Kamis, 29 Juni 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sukabumi

22 Tahun AQUA Ambil Air di Sukabumi Tanpa Izin
Tewas di Kolam Renang Cimalati, Pelajar SMA N 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi
Lapar Tak Ada Nasi, Bayi di Nyalindung Kabupaten Sukabumi Dilempar Ayah Kandung ke Tungku Api
Bertambah, Korban Jambret Payudara di Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi
DPRD Kabupaten Sukabumi Rekomendasikan Penutupan Sementara Pabrik Aqua
Siapa Preman di Balik Kasus Pungli Naker di Pabrik GSI Kabupaten Sukabumi?
Kronologis Rusuh BBRP dan PP di Pamuruyan Kabupaten Sukabumi
Marak Aksi Jambret Payudara, Ini Kesaksian Dua Wanita Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi
BBRP dan PP Perang di Pamuruyan Cibadak Kabupaten Sukabumi
Berdarah-darah, Buruh PT Monami Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Meregang Nyawa


Taman Baca Plus Akustik a la Komunitas Pemuda Cicurug Kabupaten Sukabumi

Minggu, 19 Februari 2017 - 04:41:15 WIB


Taman Baca Plus Akustik a la Komunitas Pemuda Cicurug Kabupaten Sukabumi
© Rawin Soedaryanto
sejumlah pemuda di Cicurug asyik membaca di ruang terbuka.

SUKABUMIUPDATE.com - Ada yang unik di depan alun-alun Cicurug Kabupaten Sukabumi setiap Sabtu dan Minggu Sore. Hamparan karpet merah yang sudah lusuh dan panjang dipenuhi taburan berbagai jenis buku bacaan. Pegunjung bebas memilih buku di sana. Ya, itu adalah tamaan bacaan gratis yang digelar komunitas Pemuda Cicurug.

Adalah Yoga Andriana (18) pelajar salah satu sekolah menengah kejuruan (SMK) di bilangan Kecamatan Cicurug dan teman-temannya yang menyulap alun-alun itu menjadi perpusatakaan dadakan.

“Saya dan teman-teman bercita-cita ingin mengembangkan minat baca masyarakat, khususnya kalangan pelajar,” tutur Yoga saat disapa sukabumiupdate.com, Sabtu (18/2) sore.

Langkah ini diambil, papar dia, guna mengalihkan perhatian pelajar khususnya, dan pemuda umumnya dari pergaulan bebas. “Dengan membaca maka akan banyak waktu terhindar dari hal-hal negatif seperti penyalahgunaan narkoba, dan tawuran,” terang Yoga.

BACA JUGA:

Desa Sukaraja Rangsang Minat Baca dengan Perpustakaan Digital

Rumah Baca Cemara Ajak Anak Sukabumi Hobi Membaca

Minat Baca Warga Kota Sukabumi Meningkat

Taman bacaan ini, imbuh Yoga, baru berjalan selama enam bulan, dan gratis bagi semua kalangan yang berniat membaca. Selain menumbuhkembangkan minat baca, Yoga juga ingin berupaya merubah Cicurug dari image kota macet menjadi kota baca.

Ia juga mengungkapkan, jika inspirasi ini muncul, dari salah satu taman bacaan yang menggunakan gerobak di Kota Bandung. “Saya dan teman-teman akhirnya memutuskan menciptakan taman bacaan terbuka. Memang saat ini masih terbatas waktunya. Hanya hadir pada Sabtu sore dan Minggu sore. Tapi selama perjalanan ini, tingkat pengunjung sudah bertambah. Ini artinya, minat baca sudah mulai tumbuh,” sambung dia.

Yoga menyebutkan, agar minat baca cepat tumbuh,  ia dan teman-temannya menyediakan sekitar 300 koleksi buku, terdiri dari buku umum, pendidikan, dan lainnya, serta memberikan peminjaman buku dengan waktu dua pekan. “Dan sebagai daya tarik tambahan, pembaca mendapat iringan musik akustik,” imbuhnya.

Selain menggelar perpustakaan terbuka, kelompok ini juga melakukan road to school. “Kami keliling dari sekolah ke sekolah mengenalkan perpustakaan terbuka ini. Ada beberapa sekolah yang pernah kami kunjungi seperti seperti SMA Negeri I Cicurug,  SMA Negeri I Parungkuda, SMA Negeri 1 Cigombong dan sekolah lainnya,” pungkas Yoga.

Reporter: RAWIN SOEDARYANTO
Redaktur: RONY M SAMOSIR
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:Sukabumi

Berikan Komentar