Sabtu, 19 Agustus 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sukabumi

22 Tahun AQUA Ambil Air di Sukabumi Tanpa Izin
Tewas di Kolam Renang Cimalati, Pelajar SMA N 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi
Lapar Tak Ada Nasi, Bayi di Nyalindung Kabupaten Sukabumi Dilempar Ayah Kandung ke Tungku Api
Bertambah, Korban Jambret Payudara di Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi
Siapa Preman di Balik Kasus Pungli Naker di Pabrik GSI Kabupaten Sukabumi?
DPRD Kabupaten Sukabumi Rekomendasikan Penutupan Sementara Pabrik Aqua
Kronologis Rusuh BBRP dan PP di Pamuruyan Kabupaten Sukabumi
Lagi, Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi Telan Korban Jiwa
Marak Aksi Jambret Payudara, Ini Kesaksian Dua Wanita Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi
BBRP dan PP Perang di Pamuruyan Cibadak Kabupaten Sukabumi


Perahu Pinjaman Rusak, Pencarian Korban Tenggelam Pantai Citepus Dibatalkan

Kamis, 12 Januari 2017 - 12:53:53 WIB


Perahu Pinjaman Rusak, Pencarian Korban Tenggelam Pantai Citepus Dibatalkan
© Riansyah
Tim dan relawan FKSD dalam operasi sar laut pencarian korban menggunakan perahu congkreng.

SUKABUMIUPDATE.com - Pencarian perempuan asal Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi yang tenggelam pada hari Minggu (8/1) lalu hari ini, Kamis (12/1) mendadak dihentikan.

Relawan dari FKSD (Forum Kordinasi SAR Daerah) Kabupaten Sukabumi mengakui jika penghentian operasi SAR (Opsar) karena perahu congkreng yang digunakan untuk menyisir laut rusak.

“Jadi yang dihentikan adalah Opsar sisir laut, karena perahu yang kita gunakan selama tiga hari terakhir mesinnya jebol,” ungkap Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi Okih Fajri kepada sukabumiupdate.com, Kamis (12/1) melalui sambungan telepon.

Hari ini Fajri dan relawan hanya akan memantau dari pinggir laut, dari sejumlah pos dan tempat ngumpul relawan, balawisata dan serta penjaga pantai di sepanjang teluk Palabuhanratu. “Kita tetap standby jika terlihat dari darat akan kita kordinasikan dengan polisi air atau nelayan terdekat untuk dijemput,” lanjut Okih.

Baca Juga:

Perempuan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Tenggelam di Pantai Citepus

Perempuan Kadudampit Kabupaten Sukabumi yang Tenggelam di Citepus Belum Ditemukan

Hingga ke Lawang Jampang, Pencarian Perempuan Kadudampit Tenggelam di Pantai Citepus Nihil

Kondisi cuaca di perairan teluk Palabuhanratu yang selama beberapa hari terakhir selalu diterjang badai (musim barat) dengan ketinggian gelombang mencapai tiga meter, membuat mesin perahu tak kuat dan akhirnya rusak.

“Pencarian kemarin, kapal sudah sering mogok, kita paksakan saja demi kemanusian, akhirnya mesin jebol. Beruntung teman-teman yang melaut kemarin bisa kembali ke darat dengan selamat,” jelasnya lebih jauh.

Okih juga tidak bisa menjanjikan kapan perahu Opsar jenis congkreng tersebut bisa kembali digunakan untuk operasi kemanusian. Ia mengaku bahwa tidak ada dana yang dikucurkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi untuk perbaikan perahu.

“Ada perahu karet mesin tempel punya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tapi sulit minjamnya. Perahu viber bantuan Dinas Sosial kepada kita sudah hampir setahun tidak bisa digunakan karena rusak dan tidak bisa diperbaiki akibat tidak ada dana perbaikan,” sambung Okih.

FKSD menurut Okih sudah mengupayakan adanya daya operasional untuk kegiatan kemanusian termasuk di dalamnya untuk perbaikan fasilitas seperti perahu dan lainnya, namun dana tersebut tak juga dianggarkan.

Hal ini cukup disayangkan karena sebenarnya ada aturan yang memayungi anggaran tersebut, yaitu Undang-undang RI Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.

“Dalam bab XI tentang pendanaan jelas disebutkan, tanggung jawab dana tak hanya dari pusat, pemerintah daerah pun wajib menganggarkan uang untuk proses pertolongan dan pencarian, bahkan pihak ketiga pun bisa bersifat bantuan tidak mengikat,” pungkas Okih mengakhiri obrolan dengan sukabumiupdate.com.

Reporter: RIANSYAH/Kontributor
Redaktur: FIT NW
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:Sukabumi

Berikan Komentar