Minggu, 20 Agustus 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Olahraga

Marwan Naik Ring Tinju PON Jabar di Palabuhanratu
Tujuh dari Sembilan Akademi Futsal U-16 di AAFI League 2017 Berasal dari Sukabumi
Pembalap Muda Bojonghaur Jawara IPC Grasstrack 2016 Sukabumi
Dedeh Erawati Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Atletik Master 2017
Jeepsi, Komunitas Offroad Pembuka Jalan dan Belantara Sukabumi
Akhirnya, Kota Sukabumi Bakal Ikut Kompetisi Liga Tiga Jabar
Jadwal Liga 1: Persiba vs Perseru, Barito Putera vs Persija
Kiper Timnas U-20 Ikut Seleksi Tim Futsal Kabupaten Sukabumi
Tim Panjat Tebing Jabar Raih Perak di Kejuaraan Asia
RBC Mundur, Kusuma Abadi B Jawara Turnamen Bola Voli DPD KNPI Kabupaten Sukabumi


Jeepsi, Komunitas Offroad Pembuka Jalan dan Belantara Sukabumi

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 12:53:25 WIB


Jeepsi, Komunitas Offroad Pembuka Jalan dan Belantara Sukabumi
© Irwan/Kontributor
Jeepsi, Komunitas Offroad Pembuka Jalan dan Belantara Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.COM - Jeepsi 4x4 Comunity atau Jeep Sukabumi adalah komunitas off roader tertua di Sukabumi, berdiri sejak 19 September 1980. Jeepsi sampai saat ini  tetap eksis di kancah komunitas otomotif Sukabumi, bahkan di tingkat Jawa Barat hingga nasional. Untuk urusan prestasi, Jeepsi sebagai komunitas pecinta kendaraan tempur di medan berlumpur dan terjal ini, sudah berhasil melahirkan offroader-offroader tangguh regional dan nasional. 

Para offroader pengukir prestasi itu di antaranya Krishardiyanto, Dedi Hardiyanto, Aa Rudi, Nur Cahyo, Budi Setiawan dan sederet nama lainnya yang pernah tampil di even-even bergengsi kelas speed dan unlimited.

Sebelum nama Jeepsi 4x4 Comunity membumi di Sukabumi, sudah beberapa kali sempat berganti nama. Di awal berdiri, nama Jeepsi yakni IPJS (Ikatan Penggemar Jeep Sukabumi), lalu diganti menjadi Jeepsi Club, berubah kembali menjadi PJS (Persatuan Jeep Sukabumi), dan sampai saat ini bernama Jeepsi 4x4 Comunity.

Iwan Bosta dan almarhum Teddy Nuhadie, mantan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dan juga salah satu pendiri Perguruan Tinggi STISIP Widyapuri Mandiri Sukabumi, adalah dua nama yang pernah menjadi driver-nya Jeepsi. Keduanya sudah tidak asing lagi di kalangan insan otomotif.

"Dari mantan ketua umum pertama, yaitu Pak Dokter Semedi, komunitas Jeepsi sempat gonta ganti nama,"ujar T. Arisman RZ Ketua Umum Jeepsi 4x4 Comunity kepada sukabumiupdate.com.

Selain menyalurkan hobinya menerobos medan berlumpur dan terjal, komunitas Jeepsi juga memiliki kepedulian sosial kemanusian. Setiap kali ada bencana alam, anggota Jeepsi selalu ambil bagian di lokasi bencana memberikan bantuan berupa sembako. Terbaru, yaitu misi kemanusian menyalurkan sembako dan bahan material bangunan untuk korban bencana alam di Desa Nagrakjaya, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

"Anggota Jeepsi itu sibuk dengan propesinya masing-masing. Tetapi kalua untuk soal kemanusian, selalu menyempatkan waktu. Atau paling tidak, anggota memberikan sumbangsih hartanya untuk para korban bencana alam,"terang Aris Grondong ini.

Namun ada yang tidak banyak diketahui masyarakat, selain aktif menggelar even offroad dan bakti sosial, komunitas otomotif yang beranggotakan 324 anggota dari berbagai kalangan profesi ini, ternyata merupakan komunitas offroader yang menjadi pembuka banyaknya pembangunan proyek jalan kabupaten maupun jalan provinsi.

"Setiap ada rencana pengerjaan jalan baru,  kami selalu diminta untuk menjadi tim pembuka areal yang akan dibuat jalan beraspal. Seperti contohn jalan kabupaten di daerah Bangbayang, Kecamatan Tegalbuled. Akses pertama jalan itu kami yang membuka,"ungkap pria berbadan kurus berambut gondrong ini.

Hal ini cukup beralasan, lantaran kendaraan milik anggota Jeepsi rata rata mobil yang mampu menembus berbagai medan cukup terjal, bahkan di hutan belantara sekalipun.

"Kami juga mitra pemerintah daerah dalam hal penyelenggaran even otomotif offroad. Even even yang kami gelar setidaknya membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata, karena banyak potensi wisata alam di Kabupaten Sukabumi yang cocok untuk kegiatan offroad atau adventure,"pungkas Aris.

Reporter: IRWAN KURNIAWAN/Kontributor
Penyunting: RESITA
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:Foto

Berikan Komentar