Selasa, 26 September 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Keluarga

Wanita Sukabumi Wajib Tahu 10 Fakta Selingkuh Ini
Yava Cafe Cicurug, Menikmati Kopi dalam Ruang Multi Konsep
Salah Kaprah tentang Berendam di Air Belerang
Nama yang Paling Banyak Dipilih untuk Bayi Lelaki Sepanjang 2017
Kondom Perempuan, Kisah dan Cara Menggunakannya
Korban Kosmetik Ilegal Serukan Kewaspadaan Pada Konsumen
Berhijab Bukan Penghalang untuk Tampil Modis dalam Balutan Busana Kerja
Hijabers Mom Community Sukabumi, Together We Share and Care
Wali Kota: Masyarakat Kota Sukabumi Hobi Belanja
Mengenal Ricin, Racun Dahsyat Pembunuh Kim Jong-nam


Dosis Minum Kopi yang Bikin Umur Panjang

Minggu, 16 Juli 2017 - 20:29:17 WIB


Dosis Minum Kopi yang Bikin Umur Panjang
© Bagea Awi
Ilustrasi SU.

SUKABUMIUPDATE.com - Minum kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup. Bukan sekadar menambah semangat namun kopi juga dapat membuat peminumnya panjang umur. Begitu yang terungkap dalam dua studi terbaru yang dilakukan Imperial College London bersama Badan Internasional Penelitian Kanker, dan University of Southern California.

Menurut dua penelitian tadi, mengonsumsi 3 cangkir kopi setiap hari bisa membuat peminumnya terhindar dari penyakit kronis, seperti liver, masalah peredaran darah, jantung, stroke hingga penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Dua lembaga itu meneliti 520 ribu orang berusia di atas 35 tahun. Peserta penelitian tersebar dari sepuluh negara dan telah tinggal di negara tersebut selama 16 tahun.

Selama waktu itu, periset menemukan pria yang minum 3 cangkir kopi dalam sehari memiliki 18 persen kemungkinan lebih kecil untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Sedangkan bagi wanita yang rutin minum 3 cangkir kopi setiap hari juga memiliki kemungkinan 8 persen lebih kecil untuk meninggal.

Hasil tersebut hampir sama dengan studi dari University of Southern California. Dalam penelitiannya, mereka mengobservasi 186 ribu orang selama lebih dari 16 tahun. Hasilnya, seseorang yang minum 1 cangkir kopi sehari maka 12 persen lebih kecil kemungkinan meninggal dalam jangka waktu penelitian tersebut.

Sedangkan bagi mereka yang meminum kopi sebanyak 3 cangkir sehari memiliki kemungkinan 18 persen lebih kecil meninggal daripada mereka yang sama sekali tidak minum kopi. Hasil kedua penelitian itu pun serupa jadi bisa disimpulkan bahwa 3 cangkir kopi sehari bisa membantu kita hidup lebih lama.

Namun, perlu diketahui mereka yang berhasil hidup lebih lama itu bukan berarti hanya minum kopi saja setiap hari. Energi yang mereka dapatkan dari minum kopi bisa digunakan untuk berolah raga sehingga tubuh mereka selalu bugar.

Yang harus diperhatikan dari penelitian ini adalah kaitan antara minum kopi dengan mengurangi risiko terkena penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah dan jantung. Selain itu, kopi tidak bekerja secara ajaib dalam mencegah segala penyakit. Namun konsumsi kopi bisa membuat tubuh kita tetap kuat dan terhindar dari risiko penyakit yang mematikan.

"Kami tidak merekomendasikan orang untuk minum kopi lebih banyak. Namun dengan mengjonsumsi kopi sebanyak 3 cangkir sehari tidak akan merugikan, bahkan bermanfaat bagi kesehatan," kata Dr Marc Gunter, pemimpin studi di Imperial College London.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar