, minat baca khusus nya anak-anak yang masih usia belajar sudah mulai berkurang," ungkap Ayu Sri Rahayu kepada sukabumiupdate.com.

Selain itu, tambah Ayu, komunitas baca Lentera juga membuka taman baca di taman bungan Tenjoresmi, karena ingin merubah kebiasaan para pengunjung taman ke arah yang lebih bermanfaat.

“Bisanya kebanyakan orang khususnya pasangan muda-mudi lebih asyik nongkrong atau pacaran ditaman, supaya acara nongkrong mereka lebih bermanfaat, kita arahkan untuk menyempatkan membaca, dan buku bacaan yang di sediakan untuk para pembaca juga cukup komplit," kata dia.,

Tidak hanya buku yang disediakan komunitas baca lentera, mereka juga memberikan pelajaran menyanyi kepada anak-anak terutama lagu Nasional. “Kita juga ajarkan kepada anak-anak ini hapalan lagu nasional Indonesia, karena kadang masih banyak yang belum hapal lagu kebangsaan Indonesia raya," tutur Ayu.

BACA JUGA: Belajar di Perpustakaan Insan Kamil Desa Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Bonus Makan Bakso

Semua yang dilakukan komunitas aku Ayu, semata karena ingin melihat kemandirian, melihat anak-anak tumbuh dengan pikiran yang sehat dan memiliki karakter kuat. Sebagai solusi atas permasalahan rendahnya minat baca terutama pada anak dan remaja.

“Untuk mencapai hal itu, tentu perlu dilakukan kerja sama antara pihak-pihak terkait seperti pemerintah, para pendidik, juga orang tua untuk membantu menyadarkan pentingnya membaca. Mudah-mudahan dengan adanya komunitas baca Lentera ini bisa membawa manfaat bagi setiap orang terutama bagi seluruh warga masyarakat,” tukasnya.

Reporter: NANDI
Redaktur: GARIS NURBOGARULLAH
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar