Minggu, 30 April 2017 - WIB Kota SukabumiHujan Sedang, 23 - 32 °C
KURS $ : Jual: 13.280 Beli: 13.110
Follow Us:

Home / Life /

Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Mengejutkan dari Eks TKI Asal Sukabumi

Minggu, 05 Februari 2017 - 04:50:36 WIB


Bakso Kuburan Mantan, Kuliner Mengejutkan dari Eks TKI Asal Sukabumi
© AMOY PEIYUVIANTI
Bakso kuburan mantan yang sensasional.

SUKABUMIUPDATE.com - Lima tahun bekerja sebagai teller di sebuah lembaga keuangan di Doha, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) membuat Budi Ilham Tarmudi (31), paham arti berjuang mencari nafkah.

Sekembali ke tanah air, mantan TKI (tenaga kerja Indonesia) asal Kampung Ranji RT 03/09, Desa Kebonpedes, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, tak mau berlama-lama berdiam diri.

Ia langsung menggeluti usaha kuliner mie bakso, yang memang dikuasainya. Bagi seorang yang telah lama meninggalkan kampung halaman, memilih bakso adalah langkah nekad, karena bisnis kuliner jenis ini cukup menjamur di Sukabumi.

Bahkan Budi pun nyaris bangkrut dengan pilihan bisnisnya ini, namun berkat kreativitasnya setelah melalui proses panjang uji rasa dan kreativitas, ia meluncurkan produk hidangan unik dengan nama Bakso Kuburan Mantan. Produk dengan nama mengejutkan ini pun langsung diserbu pecinta bakso di Sukabumi yang penasaran dengan rasa dan bentuknya.

Mie bakso buatan suami dari Lena Juliani ini, ada di kios DBakso milik Budi yang berada di Jalan Pajagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. "Bahan dasarnya tetap sama seperti bakso pada umumnya yakni daging sapi. Hanya saja bakso kuburan mantan ini memiliki beberapa keunikan," ungkap Budi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (4/2).

BACA JUGA:

Kopi Chaproeks; Sensasi Kopi Indonesia di Kaki Lima Kota Sukabumi

Geco Samsat Kota Sukabumi, Goyang Lidah Penggemar Kuliner

Bakso Kelapa, Godaan Baru Pecinta Kuliner di Kota Sukabumi

Sesuai dengan penamaannya, bakso ini memiliki bentuk tidak lazim, yakni menyerupai gundukan tanah kuburan dengan bagian bawah lebih pipih. Untuk memperkuat kesan kuburan, taburan dedaunan seperti kemangi, bawang, dan irisan saledri sebagi topping.

Perumpamaannya sebagai taburan bunga yang biasa terlihat di kuburan. Tidak hanya itu saja, Budi juga memanfaatkan sosis dan telur puyuh sebagai isi dari baksonya. Selain itu, Budi juga memberi cita rasa Timur Tengah pada rasa baksonya ini.

"Bakso kuburan mantan ini benar-benar lucu jika diiris dua bagian, maka akan terlibat sosis dan telur burung puyuh. Itu semua diperumpamakan sebagai jenazah sang mantan,” ungkap Dian Raksayuda, salah seorang pecinta kuliner Sukabumi sembari melepas tawa.

Penasaran? Silakan mencoba bakso kuburan mantan, dijamin berkesan apalagi bagi yang pernah tersakiti dalam hubungan asmara.

Peace ah.

Reporter: AMOY PEIYUVIANTI/Kontributor
Redaktur: FIT NW
Berikan Komentar


Rekomendasi untuk Anda

GarudaFood Sehati Lestarikan Keseimbangan Ekosistem Hutan Lindung di Kabupaten Sukabumi
Promoted Content

GarudaFood Sehati Lestarikan Keseimbangan Ekosistem Hutan Lindung di Kabupaten Sukabumi