Jumat, 20 Oktober 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Keluarga

Bawang Putih Efektif Sembuhkan Impotensi, Ini Pengakuan Warga Sukabumi
Wanita Sukabumi Wajib Tahu 10 Fakta Selingkuh Ini
Yava Cafe Cicurug, Menikmati Kopi dalam Ruang Multi Konsep
Salah Kaprah tentang Berendam di Air Belerang
Nama yang Paling Banyak Dipilih untuk Bayi Lelaki Sepanjang 2017
Korban Kosmetik Ilegal Serukan Kewaspadaan Pada Konsumen
Berhijab Bukan Penghalang untuk Tampil Modis dalam Balutan Busana Kerja
Hijabers Mom Community Sukabumi, Together We Share and Care
Wali Kota: Masyarakat Kota Sukabumi Hobi Belanja
Mengenal Ricin, Racun Dahsyat Pembunuh Kim Jong-nam


Maag, Satu dari Berbagai Penyakit yang Bikin Berat Badan Drop

Senin, 07 Agustus 2017 - 16:11:23 WIB


Maag, Satu dari Berbagai Penyakit yang Bikin Berat Badan Drop
© healthline.com
Ilustrasi Pria sakit maag.

SUKABUMIUPDATE.com - Meninggalnya dr Ryan Thamrin menyita perhatian publik. Terlebih setelah foto kondisi terakhir dokter Ryan Thamrin terungkap di media.

Dalam foto tersebut, kondisi dr Ryan Thamrin sangat memprihatinkan. Dokter Ryan Thamrin memakai baju hijau terlihat sangat kurus. Bahkan wajahnya tampak berbeda dari sosok yang dikenal masyarakat.

Keluarga mengatakan dr Ryan Thamrin meninggal karena sakit maag yang sudah dideritanya sejak setahun lalu. Apakah sakit maag bisa mengakibatkan perubahan fisik seseorang secara drastis?

Menurut dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, sakit maag dapat mengakibatkan seseorang mengalami penurunan berat badan drastis. Tapi, dengan catatan tertentu. "Kalau maag itu sampai menyebabkan kanker, bisa ngedrop akhirnya. Tapi kalau tidak, sebenarnya tidak akan sampai drop," ujar dr Ari.

Ari Fahrial menjelaskan beberapa penyakit yang bisa membuat berat badan penderitanya turun drastis. Di antaranya penyakit keganasan, bisa penyakit kronis, seperti TBC, bisa juga karena penyakit berkompromis seperti HIV. Atau juga bisa karena adanya peradangan kronis, atau penyakit yang berhubungan dengan metabolis seperti kencing manis dan hipertiroid.

"Kalau sakit maag saja tidak akan menyebabkan badan nge-drop. Kecuali itu tadi, pasien mengalami kondisi lain seperti kanker, polip atau tumor," katanya. Dokter spesialis penyakit dalam itu menyarankan pasien maag melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika mengalami penurunan berat secara drastis. "Karena mesti dipastikan ada masalah lain atau tidak."

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar