Senin, 29 Mei 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Mereka

Gadis Skuad Timnas Asal Kabupaten Sukabumi: Ingin Obati Mata Ayah Agar Bisa Nonton Saya Main Sepak Bola
10 Pertanyaan untuk Warga Sukabumi yang Diduga Menistakan AlQuran
Mang Dedi: Orang Sukabumi Jangan Bicara Budaya Sunda, Benerkeun Heula Basa Sapopoe
Puri adalah Puri. Pewaris Darah Seni Uyan Asmi
Mak Dini Turun Gunung, Pimpin LSM Kompak Kabupaten Sukabumi
Pebola Wanita Asal Kabupaten Sukabumi Ini, Ditinggal Ayah Saat Ia Terpilih Memperkuat Timnas
Kabupaten Tasikmalaya Mandiri di Tangan Santri
Ajengan Genteng, Teman Diskusi Bung Karno dan Guru dari Ki Hajar Dewantara
Berpuasa di Negeri Orang, Gadis Kota Sukabumi Melawan Rasa Kangen
Dari Cibatu Menuju Bisnis Travel Wisata


Sri Mulyani atau Megawati, Lebih Populer di Media

Selasa, 25 April 2017 - 08:25:46 WIB


Sri Mulyani atau Megawati, Lebih Populer di Media
© facebook.com
Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan Mantan Presiden ke-5, Megawati Soekarnoputri.

SUKABUMIUPDATE.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi salah satu perempuan yang pernyataannya paling banyak dikutip oleh media online di Indonesia. Dari 14 juta pemberitaan yang berasal dari 1.525 media online, ucapan Sri Mulyani termaktub dalam 99.218 artikel.

Temuan itu ditunjukkan oleh riset Indonesia Indicator (I2) tentang perempuan dalam berita. “Penelitian ini bertujuan mengungkap figur perempuan dalam bingkai media online di Indonesia,” kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang dalam keterangan tertulis pada Jumat 21 April bertepatan dengan Hari Kartini.

Pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani paling banyak dikutip media online disusul oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti, dan Walikota Surabaya Tri Rismaharani. Penyataan Menteri Retno Marsudi tercantum di 70.155 berita, Khofifah Indar Parawangsa sebanyak 59.950, Susi Pudjiastuti sebanyak 52.499, dan Tri Rismaharani sebanyak 47.533.

Dari 14 juta pemberitaan tersebut diperoleh dari 165 nama perempuan. Data diambil dari seluruh berita media online yang dihimpun dari tanggal 1 Mei 2016 sampai 16 April 2017.

Adapun perempuan yang paling dicari dalam pemberitaan adalah Sylviana Murni dan menyusul Megawati Soekarnoputri. Sylviana Murni yang pernah bersaing sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono dalam pilkada DKI Jakarta 2017 menduduki urutan teratas dari 165 nama perempuan yang ada di media.

Dari 165 nama tersebut, setelah Sylviana Murni berada di urutan teratas, perempuan yang paling banyak disebut media di urutan kedua adalah Megawati Soekarnoputri. Secara berurutan perempuan berikutnya adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Walikota Surabaya Tri Rismaharani, Mentri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Meski secara kuantitas penyataan profesi pejabat merupakan sosok yang paling banyak dikutip namun secara jumlah figur, menurut Rustika, kategori artis adalah yang terbanyak dikutip media. Dari 165 nama yang dikumpulkan, terdapat 50 nama artis di dalamnya.

Artis yang paling pernyataanya paling banyak dikutip media adalah Julia Perez sebanyak 18.478 pernyataan. Profesi lain yang paling sering dikutip media adalah dari kalangan profesional seperti corporate communication, pengacara dan sebagainya.

Sementara jika dilihat dari segi usia, dari 165 nama perempuan yang usianya di bawah 35 tahun yang paling banyak dikutip media hanya sebanyak 25 persen atau 42 orang. Kategori usia ini berasal dari kalangan artis dan atlet. Selebihnya, sebanyak 75 persen berusia 35 tahun ke atas yang identik dengan kalangan pejabat dan politikus.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com



Berikan Komentar