Jumat, 21 Juli 2017 - WIB
Follow Us:

Top 10 Sainstek

Robot Seks Harmony Harganya Setara Mobil LCGC di Indonesia
Hujan Es di Bandung, Ini Perbedaannya dengan Salju
Remaja 19 Tahun Ini Raup Ratusan Juta Sebagai Gamer Profesional
Headphone Beat Meledak di Wajah, Apple Tolak Beri Kompensasi
Kembangkan Pesawat Jet, Honda Habiskan 1 Miliar Dolar AS
Mahasiswa Unibraw Kembangkan Alat Pendeteksi Kualitas Udara
Dua Alasan Nokia 3310 Klasik Tidak Berfungsi di AS
Samsung Galaxy S8 Dikabarkan Dilengkapi Fitur Pengenal Wajah
Hadapi Ransomware WannaCry, Jangan Hanya Andalkan Antivirus
Hindari Mengunggah 6 Hal Berikut di Facebook


1.280 Siswa Perebutkan 420 Medali di Olimpiade Sains Nasional

Selasa, 04 Juli 2017 - 09:50:49 WIB


1.280 Siswa Perebutkan 420 Medali di Olimpiade Sains Nasional
© Youtube.com
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi.

SUKABUMIUPDATE.com - Sebanyak 1.280 siswa yang berasal dari seluruh penjuru nusantara mengikuti olimpiade sains nasional di Pekanbaru, Riau, Senin (3/7). Para siswa bakal bersaing memperebutkan 420 medali pada sembilan mata pelajaran.

"Tempat pelaksanaan dilakukan di beberapa sekolah di Pekanbaru," kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, saat pembukaan OSN di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Senin (3/7).

Hamid mengatakan, peserta olimpiade berasal dari seluruh jenjang pendidikan mulai dari tingkat sekolah dasar hingga menengah atas, baik itu sekolah berbasis agama maupun umum.

Para peserta dididik bersing memperebutkan 70 emas. 140 perak dan 210 perunggu pada sembilan mata pelejaran termasuk Matematika, Fisika, Kimia, Geografi, dan Informatika.

Menurut Hamid, para peserta merupakan siswa pilihan melalui tahap seleksi berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, kabupaten hingga provinsi di daerah masing-masing. Olimpiade sains kata di Pekanbaru kata dia, merupakan pagelaran yang ke-16 diadakan Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan bakat prestasi peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Memupuk rajut kebangsaan nasionalisme diantara anak-anak dari seluruh Indonesia," ucapnya.

Olimpiade Sains Nasional dibuka langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bersama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman ditandai dengan pemukulan kompang. Dihadapan ribuan peserta, Muhadjir berharap melalui olimpiade ini bakal muncul generasi sains Indonesia yang nantinya berkontribusi dalam memajukan bangsa.

"Dua puluh tahun yang akan datang, maka anak-anak inilah menentukan bangsa ini. Kalau 1200 siswa ini dibimbing dan dipelihara bakatnya, maka akan menjadi kekuatan sains nasional di masa datang," ujar Muhadjir.

Sumber: Tempo

E-mail Redaksi: sukabumiupdateredaksi@gmail.com
E-mail Marketing: marketingsukabumiupdate@gmail.com




TOPIK: SAINSTEK

Berikan Komentar