Senin, 20 November 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Mereka

Gadis Skuad Timnas Asal Kabupaten Sukabumi: Ingin Obati Mata Ayah Agar Bisa Nonton Saya Main Sepak Bola
10 Pertanyaan untuk Warga Sukabumi yang Diduga Menistakan AlQuran
Mang Dedi: Orang Sukabumi Jangan Bicara Budaya Sunda, Benerkeun Heula Basa Sapopoe
Puri adalah Puri. Pewaris Darah Seni Uyan Asmi
Pebola Wanita Asal Kabupaten Sukabumi Ini, Ditinggal Ayah Saat Ia Terpilih Memperkuat Timnas
Mak Dini Turun Gunung, Pimpin LSM Kompak Kabupaten Sukabumi
Berpuasa di Negeri Orang, Gadis Kota Sukabumi Melawan Rasa Kangen
Ajengan Genteng, Teman Diskusi Bung Karno dan Guru dari Ki Hajar Dewantara
Kabupaten Tasikmalaya Mandiri di Tangan Santri
Dari Cibatu Menuju Bisnis Travel Wisata


Perempuan Selalu Jadi Pusat Berita, Simak Analisa Penelitian Ini!

Sabtu, 22 April 2017 - 12:48:10 WIB


Perempuan Selalu Jadi Pusat Berita, Simak Analisa Penelitian Ini!
© umlib.um.edu.my
Ilustrasi.

SUKABUMIUPDATE.com - Perempuan selain disebut makhluk paling indah ciptaan Tuhan, juga memiliki daya tarik dalam setiap hal tentang dirinya. Dalam rilis yang disampaikan Indonesia Indicator (I2) pada Jumat, 21 April 2017 menyajikan tentang penelitian perempuan dalam berita.

Rustika Herlambang, Direktur Komunikasi Indonesia Indikator menjelaskan penelitian ini bertujuan mengungkap figur perempuan dalam bingkai media online di Indonesia. "Hasil riset ditujukan untuk memberi jawaban atas pertanyaan: Siapa figur perempuan yang paling banyak disebut di media (top person)? Berapa persentase figur perempuan dibanding laki-laki? Siapa perempuan yang pernyataannya paling banyak dikutip media (influencer)? Berapa persentase figur perempuan berpengaruh (melalui pernyataannya di media) dibanding laki-laki? Apabila data diambil dari topik perempuan atau wanita, apa isu terbesar yang dibicarakan media terkait kata perempuan atau wanita?" ungkapnya dalam rilis ini.

I2 yang merupakan perusahaan intelijen media, analisis data, dan kajian strategis menggunakan peranti lunak Artificial Intelligence ini menyajikan data yang diambil dari seluruh berita media online yang dihimpun dari tanggal 01 Mei 2016 sampai 16 April 2017. Total data adalah 14,075,104 berita dari 1525 media online di Indonesia.

Menurut wanita yang biasa disapa Rustika ini, data dianalisis secara real time oleh mesin Intelligence Media Management (IMM) yang berbasis Artificial Intelligence. "Hasil analisis data tersebut mewakili data spontan (unconscious data atau  bukan hasil survey yang bisa diarahkan) dari seluruh media.
Indonesia Indicator menggunakan istilah  “terpegah” yang berarti termasyhur yang dimaknakan lebih netral ketimbang istilah populer yang berarti terkenal dan disukai," ujar dia.

Menurut Tika, dari urutan 2500 nama yang ada di media, terdapat 165 nama perempuan. Data ini dikumpulkan dari 14 juta berita dari 1525 media online Indonesia. Adapun persentasenya mencapai 7 persen.

"Pada figur perempuan yang namanya paling banyak disebut media. Dalam hal ini, top persons tidak selalu memberikan pernyataan," ujar dia.

Rustika juga menyebutkan dalam top person perempuan yaitu figur perempuan yang namanya paling banyak disebut media adalah Sylviana Murni sebanyak 40015 berita, diikuti oleh Megawati Soekarnoputri sebanyak 34471 berita, lalu Sri Mulyani Indrawati dan Retno Marsudi masing-masing 24563 dan 18990 berita. Kemudian Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa sebanyak 17395 dan 14064 berita. Selanjutnya ada Susi Pudjiastuti dan Puan Maharani dengan 13398 dan 11512 berita. Selanjutnya adalah Ayu Ting Ting dengan 10534 berita.

Rustika juga menerangkan pada influencer dalam hal ini adalah narasumber perempuan yang memberikan pernyataan di pemberitaan media online. Influencer dapat dikatakan pihak yang berpengaruh karena penyataannya disebarluaskan oleh media, dan berpotensi membentuk opini publik.

Kemudian kata Rustika, saat media meminta pernyataan kepada influencer untuk pernyataan sikap, keterangan atau klarifikasi; lalu keterangan ilmiah atau akademis; kemudian informasi yang bersifat kebijakan dan status hukum.

"Dari sebanyak 14 juta pemberitaan dari 1525 media online, pernyataan Sri Mulyani Indrawati paling banyak dikutip di seluruh media berbahasa Indonesia, disusul oleh Retno Marsudi, Khofifah, Susi Pudjiastuti, serta Tri Rismaharini. Angka adalah berdasarkan jumlah pernyataan yang dikutip oleh media," kata Rustika.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com



Berikan Komentar