Selasa, 27 Juni 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Persib

Apa Kata Atep Persib Soal Sepak Bola di Sukabumi
Viking Cibadak Is Back
Persib Cocok di Stadion Pakansari
Nomor Punggung 5 di Persib Is Back
Bisnis Gemilang Bobotoh Cemerlang 13 Sukabumi
Klasemen TSC 2016
Tiga Bis Bobotoh Cibadak Kabupaten Sukabumi Menuju SJH
Persib Bandung Kehilangan Yanto Basna
Viking Girl Cibadak Kabupaten Sukabumi, ke SJH Demi Persib Nu Aing
Gagal Fokus, Persib Kalah di Jakabaring


Home / Persib /

Keren, Dua Pemuda Cicantayan Kembangkan Taksi Online di Kota Sukabumi

Rabu, 02 November 2016 - 20:00:32 WIB


Keren, Dua Pemuda Cicantayan Kembangkan Taksi Online di Kota Sukabumi
© Irwan Kurniawan
Muhammad Idam Pangestu dan Faizal Rahman menunjukkan aplikasi taksi online karyanya.

SUKABUMIUPDATE.COM - Terinspirasi dari konsep aplikasi OJek Online dan aplikasi transportasi online lainnya, dua pemuda asal Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Muhammad Idam Pangestu (29) dan Faizal Rahman (24) menciptakan aplikasi bisnis jasa transportasi darat serupa di Kota Sukabumi.

Berbakal ilmu, bakat, dan ketekunan yang dimiliki, Idam dan Faizal yang drop out (DO) kuliah dari salah satu perguruan tinggi di Sukabumi ini, berhasil mengembangkan model aplikasi jasa rental transportasi online seperti banyak digunakan di sejumlah kota besar di Indonesia, berbentuk jasa rental transportasi online.

Dalam mengembangkan bisnis rental transportasi online ini, Idam dan Faizal hanya bermodal sistem atau aplikasi jasa transportasi online saja. Idam dan Faizal sama sekali tidak memiliki modal kendaraan, keduanya hanya mewadahi para pemilik kendaraan yang ingin memiliki penghasilan sampingan atau penghasilan utama dengan merentalkan kendaraan yang dimilikinya.

"Sebenarnya kami sudah mengembangkan aplikasi ini di Sukabumi. Dalam bisnis ini, kami hanya membuat aplikasi dan mewadahi pemilik mobil yang akan direntalkan saja, termasuk driver-nya," kata Faizal saat berbincang di Kantor Redaksi sukabumiupdate.com, Kota Sukabumi, Rabu (2/11).

Bisnis jasa rental transportasi online yang mereka kembangkan ini, dinamai BERANGKAT, dan kini, bisnis yang dimulai sejak Juli 2016 lalu itu, sudah memiliki dua ribu orang pelanggan.

Soal kenyamanan, keamanan, dan keselamatan, merupakan prioritas utama dalam aplikasi rental transportasi online ini. Sehingga kehadirannya mampu mematahkan keraguan penguna jasa rental transportasi.

Dari kendaraan sampai driver-nya ungkap Faizal, sudah terkoneksi dengan program aplikasi yang dikembangkannya. Contohnya, mobil rental yang akan jadi member aplikasi rental transportasi online, minimal harus keluaran tahun 2010. Mobil dibawah tahun 2010-an bisa, asal masih layak pakai dan layak jalan.

"Soal identitas lengkap driver, sudah terdata di aplikasi kami. Kalau ada driver yang nakal, otomatis akan kami black list dan keluar dengan sendirinya," terang warga Desa Babakan Cimahi, Kecamatan Cicantayan ini.

Dalam hal profit, Faizal dan Idam hanya menerapkan tarif 20 persen per transaksi rental transportasi online kepada pemilik kendaraan. Tarif rental transportasi online ini dibandrol Rp3 ribu rupiah per kilometernya.

"Untuk sementara, aplikasi ini hanya bisa dimanfaatkan di wilayah Kota Sukabumi saja. Untuk wilayah Kabupaten Sukabumi, baru bisa melayani wilayah Cisaat, Kadudampit, Sukaraja, dan sekitarnya," tandas Faizal. 

Reporter: IRWAN KURNIAWAN/Kontributor
Redaktur: FIT NW
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:

Berikan Komentar