Sabtu, 21 Oktober 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Internasional

Marwan Persentasikan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Dihadapan 50 Delegasi Negara Peserta GGN
Mungkinkah Nabi Adam Itu Siwa? Ataukah Buddha?
Rusia Blokir Dua Situs Porno Ternama
Kereta Tergelincir, Dua Orang Tewas dan Puluhan Terluka
ISIS Kehilangan Tokoh Propaganda
Nonton Orang Bunuh Diri, Dua Warga Justru Tewas, Kok Bisa?
Nahas, Kereta Tergelincir dan Tabrak Rumah
Sadis, Ayah Siarkan Aksi Bunuh Bayi Kandung dan Bunuh Diri Lewat Facebook
Tragis, Nenek Ini Tinggal di Kandang Babi Bertahun-tahun
Truk dan Bus Bertabrakan Tewaskan 12 Orang


Helmut Kohl, Bapak Reunifikasi Jerman Wafat

Sabtu, 17 Juni 2017 - 11:55:46 WIB


Helmut Kohl, Bapak Reunifikasi Jerman Wafat
© dailymail.co.uk
Helmut Kohl.

SUKABUMIUPDATE.com - Bapak reunifikasi Jerman yang juga mantan kanselir Jerman Helmut Kohl wafat pada Jumat (16/6) pukul 9.15 waktu setempat dalam usia (87).

Kohl meninggal di rumahnya di Ludwigshafen, Jerman bagian barat. Istri keduanya, Maike Kohl-Richter berada di sisinya hingga ajal menjemput.

Kohl merupakan arsitek reunifikasi antara Jerman Timur dan Jerman Barat pada tahun 1990. Ia menapaki karir politiknya dengan menjadi anggota Partai Kristen Demokrat Bersatu atau CDU. 

Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kematian Kohl. Kanselir terlama dalam sejarah Jerman ini merupakan mentor Merkel di bidang politik dan yang memberikan kepercayaan padanya untuk pertama kali menjabat sebagai menteri di pemerintahan Kohl saat itu.

"Saat spirit baru mulai bangkit di Eropa Timur tahun 1980an, berawal di Polandia saat kebebasan dikuasai, ketika orang-orang pemberani di Leipzig, Berlin Timur dan di semua tempat di Jerman Timur mulai melakukan revolusi damai, lalu Helmut Kohl menjadi sosok yang tepat di waktu yang tepat," kata Merkel menyampaikan rasa dukanya atas kepergian mentornya, Kohl, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Merkel dengan mengenakan pakaian hitam tanda berduka menyatakan melalui televisi di Roma, Italia: "Dia berdiri teguh untuk impian itu dan bertujuan menyatukan Jeraman bahkan saat orang-orang ragu."

"Kami berduka," cuit Partai Kristen Demokrat Bersatu tentang kematian Kohl.

Kohl yang menjabat kanselir Jerman terlama yakni dari tahun 1982 hingga 1998 merupakan sosok yang banyak terlibat dalam pembentukan Jerman modern. Kohl merupakan sosok di belakang pembuatan mata uang Eropa dan kemajuan ekonomi Eropa yang pesat. 

Penganut Katolik konservatif ini lahir tanggal 3 April 1930 dengan nama lengkap Helmut Josef Michael Kohl.  Wawasan berpolitik Kohl terbentuk lewat pengalaman hidupnya di kampung halamannya di Ludwigshafen, Rhineland saat Perang Dunia II berkecamuk. 

Skandal pendanaan partai mengakhiri karir politik Kohl tahun 1998. 

Para pemimpin dunia menyampaikan duka mendalam atas wafatnya Helmut Kohl, bapak reunifikasi Jerman yang paling dihormati warga Jerman. 

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar