Minggu, 22 Oktober 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Pakansi

Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Mengejutkan dari Eks TKI Asal Sukabumi
Curug Sawer, Tak Ada Tempat Seperti Ini
Mitos Ki Hamali di Balik Keindahan Curug Cikaso
Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia
Pantai Ujung Genteng Segera Miliki Masjid Terapung
Dapoer Mang Boel, Tongkrongan Hits Remaja Sukabumi
Curug Banteng, Kabupaten Sukabumi, Pilihan Wisata Akhir Pekan
Mitos Kamar 308 Inna Beach Hotel Palabuhanratu
Sediakan Warung Sarapan Gratis, Pria di Kota Sukabumi Ini Patut Ditiru
Mau Tahu Jika Curug Cikaso Kabupaten Sukabumi Ngamuk? Sekarang Saatnya


Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia

Minggu, 20 November 2016 - 16:28:41 WIB


Ini Sungai Terpendek di Sukabumi, Mungkin Juga di Indonesia, Bahkan Dunia
© dok.Bayu Aribandar
Aliran sungai didekat bibir Pantai Minajaya Surade.

SUKABUMIUPDATE.COM - Umumnya panjang sebuah sungai mencapai ratusan bahkan ribuan kilometer. Tapi belum lama ini dibibir Pantai Minajaya, Desa Pasir Ipis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi ditemukan sungai yang panjangnya kurang dari 20 meter. Jarak antara hulu dan hilirnya tidak lebih dari 20 meter, karena mata air yang berbentuk sumur berada dibibir pantai.

Warga sekitar mengklaim, sungai ini adalah yang terpendek di Sukabumi, mungkin Indonesia, bahkan dunia. Airnya tak henti terus mengalir yang keluar dari sumber air bawah tanah atau dalam bahasa masyarakat sekitar disebut cai ciburial.

"Meski air laut pasang hingga menghilangkan aliran sungai, saat surut airnya kembali terpisah menjadi tawar lagi layaknya air sungai,” jelas warga sekitar Pantai Minajaya, Bayu Aribandar (43) kepada sukabumiupdate.com, Minggu (20/11).

Kondisi air sungai itupun ungkap Bayu cukup jernih seperti halnya sungai dari mata air pegunungan. Tak heran, masyakarakat sekitar yang mengetahui keberadaan sungai terpendek tersebut memanfaatkannya untuk kebutuhan mandi dan kebutuhan lainnya.

Selain jernih, arus air sungai yang belum dinamai itu juga cukup deras dengan debet air yang stabil walaupun musim kemarau. “Harus ada penelitian lebih lanjut dari pihak terkait akan kandungan pH-nya sejauh mana, karena sungai tersebut bisa jadi sumber air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Sebagai cacatan, sungai terpendek di dunia sebelumnya juga berada di Indonesia, yaitu Sungai Tamborasi, terletak di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Sungai Tamborasi yang juga berada di pinggir pantai ini memiliki panjang dari hulu ke hilir 20 meter.

Jika penasaran tinggal berangkat aja dan lihat sendiri ke Pantai Minajaya, Desa Pasir Ipis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Sekadar informasi, pH adalah kepanjangan dari pangkat hidrogen atau power of hydrogen, merupakan tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14. Tinggi rendahnya pH air sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air. pH air standar adalah 7 s/d 8,5 . pH Air di bawah 7 disebut asam, sedangkan diatas 8,5 disebut basa.

Reporter: IRWAN KURNIAWAN
Redaktur: FIT NW
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:Sukabumi

Berikan Komentar