Minggu, 30 April 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Bupati Tasikmalaya Dorong Masyarakat Konsumsi Produk Lokal

Selasa, 07 Maret 2017 - 17:49:51 WIB


Bupati Tasikmalaya Dorong Masyarakat Konsumsi Produk Lokal
© Danang Hamid
Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Tasikmalaya (kiri).

SUKABUMIUPDATE.com - Disain dan kualitas memiliki daya dongkrak penjualan sebuah produk, sehingga produk tersebut diminati dan akhirnya mendatangkan keuntungan bagi pelaku industri, tak terkecuali dalam industri kreatif.

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan, pelaku industri di daerahnya mampu meningkatkan kualitas produk dan daya saing ketimbang memperbanyak kuantitas dengan memacu jumlah order.

“Saya melihat produk dalam negeri kurang dilirik, untuk itu saya menginginkan produk dalam negeri semakin diminati dengan menaikan kualitasnya. Kadang-kadang saya berpikir, mungkin dari segi disain kemasan produknya, baik industri rumahan atau lainnya kurang menarik, jadi tidak dilirik,” harap Uu seusai menghadiri acara sosialisasi Aku Cinta Indonesia di Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, beberapa waktu lalu.

“Dengan sosialisasi Aku Cinta Indonesia di Manonjaya itu, saya berkeinginan mendorong ekonomi masyarakat dari segi konsumsi dan produksi, utamakan apapun yang diolah dan hasil produk dalam negeri terutama yang lokal, dengan begitu geliat ekonomi terus ada dan sirkulasi uang juga tidak kemana-mana,” terang Uu.

Bupati yang didorong maju oleh KH. Asep Maosul Affandi anggota DPR-RI Fraksi PPP untuk maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018 mendatang ini, meminta kepada dinas terkait di Tasikmalaya lebih sering menyelenggarakan even ekonomi, seperti eksibisi atau pameran. Hal ini guna mendorong dan memberi stimulan bagi para pelaku industri dengan menampilkan produk-produk khas Tasikmalaya.

“Apalagi untuk kuliner, produk olahan makanan harus lebih alami, tanpa bahan tambahan yang mengandung kimiawi,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri menegaskan, Tasikmakaya berpotensi menghasilkan produk unggulan agro industri dan handycraft. Karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar membeli produk lokal, terutama yang diproduksi di Kabupaten Tasikmalaya. “Ulah jarajan nu luar wae. Namun demikian, aspek kualitas produk merupakan hal yang harus diutamakan. ajaknya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (7/3).

Kabupaten Tasikmalaya dikenal menghasilkan produk kerajinan cukup bagus, kerajinan anyaman banyak dijumpai di Kecamatan Rajapolah baik berupa benda-benda yang memiliki multifungsi atau pun hiasan. Berbagai handycraft anyaman terbuat dari bahan alami seperti pandan, bambu, rotan, daun mendong atau eceng gondok, dan bahan sintetis lainnya hingga kertas dan plastik banyak dijumpai di daerah tersebut.

Reporter: DANANG HAMID
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

Kampus Biru di Sukabumi Sebagai Rumah Besar Tempat Lahirnya Generasi Terbaik
Promoted Content

Kampus Biru di Sukabumi Sebagai Rumah Besar Tempat Lahirnya Generasi Terbaik