Jumat, 31 Maret 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Desa Purwasari Ingin Sejahterakan Rakyat dengan ZIS

Kamis, 12 Januari 2017 - 13:30:29 WIB


Desa Purwasari Ingin Sejahterakan Rakyat dengan ZIS
© Rawin Soedaryanto
Bimbingan teknis pengelolaan dan kepengurusan ZIS tingkat Desa Purwasari.

SUKABUMIUPDATE.com - Desa Purwasari Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, tengah mengupayakan optimalisasi dari zakat, infaq, shodaqoh (ZIS) untuk kesejahteraan masyarakat. Seluruh potensi desa dikumpulkan dalam acara bimbingan teknis pengelolaan dan kepengurusan ZIS tingkat desa, d Kompleks Balai Diklat Service Quality Centre (SQC), Jalan Alternatif Cicurug. Kamis (12/1).

Hadir memberi semangat dan berbagai ilmu tentang ZIS dan manfaatnya, Camat Cicurug Agung Gunawan dan Ade Daryadi Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi. “Program ini selaras dengan visi dan misi Kabupaten Sukabumi, yaitu Religius dan Mandiri. Kita menunggu seluruh RT, RW serta desa punya kepengurusan ZIS, setelah itu baru kita bentuk Lembaga ZIS tingkat Kecamatan Cicurug,” ujar Agung dalam sambutannya.

Kepala Desa Purwasari, Hery Herdiansyah mengatakan sejauh ini program ZIS baru berjalan di 5 dari 32 RT yang ada. “Terget kita 100 persen RT sudah ada pengurus ZIS-nya dalam dua bulan ke depan. Kami meyakini ZIS sebagai salah satu jawaban mengatasi permasalahan masyarakat,” pungkas Hery kepada sukabumiupdate.com.

Bercermin dari keberhasilan ZIS Desa Nanggerang Cicurug, menjadi motivator pengembangan ZIS di Kabupaten Sukabumi. Hal ini diungkapkan Ade Daryadi, Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi saat memompa semangat calon pengurus ZIS Desa Purwasari.

Desa Nanggerang sukses menjalankan program ZIS dengan pendekatan lokal. Menggali potensi sumber daya manusia sebagai pengelola di tingkat RW dan RW.

“Ada gerakan penyisian uang belanja primer per keluarga sehari hanya 500 rupiah, atau disesuaikan dengan kemampuan keluarga. Masing-masing rumah warga ada toples ZIZ yang nantinya diambil oleh amilin. Ini luar biasa,” ungkap Ade.

Reporter: RAWIN SOEDARYANTO/Kontributor
Redaktur: FIT NW
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Disperdagkop UKM Kabupaten Sukabumi, Uji Tera Sembilan SPBU
Promoted Content

Disperdagkop UKM Kabupaten Sukabumi, Uji Tera Sembilan SPBU