Selasa, 28 Maret 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Empat Kabupaten-Kota dengan Keselamatan Jalan Terbaik Versi IRSA

Kamis, 08 Desember 2016 - 20:01:16 WIB


Empat Kabupaten-Kota dengan Keselamatan Jalan Terbaik Versi IRSA
© Antara
Acara puncak Anugerah Keselamatan Jalan Indonesia (IRSA) 2016 di Jakarta, Selasa (6/12).

SUKABUMIUPDATE.COM - Perusahaan asuransi, Adira Insurance, kembali menggelar Anugerah Keselamatan Jalan Indonesia (IRSA) 2016 pada Selasa di Jakarta dengan penganugerahan kepada empat pemenang utama yakni Kota Surabaya, Kota Balikpapan, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Pekalongan.

IRSA 2016 diselenggarakan melalui empat kategori, yang di tiap-tiap kategorinya pemenang dinilai berdasarkan lima pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK), yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pra dan pasca keselamatan.

Surabaya meraih IRSA 2016 untuk kategori kota berpopulasi di atas 1 juta jiwa, menyisihkan empat finalis lain di kategori tersebut, yaitu Kota Bogor, Kota Tangerang Selatan, Kota Administratif Jakarta Pusat dan Kota Semarang, selain juga menyapu bersih kemenangan di seluruh pilar RUNK.

Kemudian Balikpapan, berhasil meraih IRSA 2016 untuk kategori kota berpopulasi di bawah 1 juta jiwa, mengalahkan Kota Jambi dan Kota Padang, serta sama seperti Surabaya, menyapu bersih kemenangan di kelima pilar RUNK.

Selanjutnya, Jepara, meraih IRSA 2016 kategori kabupaten berpopulasi di atas 1 juta jiwa, menyisihkan Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Cirebon, meski hanya memenangi empat pilar karena Cirebon berhasil memenangi pilar kelima yakni penanganan pra dan pasca keselamatan.

Sedangkan Pekalongan berhasil meraih IRSA 2016 kategori kabupaten berpopulasi di bawah 1 juta jiwa, dengan keberhasilan memenangi tiga pilar RUNK yakni manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan dan perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, menyisihkan pesaingnya dari Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Bangka.

Sementara Kabupaten Gunung Kidul, memenangi dua pilar lainnya di kategori kabupaten berpopulasi di bawah 1 juta jiwa, yakni kendaraan yang berkeselamatan serta penangan pra dan pasca kecelakaan.

Keempat pemenang utama itu dipilih dari 17 finalis yang memasuki babak final IRSA 2016 dari 110 kabupaten-kota yang menjadi peserta ajang yang menurut CEO Adira Insurance Indra Baruna.

"Ini menjadi wujud apresiasi kepada pemda yang peduli dan berkomitmen menurunkan angka kecelakaan di jalan," kata Indra dalam sambutannya.

Indra berharap langkah keempat pemenang itu dapat diikuti bukan hanya para peserta lain yang belum dinobatkan sebagai pemenang tetapi juga kabupaten-kota lain yang selama ini belum terlibat dalam IRSA, yang digelar sejak 2013 silam.

IRSA 2016 juga menganugerahkan empat kategori khusus, yakni upaya peningkatan jumlah pengguna angkutan umum yang diberikan kepada Kota Semarang, upaya peningkatan kualitas sarana pejalan kaki berkeselamatan (Kota Administratif Jakarta Pusat), program inovasi terbaik peningkatan tata kelola keselamatan jalan (Kabupaten Jepara) dan peningkatan indeks keselamatan jalan terbaik (Kota Tangerang Selatan).

Sumber: ANTARA
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Doa Bangsa: SMA Baru dengan Sistem Unik dan Beragam Prestasi Membanggakan
Promoted Content

Doa Bangsa: SMA Baru dengan Sistem Unik dan Beragam Prestasi Membanggakan