Jumat, 28 April 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Diguyur Hujan Deras, Ribuan Warga Kota Sukabumi Antusias Tonton Helaran Seni Budaya

Kamis, 30 Maret 2017 - 19:42:30 WIB


Diguyur Hujan Deras, Ribuan Warga Kota Sukabumi Antusias Tonton Helaran Seni Budaya
© Garis Nurborullah
Salah satu penampilan peserta helaran seni budaya Jawa Barat.

SUKABUMIUPDATE.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Sukabumi, tidak menyurutkan semangat peserta Helaran Seni dan Budaya Jawa Barat dari 16 daerah (sebelumnya ditulis 17) untuk menampilkan kesenian tradisional, Kamis (30/3).

Helaran yang digelar menyambut HUT ke 103  Kota Sukabumi ini, berjalan meriah dan cukup menarik animo ribuan warga yang rela hujan-hujanan menonton pawai kesenian yang dipertunjukkan berbagai kota dan kabupaten tersebut.

Kontingen Kabupaten Ciamis berhasil menjadi yang terbaik dalam helaran seni dan budaya tahun 2017 tingkat Jawa Barat ini, sementara untuk tingkat kecamatan di Kota Sukabumi juara pertama diraih oleh Kecamatan Cikole.

Wali Kota Sukabumi Mohammad Muraz dalam sambutannya mengatakan, Helaran budaya ini merupakan bentuk upaya meningkatkan rasa persaudaraan. "Tidak hanya di Kota Sukabumi saja, tapi rasa persaudaraan itu harus dengan seluruh penduduk Jawa Barat khususnya dan dengan seluruh rakyat Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

BACA JUGA:

Sukabumi Light Run, Lima Pelari, Lintasi Enam Daerah, Tempuh 103 KM, Selama 17 Jam

Helaran Seni Budaya, Satlantas Polres Sukabumi Kota Lakukan Rekayasa Lalin

Siang Ini, Warga Kota Sukabumi Dihibur Pertunjukan Seni 17 Daerah di Jawa Barat

Menurutnya, budaya lokal harus selalu diprioritaskan di era globalisasi, selama ini warga asing datang ke Indonesia tidak mencari budaya mereka. Tapi, ingin mencari dan melihat budaya budaya lokal di Indonesia.

"Sekarang itu kita menghadapi era globalisasi, kita harus bisa menunjukkan budaya lokal. Ketika warga asing datang ke Kota Sukabumi, maka suguhilah budaya kita, ini akan lebih menarik dibandingkan budaya dari luar," tuturnya.

Berikut daftar juara Helaran Seni Budaya tingkat Jawa Barat, Juara 1 Kabupaten Ciamis, Juara II Kabupaten Cianjur, Juara III Kota Bandung. Sedangkan Juara Harapan I diraih Kabupaten Sukabumi, Harapan II Kabupaten Purwakarta dan Harapan III Kota Cimahi. 

Sedangkan tingkat Kota Sukabumi, Juara I diraih Kecamatan Cikole,  Juara II Citamiang dan Juara III Warudoyong.  Semntara Juara Harapan I diraih Kecamatan Gunungpuyuh, Harapan II Baros dan Harapan III Lembursitu.

Reporter: GARIS NURBOGARULLAH
Redaktur: HERRY FEBRIANTO
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Bicara Soal Rutilahu Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug
Promoted Content

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Bicara Soal Rutilahu Desa Mekarsari Kecamatan Cicurug