Selasa, 26 September 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sukabumi

Polisi Tangkap Pembunuhan Sadis Egi Adi Wiguna Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi
Lapar Tak Ada Nasi, Bayi di Nyalindung Kabupaten Sukabumi Dilempar Ayah Kandung ke Tungku Api
Sadis, Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi Tewas Penuh Luka Tusuk
Dianiaya, Pemuda Asal Tipar Kota Sukabumi Tewas Mengenaskan
Ini Kronologi Penganiayaan Warga Tipar Kota Sukabumi Hingga Tewas
Mengaku Kesal Sering Dipalak, Kakak Beradik Ini Bunuh Warga Cibatu Kabupaten Sukabumi
Biadab, Bapak Bejad Asal Warungkiara Kabupaten Sukabumi Tega Gagahi Dua Anak Kandung Sejak Kelas IV SD Hingga Melahirkan
Lagi, Pantai Citepus Kabupaten Sukabumi Telan Korban Jiwa
Mengamuk dan Merusak, Satu Diamankan Tiga Orang Lainnya Dalam Pencarian Polresta Sukabumi
Pelaku Pembuangan Bayi Laki-laki Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Ternyata Siswi SMK


Bernostalgia dengan 10 Bioskop di Sukabumi

Kamis, 10 November 2016 - 11:08:23 WIB


Bernostalgia dengan 10 Bioskop di Sukabumi
© Istimewa
Koleksi karcis bioskop di Sukabumi.

SUKABUMIUPDATE.COM - Menyoal bioskop alias gedung pertunjukan gambar hidup yang pernah ada di Sukabumi, kehadirannya cukup beragam. Baik dari film-film yang diputar, segemen penonton, harga tiket masuk, hingga tingkat kenyamanannya.

Ada yang unik dari bioskop waktu itu, keberadaan penjaga yang dipalangi besi berdiri di samping pintu masuk. Ia bertugas memastikan penonton memiliki tiket masuk, kemudian menyobeknya. Tidak lupa sang penjaga ini meneriakkan kata: "Ayo! Ayo masih ekstra, masih ekstra!”

Kehadiran Odeon21 di lantai dua pusat perbelanjaan Ramayana, Tipar, Kota Sukabumi, berhasil membuat bioskop-bioskop lokal gulung tikar. Namun, ketika era digital menyerbu secara masif, pada akhirnya bioskop sekelas Odeon21 pun, bangkrut. Kehadiran video compact disc (VCD) dan digital compact disc (DVD) bajakan seharga kurang dari Rp10 ribu, adalah salah satu penyebabnya.

Berikut 10 bioskop yang pernah ada ada di Sukabumi, dan berjaya pada era 80-90an, lokasinya sebagian besar terkonsentrasi di pusat kota, Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota Sukabumi:

1. Bioskop Indra 

Lokasinya kini diapit Kantor Pos dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Jalan Jend. Ahmad Yani, Kota sukabumi. Film Indonesia dan Bollywood diputar secara bergantian.

2. Capitol Theatre

Bioskop yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani ini awalnya bernama Bioskop Mayawati. Bioskop yang memiliki tempat duduk di balcony ini, memutar semua jenis film baik Hollywood, Indonesia, dan Mandarin.

3. Shopping Theatre

Selain tempat berbelanja, Shopping Centre juga tempat bermain anak-anak sekolah yang gemar bermain Ding-Dong, Shopping Theatre terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani, kini bersebrangan dengan Supermall Sukabumi. Film-film yang diputar sama halnya seperti Capitol Theatre, dan penonton duduk di kursi terbuat dari kayu.

4. Bioskop Gelora dan Sukabumi Theatre 

Bangunan kedua bioskop ini sekarang menjadi Toserba & BNI, keduanya terletak di Jalan Jend. Ahmad Yani. Tetapi bioskop Gelora tidak begitu luas dan tidak tersedia tempat parkir khusus untuk kendaraan roda empat.

5. Bioskop Garuda

Bangunan yang kini menjadi Supermall di Jalan Jend. Ahmad Yani ini, sebagian lahannya merupakan bekas Bioskop Garuda. Untuk menuju Bioskop Gelora, Anda harus masuk jalan kecil terlebih dulu dari Jalan Ahmad Yani.

6. Royal Theatre

Bioskop dengan ruangan luas ini, dibagi tiga kelas dengan tempat duduk kayu. Saat memesan karcis Kelas 1, calon penonton biasanya akan diberi pilihan apakah ingin duduk di bawah atau balkon. Sekarang bioskop ini telah berganti menjadi Royal Tech.

7. Mustika Theatre

Berada di Jalan Jend. Ahmad Yani, bersebelahan dengan Jazz Karaoke atau Martabak Bandung sekarang.

8. Nusantara Theatre

Berada di Jalan Jend. Sudirman, dan kini bangunan Nusantara Theatre telah berubah menjadi Bank Mandiri. Lokasinya persis berada di ujung jalan persimpangan dekat Tiara Toserba.

9. Bioskop Sinar Surya & Cicurug Theatre 

Kedua bioskop ini berada di Kabupaten Sukabumi. Sinar Surya berada di pusat Kota Cibadak, Jalan Suryakencana, kini bangunan bioskop tersebut telah berubah menjadi Toko Bungsu. Sedangkan Cicurug Theatre berada di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cicurug, tepatnya di lantai dua gedung lama Pasar Cicurug.

10. Odeon21

Grup Bioskop 21 Cineplex mendirikan bioskop di Kota Sukabumi, disebut Odeon21, karena berada di daerah Odeon. Bioskop ini mengusung konsep modern dan nyaman dibanding bioskop lokal, kursi empuk, serta ruangan dingin ber-AC, dan tingkat kemiringan ideal, didukung kualitas suara yahud berteknologi Dolby Digital, THX atau Dolby Atmos, Odeon21 berada di Lantai II Ramayana Dept. Store. 

Menurut catatan Republika Pada 2009, dari jumlah 850 bioskop pada tahun 1974, kini Indonesia tinggal memiliki 146 bioskop lokal di berbagai daerah. Namun, dalam kurun 20 tahun terakhir, sebanyak 107 bioskop tersebut ditutup, seiring terpuruknya perfilman nasional.

Sejak 2015 lalu, beredar rumor Platinum Cineplex milik Raam Punjabi, berencana membuat bioskop di Kota Sukabumi.

Bagaimana menurut Anda?

Baca juga: Bernostalgia dengan Kenikmatan Tabu di Sukabumi

Redaktur: Danang Hamid
E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK:

Berikan Komentar