close [x]
Senin, 20 Februari 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Ustad Menjawab

Makmum Wajib Baca Al Fatihah dalam Salat?

Rabu, 09 Juli 2014 - 00:10:58 WIB


Makmum Wajib Baca Al Fatihah dalam Salat?
© Dok / Jabar Daily
Makmum Wajib Baca Al Fatihah dalam Salat?

Pertanyaan:

Ustaz, saya hendak bertanya, apakah jika saya ikut salat berjamaah, wajib hukumnya untuk ikut membaca surat Al-Fatihah, setelah Imam selesai membaca surat tersebut? Karena saya pernah dengar, bahwa tidaklah sah salat seseorang yang tidak membaca Al-Fatihah.

(asopyan@gmail.com)

Jawaban:

Para ulama sepakat bahwa, pada dasarnya, salat tidak sah, kecuali dengan membaca Alquran. Yang dimaksud dengan bacaan Alquran di sini, menurut mayoritas ulama, adalah surah Al-Fatihah berdasarkan sekian banyak sabda Nabi Muhammad saw. Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim berikut ini. Dituturkan dari Ubayd bin ash-Shamit bahwa Nabi saw bersabda, "Tidak ada salat bagi yang tidak membaca al-Fatihah" (HR Enam Perawi Hadits).

Imam Abu Hanîfah tidak mewajibkan membaca surah al-Fatihah dengan alasan bahwa, dalam satu hadits lain yang juga sahih, Nabi saw memerintahkan membaca "apa yang mudah dibaca dari Alquran," sehingga menurut beliau membaca tiga ayat yang sederhana, atau satu ayat yang panjang sudah memadai.

Imam Syafii mewajibkan membaca surah al-Fatihah pada setiap rakaat salat. Imam Malik juga berpendapat demikian berdasarkan riwayat yang populer. Tetapi, ada riwayat lain tentang pendapat Imam Malik, namun tidak populer, yang menyatakan bahwa membaca surah al-Fatihah cukup pada dua rakaat pertama dalam salat-salat yang terdiri atas empat empat (Dzuhur, Asar, dan Isya).

Sementara itu, al-Hasan al-Bashri berpendapat bahwa membaca surah al-Fatihah hanya wajib dalam rakaat pertama saja. Nah, bagaimana halnya dengan orang yang mengikuti imam dalam salat atau bermakmum? Dalam buku asy-Syarh al-Kabir karya Ibnu Qudamah, dikemukakan bahwa sahabat-sahabat Nabi seperti Ali bin Abi Thalib, Ibnu Abbas, Ibnu Masud, dan juga beberapa imam besar semisal Malik, az-Zuhri, dan masih banyak lainnya, berpendapat bahwa seorang makmum tidak wajib membaca surah al-Fatihah.

Ibnu Sirin, bahkan mengatakan, "Aku tidak mengetahui dari Sunnah Nabi adanya kewajiban membaca (surah al-Fatihah) bagi makmum." Ini berbeda dengan pendapat Imam Syafii dan Dawud azh-Zhahiri, yang berpendapat bahwa pada prinsipnya setiap orang yang mengerjakan salat harus membaca surah al-Fatihah dalam setiap rakaat, sekalipun dia bermakmum.

Perlu Anda ketahui bahwa hadits-hadits yang saya pahami sebagai mendukung pendapat Imam Syafii amat banyak dan kuat. Apalagi, pendapat ini lebih aman, karena tidak ada seorang ulama pun melarang makmum membaca surah al-Fatihah ketika mengerjakan salat.

Demikian, wallahu alam.

Sumber: Detik.com
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Hergun: Tol Bocimi Terkendala Pemilik Lahan
Promoted Content

Hergun: Tol Bocimi Terkendala Pemilik Lahan