Sabtu, 25 November 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sukabumi

Lapar Tak Ada Nasi, Bayi di Nyalindung Kabupaten Sukabumi Dilempar Ayah Kandung ke Tungku Api
Terpeleset di Jembatan, Bocah Sindangpalay Kabupaten Sukabumi Terseret Arus Sungai Cibeubeur
Pelaku Pembuangan Bayi Laki-laki Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Ternyata Siswi SMK
Mengamuk dan Merusak, Satu Diamankan Tiga Orang Lainnya Dalam Pencarian Polresta Sukabumi
Di Dua Lokasi Berbeda, Dua Pelajar SMK di Cibadak Kabupaten Sukabumi Jadi Korban Pembacokan
Berdarah-darah, Buruh PT Monami Gunungguruh Kabupaten Sukabumi Meregang Nyawa
Tarkimsih Kabupaten Sukabumi Langgar Hak Pejalan Kaki
Ribuan Buruh di Parungkuda Dibubarkan, Ternyata Ini Alasannya
Perkosa Cucu Dua Kali Usai Nonton Film Biru, Kakek dari Ciambarjaya Kabupaten Sukabumi
Diduga Dibuang Ibu Kandung, RS Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi Rawat Bayi Mungil


Bupati Sukabumi Canangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 11:25:25 WIB


Bupati Sukabumi Canangkan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan
© Subbag Humas Setda Kabupaten Sukabumi
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami tandai pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat Kabupaten Sukabumi, Tahun 2017 dengan pemukulan gong, Jumat (27/10/2017).

SUKABUMIUPDATE.com - “Mari Kerja Bersama Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Untuk Mewujudkan Keluarga Yang Berketahanan”, tema tersebut diusung dalam pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan tingkat Kabupaten Sukabumi, Tahun 2017 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, ditandai dengan pemukulan gong, Jumat (27/10/2017).

Seperti dalam siaran pers yang diterima sukabumiupdate.com, Sabtu (28/10/2017), Marwan didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Dandim 0622, Kapolres, dan Ketua Penggerak Tim PKK Kabupaten Sukabumi, menyerahkan piala kepada pelaksana terbaik Kesatuan Gerak PKK KB Kes ke-I yang diraih Desa Waluran, ke-II Desa Kalapanunggal, dan ke-III Desa Warungkiara.

Sedangkan KB Kes TNI terbaik ke-I diraih Koramil 2204 Cikidang, Ke-II Koramil 2212 Tegalbuleud, dan Ke-III Koramil 2207 Jampang Tengah.

Ketua Tim Penggerak PKK, Yani Marwan mengatakan kegiatan yang berlangsung pada tanggal 27 Oktober 2017 ini diikuti sebanyak 282 peserta dari TP PKK kabupaten, OPD, PKP, camat se Kabupaten, Ketua TP PKK kecamatan, KA UPT DPPKB, Ka Puskesmas, PKP Kecamatan, Kepala Desa Waluran, Ketua TP PKK Desa Waluran, PLKB, dan Bidan Desa Waluran.

BACA JUGA: Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi Siap Sukseskan Program KKBPK

“Adapun tujuannya adalah untuk menandai dimulainya kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, selama tiga bulan. Yaitu bulan Oktober, November, dan Desember 2017. Tersosialisasikannya kegiatan dan Program Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2017, serta tersampaikannya pedoman pelaksanaan untuk kecamatan dan desa,” kata Yani dalam sambutannya.

Sementara Kepala DPPKB Kabupaten Sukabumi, Aisyah menyampaikan tujuan umum dari program KB Kes adalah meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keluarga berencana dan kesehatan, sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJMP-RPJM.

“Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan kemitraan PKK-KB-Kesehatan, DPMPD, dan Organisasi Kemasyarakatan, LSM, swasta, dan dunia usaha. Meningkatkan jumlah kelompok dasa wisma, menigkatkan kualitas dan kuantitas Posyandu, meningkatkan pembinaan Pokjanal/Pokja Posyandu, meningkatkan jumlah kader yang terampil, meningkatkan jumlah rumah tangga ber-PHBS di Kabupaten /kota, meningkatkan jumlah peserta KB baru, dan peserta KB aktif,” sampainya dalam kesempatan sama.

BACA JUGA: Posyandu Anggrek Gunung Keramat Kabupaten Sukabumi Dinilai

“Meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana, meningkatkan kualitas pemberdayaan dan ketahanan keluarga, melalui kegiatan bina-bina keluarga, memantapkan peran kelembagaan dan 10 program PKK, khususnya di bidang KB dan kesehatan,” tambah Aisyah.

Sedangkan Marwan menjelaskan, Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes merupakan salah satu agenda kegiatan yang telah diprogramkan TP PKK, sebagai wadah menyikapi dan menampung berbagai perubahan, serta tingkat kebutuhan yang terus berkembang dalam gerakan PKK, terutama menyangkut program kegiatan yang menjadi bagian penting untuk mewujudkan aspek pemberdayaan juga kemitraan dalam mendukung kinerja pemerintah di setiap tingkatan.

Sehingga, sambung Marwan, pada akhirnya bisa mencapai target serta sasaran yang diinginkan, dan dapat terjalin kerjasama program kerja lintas sektoral, antara instansi terkait di wilayah Kabupaten Sukabumi, melalui Program Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tahun 2017.

Marwan menambahkan, 10 progam pokok PKK yang menjadi acuan pelaksanaan kerja pokok kader-kader PKK, akan menjadi garda terdepan dalam pembangunan kependudukan Keluarga Berencana dan Kesehatan di masyarakat.

BACA JUGA: Pemkab Sukabumi Klaim Mampu Tekan Angka Potensi Kelahiran

Dengan menggerakan kader-kader PKK hingga ketingkat Desa/Kelurahan, lanjut Mrwan, akan menimbulkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya program Keluarga Berencana dan Kesehatan bagi ibu dan anak serta keadilan gender hingga peran pria ikut program Keluarga Berencana menjadi meningkat. Oleh sebab itu kepada semua pihak yang terkait untuk menyatukan langkah menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Sukabumi dengan melaksanakan program keluarga berencana.

“Mudah-mudahan kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kes terpadu ini bisa berjalan secara sinergis dan terarah. Sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini kita mendapatkan hasil yang optimal dalam rangka terwujudnya Kabupaten Sukabumi Yang Lebih Baik,” harapnya.

Redaktur: RUDI RUSMANA
Sumber: SUBBAG HUMAS SETDA KABUPATEN SUKABUMI
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com





Berikan Komentar