Kamis, 25 Mei 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Edukasi

Mahasiswa Nusa Putra Presentator Seminar "Alternative Energy for ASEAN in the Future" di Singapura
Nusa Putra Duta Kerjasama PT Indonesia dan Kazakhstan
Kuliah Dua Tahun di Sukabumi dan Dua Tahun di Korea
Doa Bangsa: SMA Baru dengan Sistem Unik dan Beragam Prestasi Membanggakan
SMK Bisa, SMK Pasim Luar Biasa
SMK di Sukabumi Rancang Robot Terbang dan Pengintai
Keseruan, MABIM Mahasiswa Baru STT Nusa Putra
Ini Daftar PT di Kazakhstan yang Jalin Kerja Sama dengan Nusa Putra
Lagi, Pelajar Sukabumi Dapatkan Beasiswa SCG
Mahasiswa Kota Sukabumi Ciptakan Drone


Mahasiswa Kota Sukabumi Ciptakan Drone

Selasa, 21 Februari 2017 - 04:54:07 WIB


Mahasiswa Kota Sukabumi Ciptakan Drone
© Dila Novianti
Maulana Yusuf Mahasiswa Polteknik Kota Sukabumi tunjukkan drone ciptaannya.

SUKABUMIUPDATE.com – Senja itu, Kampus Politeknik Sukabumi, tampak kerumunan mahasiswa sedang melihat peragaan alat canggih yang bisa terbang. Alat itu, drone hasil karya salah satu mahasiswa di sana.

Pencipta drone itu bernama Maulana Yusuf, mahasiswa semester enam mengisahkan, alat itu tercipta dengan proses dan waktu lama. Bermodalkan ketertarikan ke dunia robotic, pria yang akrab di sapa Uken ini terus menggali informasi soal drone. “Awalnya sih ingin punya drone. Tapi tidak memiliki modal, jadi keinginan itu sempat saya pendam lama,” ujar dia kepada sukabumiupdate.com, Senin (21/2).

Memasuki semester lima, Uken mendapat banyak masukan dan wawasan akan dunia robotic dari rekan dan dosennya. Semangat untuk membuat drone pun kembali tumbuh. Terbentur biaya mahal untuk membeli drone, menjadi tantangan untuk membuat alat canggih ini sendiri..

Saat membuat tugas akhir di semester enam, keinginan memiliki drone masih membekas dalam pikirannya. Akhirnya ia putuskan membuat judul tugas akhirnya berkaitan dengan pembuatan drone. "Tuga akhir ini mendapat dukungan penuh dari dosen dan teman-reman," terangnya lebih jauh.

BACA JUGA:

BLH Kabupaten Sukabumi dan Ratusan Pelajar Tanam 6.000 Bibit Pohon

BNN Sukabumi Satroni Kampus STT Nusa Putra

Konsep 1:80 a la Kampus Nusa Putra Sukabumi

Mendapat dukungan penuh, Uken pun memberanikan diri untuk membuat drone di antara kendala biaya dan pengetahuan yang minim. Tak heran jika proses membuat drone tersebut terbilang cukup lama. “Banyak yang harus dipelajari, dari mulai elektronika, sistem kendali, fisika tentang sudut dan percepatan, pemrograman menggunakan bahasa C, itu semua memakan waktu untuk riset,” sebut dia.

Akhirnya Uken mencoba studi literatur, materi-materi penunjang untuk pembuatan drone. Pembuatan, dan finalnya Desember tahun lalu. Drone berukuran 450 mm itu pun bisa terbang dengan baik pada ketinggian mencapai 150 meter. "Kurang lebih efektifnya 4 bulan membuat studi literatur, pembuatan, serta uji coba," ujar Uken 

Ke depan, Uken berkeinginan berkolaborasi dengan teman-temannya menciptakan robot canggih lainya. "Tapi untuk sementara ini sih keinginan paling dekat upgrade drone dulu. Pengen ditambah GPS (global positioning system-red), kamera, plus, telemetri supaya terbang autopilot, dan lebih stabil," tandasnya.

Reporter: AMOY PEUYUVENTI/Kontributor
Redaktur: RONY M SAMOSIR
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar