Kamis, 17 Agustus 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Ekonomi

Disedot Online, Penumpang Angkutan Umum di Kota Sukabumi Berkurang Hingga 80 Persen
APBD Kabupaten Sukabumi Rp3,161 T, Ini Komposisinya
Ini Cara Ribuan Karyawan PT Muara Tunggal Kabupaten Sukabumi Tolak Rentenir
Di Sukabumi, si Pleci Bisa Seharga Motor Sport
Seluruh Tol Bocimi Ditargetkan Selesai 2019
Mengintip Masa Depan Jampang dari Secangkir Kopi
Anda Perlu Ayam Kampung? Datanglah ke Cicantayan Kabupaten Sukabumi
Kisah Pelipur Lara di Gang Lipur Kota Sukabumi
Dari Nyalindung Menuju Pasar Teh Dunia
Kenikmatan Sebuah Meja Cooking Class di Kota Sukabumi


227 Penumpang Ikut Mudik Gratis dengan Kapal Laut

Minggu, 18 Juni 2017 - 10:38:31 WIB


227 Penumpang Ikut Mudik Gratis dengan Kapal Laut
© Youtube.com
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas mudik gratis.

SUKABUMIUPDATE.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas mudik gratis dengan kapal laut dengan rute Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Setidaknya ada 227 penumpang dan 113 sepeda motor diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan kapal Pelni KM. Dobonsolo kemarin.

"Penumpang yang terdaftar baik secara online dan offline untuk keberangkatan tanggal (17/6) sebanyak 227 orang dan 113 motor," ujar Bay dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/6). Kapal tersebut dinakhodai oleh Tarmin pada pukul 16.00 WIB. Adapun pelepasan bagi pemudik dipimpin oleh Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani. 

Perjalanan mudik gratis tersebut sudah dimulai sejak kemarin, Sabtu (17/6), dan akan dilanjutkan pada 19, 21, dan 23 Juni 2017. Sementara itu, untuk arus balik akan dilaksanakan pada 30 Juni dan dilanjutkan pada 2, 4, dan 6 Juli 2017.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, A Tonny Budiono, pihaknya turut menambahkan satu unit kapal KM Mutiara Sentosa III milik PT Atosim Lampung Pelayaran dengan rute Jakarta menuju Semarang. Kapal tersebut juga melayani arus balik gratis bagi kendaraan bermotor.

Layanan mudik gratis bagi pengendara sepeda motor tersebut rencananya akan berangkat tanggal (22/6) untuk arus mudik dan pada tanggal (29/6) untuk arus balik. "Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut 2017 berlaku untuk pemudik maksimal dua orang dewasa dan satu orang anak kecil," tutur Tonny.

Kapasitas angkut untuk mudik gratis sepeda motor dengan KM Dobonsolo sebesar 10 ribu unit sepeda motor dan 20 ribu orang penumpang. Untuk KM Mutiara Sentosa III, kapasitas yang disiapkan sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2 ribu orang penumpang.

Tonny juga berharap agar masyarakat memanfaatkan program mudik tersebut. Selain kapal yang disiapkan pemerintah banyak menghadirkan fasilitas dan hiburan yang memadai sehingga pelayaran selama 14 jam tidak akan terasa lama, yang terpenting, program mudik gratis ini memberikan pelayaran mudik yang aman, selamat, tertib, dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor. “Dengan mudik bareng akan tercipta guyub rukun," kata Tonny.

Pendaftaran untuk mudik gratis sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara offline dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok hingga hari keberangkatan. Begitu juga sebaliknya.

Sedangkan untuk arus balik, pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id. Sementara pendaftaran secara offline di posko mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 25 Juni 2017 hingga hari H keberangkatan kapal.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK: Ekonomi

Berikan Komentar