Kamis, 24 Agustus 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Pakansi

Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Mengejutkan dari Eks TKI Asal Sukabumi
Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia
Mitos Ki Hamali di Balik Keindahan Curug Cikaso
Ini Tempat Makan Murah Meriah di Cibadak
Pantai Ujung Genteng Segera Miliki Masjid Terapung
Curug Sawer, Tak Ada Tempat Seperti Ini
Dapoer Mang Boel, Tongkrongan Hits Remaja Sukabumi
Bakso Kelapa, Godaan Baru Pecinta Kuliner di Kota Sukabumi
Curug Banteng, Kabupaten Sukabumi, Pilihan Wisata Akhir Pekan
Sediakan Warung Sarapan Gratis, Pria di Kota Sukabumi Ini Patut Ditiru


Keindahan Hutan Pinus Sodong Lengkong Kabupaten Sukabumi, Serasa di Eropa

Jumat, 06 Januari 2017 - 14:46:10 WIB


Keindahan Hutan Pinus Sodong Lengkong Kabupaten Sukabumi, Serasa di Eropa
© Hidayat Asep.
Hutan Pinus Sordong, Jampang.

SUKABUMIUPDATE.com - "Hutan adalah hutan yang tetap harus diwariskan kepada anak cucu kita sebagai hutan,” kutipan anonim ini, layak dijadikan renungan untuk menyikapi kian menyempitnya luasan hutan di Indonesia.

Selain berfungsi sebagai penyedia air dan pemasok oksigen, hutan juga sangat menarik dijadikan kawasan wisata, seperti hutan kota atau kebun raya. Di Kabupaten Sukabumi salah satu hutan buatan yang mulai terkenal adalah Hutan Pinus Sodong yang memiliki luas tiga hektare.

Hutan ini milik warga Kampung Cipongpok bernama Mumuh Wardana (65), berada di Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong. Di sini Anda disuguhi pemandangan pepohonan pinus yang berdiri tegak menggapai langit.

“Hal itu menjadi ciri khas hutan pinus di sini,” terang pegiat wisata mandiri Sukabumi, Hidayat Asep kepada sukabumiupdate.com, Selasa (4/1).

Di Desa Tegallega juga terdapat beberapa hutan pinus lainnya yang luasnya berkisar antara satu hingga tiga hektar. Barisan pohon pinus tinggi menjulang mengapit jalan desa yang biasa dilalui warga, namun bagi pengunjung, pemandangan seperti ini jarang dijumpai.

“Serasa berada di Eropa lho, padahal hutan pinus ini ada di Pajampangan,” aku pemuda pelopor yang dinobatkan sebagai Sukabumi Heroes 2016, kategori Pegiat Wisata Mandiri oleh Mata Holang Institute, akhir Desember 2016 lalu.

Beberapa artis seperti Ruben Onsu atau Debo pernah menjadikan Hutan Pinus Sodong sebagai lokasi shooting video klip mereka, karena dinilai memenuhi kebutuhan skenario dan plot cerita.

Meski jalan desa masih berbatu dan tanah, bahkan berlumpur saat musim hujan, Hutan Pinus Sodong kerap dijadikan tempat untuk mendapatkan gambar-gambar bagus berlatar pohon pinus, dengan ber-selfie-ria.

Akses menuju hutan pinus ini sangat mudah,  dari jalan utama di Kampung Lengkong hanya sekira 500 meter saja. “Patokannya kalau dari Sukabumi, sebelum SMAN 1 Lengkong atau sesudah RM Sate Urug,” terang Asep. "Jika bingung mencapai lokasi tersebut, tingggal tanya ke warga sekitar, mereka akan menunjukan lokasi Hutan Pinus Sodong," imbuhnya.

Kepala Desa Tegal Lega, Edi Sumarno (60), mengatakan bahwa Hutan Pinus Sodong sangat layak dijadikan destinasi wisata daerah. “Selain dekat dengan jalan provinsi, di kawasan tersebut banyak rumah warga yang bisa memperoleh manfaat ekonomi dari adanya kunjungan wisata ini,” tutur Edi.

Reporter: DANANG HAMID
Redaktur: ANISA SITI RIZKIA
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar