Selasa, 26 September 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Nasional

Kecelakaan Maut Jalan Raya Cimande Menyisakan Luka Mendalam Bagi Keluarga Pengendara Mobil Brio
Pray For Garut, Inilah 17 Korban Meninggal yang Terindentifikasi
Hino Pengangkut Pasir Hantam Lima Mobil, 3 orang Meninggal 3 orang Luka
Bupati: Germas HS Mengacu kepada 12 Indikator
Tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang Ditawarkan pada Investor Asean
Diperkosa Sejak Usia 16 Tahun, Perempuan Ini Laporkan Gatot Brajamusti ke Polisi
Kronologi Kasus Pembunuhan Oleh Dimas Kanjeng Taat Pribadi
Diduga Dibawa Kabur Pria Kenalan di Medsos, Nur Janah (mencaricinta Illahi) Warga Sukaraja Dua Bulan Hilang
Belum Terima THR, Ratusan Pegawai Garmen Mogok Bekerja
Apakah Warga Sukabumi Masih Ingat, Ada Apa dengan 4 Desember?


Doli Kurnia: Setya Baik-baik Saja Sebelum Jadwal Pemeriksaan KPK

Selasa, 12 September 2017 - 09:27:47 WIB


Doli Kurnia: Setya Baik-baik Saja Sebelum Jadwal Pemeriksaan KPK
© Youtube.com
Ketua DPR Setya Novanto.

SUKABUMIUPDATE.com - Ketua Generasi Muda Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan tersangka korupsi KTP-elektronik Setya Novanto baik-baik saja sebelum jadwal pemeriksaan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Doli, “Setya menghadiri beberapa pertemuan dan undangan,” kata Doli, Senin, 11 September 2017.

Setya tidak datang memenuhi panggilan KPK dengan alasan kadar gulanya naik. Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham mengantar surat keterangan sakit milik Setya ke KPK pada hari pemeriksaan yang dijadwalkan kemarin. Menurut Idrus, Setya dirawat di Rumah Sakit Siloam, Jakarta Selatan, sejak Ahad malam.

Idrus menyebut Setya dirawat tiga dokter. Para dokter spesialis penyakit dalam itu adalah Stefanus, Daniel Gunawan, dan Santoso. "Dari pemeriksaan dokter semalam, penyakitnya adalah gula darah, yang berpengaruh terhadap fungsi ginjal dan jantung," kata Idrus, Senin, 11 September 2017.

Absennya Setya bertolak belakang dengan pernyayaan Idrus Ahad, 10 September 2017. Sehari sebelum pemeriksaan, Idrus memastikan bahwa Setya bakal menghadiri pemeriksaan KPK. "Saya pastikan Pak Setya Novanto, kalau tidak apa-apa, Insyaallah hadir," ujarnya.

Setya Novanto menjadi tersangka keempat dalam proyek e-KTP. Dua tersangka sebelumnya, Irman dan Sugiharto, telah divonis bersalah dan dihukum masing-masing 7 dan 5 tahun penjara. Namun putusan itu belum berkekuatan hukum tetap lantaran jaksa penuntut umum KPK mengajukan banding.

Tersangka ketiga adalah Andi Agustinus alias Andi Narogong. Saat ini ia menjalani sidang di tingkat Pengadilan Negeri. Orang yang disebut teman dekat Setya itu didakwa menjadi kasir dalam megakorupsi proyek yang merugikan negara sebesar Rp2,3 triliun itu.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang tak banyak berkomentar mengenai absennya Setya dalam pemeriksaan perdananya sebagai tersangka. Ia hanya mengatakan bahwa hal yang wajar jika seseorang mendadak sakit sebelum diperiksa oleh KPK. "Saya pikir wajar kalau gula darahnya naik ketika dipanggil (KPK). Itu biasa. Detak jantungnya kan beda," kata dia. Namun, ia memastikan bahwa lembaganya bakal menjadwalkan ulang pemeriksaan Setya.

Hari ini, Selasa, 12 September 2017, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan menyidangkan praperadilan Setya. Juru Bicara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutrisna, memastikan bahwa sidang praperadilan Setya  akan tetap dilaksanakan meski tanpa kehadiran Setya Novanto.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK: NASIONAL

Berikan Komentar