Jumat, 23 Juni 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Pakansi

Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Mengejutkan dari Eks TKI Asal Sukabumi
Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia
Pantai Ujung Genteng Segera Miliki Masjid Terapung
Ini Tempat Makan Murah Meriah di Cibadak
Curug Sawer, Tak Ada Tempat Seperti Ini
Mitos Ki Hamali di Balik Keindahan Curug Cikaso
Dapoer Mang Boel, Tongkrongan Hits Remaja Sukabumi
Bakso Kelapa, Godaan Baru Pecinta Kuliner di Kota Sukabumi
Mau Tahu Jika Curug Cikaso Kabupaten Sukabumi Ngamuk? Sekarang Saatnya
Mitos Kamar 308 Inna Beach Hotel Palabuhanratu


Ragam Khasiat Remis Muara Cikodehel Kabupaten Sukabumi

Minggu, 19 Maret 2017 - 03:00:49 WIB


Ragam Khasiat Remis Muara Cikodehel Kabupaten Sukabumi
© Ragil Gilang
Sajian remis siap santap.

SUKABUMIUPDATE.com - Remis adalah salah satu jenis kerang yang cukup digemari oleh kebanyakan masyarakat. Remis memiliiki kandungan gizi mirip kerang, namun harganya yang jauh lebih murah. Seperti halnya kerang, remis dapat diolah menjadi berbagai macam masakan.

Namun, mereka yang tidak suka dengan remis lebih karena alergi terhadap remis. Selain tidak beracun, remis juga memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan.

Menurut penelitian, remis memiliki kalori yang tinggi. Kira-kira tiga ons remis memiliki kandungan kalori sebanyak kurang lebih 145 hingga 150 kalori. Ini merupakan salah satu sumber energi yang cukup tinggi terutama ketika dikonsumsi sebagai lauk pauk saja.

Selain itu, olahan remis seperti sup dapat memberikan energi yang lebih banyak lagi meskipun dimakan tanpa menggunakan nasi. Dengan kandungan gizinya yang banyak dan juga tinggi, remis sangat baik dan juga efektif bagi yang sedang menjalani program diet, dan sejumlah manfaat lainnya.

Di wilayah Pajampangan, remis bisa diperoleh di Muara Cikodehel di Kampung Cijoho, Desa Cikangkung, yang berbatasan dengan Kampung Cigebang, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA:

Iwung Bitung Surade Kabupaten Sukabumi Dipercaya Bisa Obati Kolesterol

Sayur Jantung Pisang Kole, Hidangan Lezat dari Hutan Gunung Gede Kabupaten Sukabumi

Sosis Panggang Bendera Italia, Cibadak Kabupaten Sukabumi Punya

Menurut Endin (50), warga Kampung Cijoho RT 01/01, Desa Cikangkung, mengatakan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (18/3), di Muara Cikodehel banyak diperoleh remis. 

"Caranya tinggal mungut sambil turun ke muara. Biasanya berada di kedalaman satu meter. Tapi ada juga yang di darat, atau di pasir. Caranya, gunakan pisau atau ujung sendok yang digoreskan ke pasir. Kalau terdengar gesekan, berarti ada remisnya."

Sementara menurut Ernawati (34), remis dari Muara Cikodehel bisa diolah secara mudah, cuma dengan cara digoreng dengan tambahan bumbu penyedap rasa.

"Bisa juga dibalado, dengan bumbu yang ditumbuk halus, tambahkan bawang merah, bawang putih, gula, garam, penyedap rasa, dan kecap. Atau bisa juga dibakar bumbu sate atau sambel tomat. Bikin sambalnya juga mudah, cukup tomat, bawang merah mentah, dan tambahkan kecap manis," jelas Ernawati.

Reporter: RAGIL GILANG/Kontributor
Redaktur: ANISA SITI RIZKIA
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar